Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Semester 1 adalah panduan pelaksanaan pembelajaran yang disusun berdasarkan Kurikulum Merdeka yang diterapkan di kelas 1 Sekolah Dasar pada semester 1.
RPP ini memuat berbagai informasi penting terkait pelaksanaan pembelajaran, seperti:
- Tujuan pembelajaran
- Kegiatan pembelajaran
- Sumber belajar
- Penilaian
Dengan menggunakan RPP ini, guru dapat melaksanakan pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan siswa. RPP juga dapat membantu guru dalam mengevaluasi pembelajaran dan membuat perbaikan yang diperlukan.
Berikut ini adalah beberapa manfaat menggunakan Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Semester 1:
- Membantu guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang efektif
- Menyediakan panduan yang jelas tentang tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian
- Membantu guru dalam mengevaluasi pembelajaran dan membuat perbaikan yang diperlukan
- Memastikan bahwa pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa
Dengan demikian, Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Semester 1 merupakan sumber daya yang sangat penting bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif dan bermakna.
Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Semester 1
Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Semester 1 merupakan panduan penting bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan siswa. RPP ini memuat berbagai aspek penting, antara lain:
- Tujuan Pembelajaran
- Kegiatan Pembelajaran
- Sumber Belajar
- Penilaian
- Media Pembelajaran
- Skenario Pembelajaran
- Refleksi Pembelajaran
- Lampiran
- Evaluasi
Setiap aspek dalam RPP ini saling berkaitan dan memiliki peran penting dalam keberhasilan pembelajaran. Tujuan pembelajaran merupakan acuan bagi guru dalam menentukan kegiatan pembelajaran yang tepat. Kegiatan pembelajaran harus dirancang secara sistematis dan menarik agar siswa dapat memahami materi dengan mudah. Sumber belajar yang digunakan harus sesuai dengan tingkat perkembangan siswa dan mendukung pencapaian tujuan pembelajaran. Penilaian digunakan untuk mengukur keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Media pembelajaran dapat memperkaya proses pembelajaran dan membuat pembelajaran lebih menarik bagi siswa. Skenario pembelajaran merupakan gambaran urutan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan selama satu pertemuan. Refleksi pembelajaran digunakan guru untuk mengevaluasi proses pembelajaran dan membuat perbaikan yang diperlukan. Lampiran berisi bahan-bahan pendukung yang diperlukan dalam pembelajaran, seperti lembar kerja siswa atau bahan ajar. Evaluasi digunakan untuk menilai efektivitas RPP dan membuat perbaikan yang diperlukan.
Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran merupakan komponen penting dalam RPP Kurikulum Merdeka. Tujuan pembelajaran berfungsi sebagai acuan bagi guru dalam menentukan kegiatan pembelajaran yang tepat dan efektif untuk mencapai hasil belajar yang diharapkan. Dalam konteks Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Semester 1, tujuan pembelajaran harus dirumuskan secara jelas, terukur, dan sesuai dengan karakteristik siswa kelas 1 SD.
-
Keterkaitan dengan Capaian Pembelajaran
Tujuan pembelajaran harus selaras dengan Capaian Pembelajaran (CP) yang telah ditetapkan dalam Kurikulum Merdeka. CP merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa pada setiap jenjang pendidikan.
-
Jenis Tujuan Pembelajaran
Dalam RPP Kurikulum Merdeka, tujuan pembelajaran dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis, yaitu:
- Tujuan pembelajaran sikap
- Tujuan pembelajaran pengetahuan
- Tujuan pembelajaran keterampilan
-
Prinsip Penyusunan Tujuan Pembelajaran
Dalam menyusun tujuan pembelajaran, perlu memperhatikan prinsip-prinsip berikut:
- Jelas dan spesifik
- Terukur
- Dapat dicapai
- Relevan dengan kebutuhan siswa
-
Contoh Tujuan Pembelajaran Kelas 1 SD Semester 1
Berikut ini adalah contoh tujuan pembelajaran untuk kelas 1 SD semester 1:
- Siswa dapat menyebutkan nama-nama anggota keluarga.
- Siswa dapat menghitung jumlah benda sampai dengan 10.
- Siswa dapat menuliskan huruf alfabet dengan benar.
Dengan merumuskan tujuan pembelajaran yang jelas dan tepat, guru dapat melaksanakan pembelajaran yang efektif dan mengukur keberhasilan belajar siswa secara objektif.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran merupakan bagian penting dalam RPP Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Semester 1. Kegiatan pembelajaran adalah serangkaian kegiatan yang dirancang untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Kegiatan pembelajaran harus dirancang secara sistematis, menarik, dan sesuai dengan karakteristik siswa kelas 1 SD.
-
Komponen Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran terdiri dari beberapa komponen, yaitu:
- Kegiatan Pendahuluan
- Kegiatan Inti
- Kegiatan Penutup
-
Prinsip Penyusunan Kegiatan Pembelajaran
Dalam menyusun kegiatan pembelajaran, perlu memperhatikan prinsip-prinsip berikut:
- Sesuai dengan tujuan pembelajaran
- Sistematis dan logis
- Menarik dan menyenangkan
- Sesuai dengan karakteristik siswa
-
Contoh Kegiatan Pembelajaran Kelas 1 SD Semester 1
Berikut ini adalah contoh kegiatan pembelajaran untuk kelas 1 SD semester 1:
- Kegiatan Pendahuluan: Menyanyikan lagu tentang anggota keluarga.
- Kegiatan Inti: Mengenalkan nama-nama anggota keluarga melalui gambar dan diskusi.
- Kegiatan Penutup: Bermain peran sebagai anggota keluarga.
Dengan merancang kegiatan pembelajaran yang efektif, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendorong siswa untuk belajar secara aktif dan kreatif.
Sumber Belajar
Sumber belajar merupakan salah satu komponen penting dalam Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Semester 1. Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat digunakan oleh siswa untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru. Sumber belajar dapat berupa buku, gambar, video, benda nyata, dan lingkungan sekitar.
Dalam konteks Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Semester 1, sumber belajar harus dipilih secara tepat dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Pemilihan sumber belajar yang tepat dapat membantu siswa memahami materi pembelajaran dengan lebih mudah dan efektif. Misalnya, jika tujuan pembelajaran adalah agar siswa dapat menyebutkan nama-nama anggota keluarga, maka guru dapat menggunakan gambar atau foto anggota keluarga sebagai sumber belajar.
Selain itu, sumber belajar juga harus disesuaikan dengan karakteristik siswa kelas 1 SD. Sumber belajar yang terlalu kompleks atau abstrak akan sulit dipahami oleh siswa. Sebaliknya, sumber belajar yang terlalu sederhana akan membuat siswa bosan dan tidak tertantang. Oleh karena itu, guru perlu memilih sumber belajar yang sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif siswa.
Dengan menyediakan sumber belajar yang tepat dan sesuai, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung proses pembelajaran siswa secara optimal.
Penilaian
Penilaian merupakan komponen penting dalam Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Semester 1. Penilaian berfungsi untuk mengukur dan mengevaluasi pencapaian belajar siswa. Hasil penilaian dapat digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan memberikan umpan balik kepada siswa tentang kemajuan belajar mereka.
Dalam konteks Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Semester 1, penilaian harus dilakukan secara komprehensif, meliputi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian sikap dapat dilakukan melalui observasi dan jurnal harian. Penilaian pengetahuan dapat dilakukan melalui tes tertulis dan lisan. Penilaian keterampilan dapat dilakukan melalui tugas praktik dan unjuk kerja.
Hasil penilaian dapat digunakan untuk memberikan umpan balik kepada siswa tentang kemajuan belajar mereka. Umpan balik yang diberikan harus bersifat membangun dan memotivasi siswa untuk terus belajar. Selain itu, hasil penilaian juga dapat digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran. Guru dapat mengidentifikasi bagian-bagian materi yang perlu diulang atau diperjelas, serta mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif.
Dengan melakukan penilaian secara komprehensif dan menggunakan hasilnya untuk memperbaiki proses pembelajaran, guru dapat membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran secara optimal.
Media Pembelajaran
Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Semester 1. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran, seperti gambar, video, benda nyata, dan lingkungan sekitar.
Penggunaan media pembelajaran yang tepat dan efektif dapat membantu siswa memahami materi pembelajaran dengan lebih mudah dan menarik. Misalnya, dalam materi pembelajaran tentang anggota keluarga, guru dapat menggunakan gambar atau foto anggota keluarga sebagai media pembelajaran. Dengan menggunakan gambar atau foto, siswa dapat lebih mudah membayangkan dan memahami konsep anggota keluarga.
Selain itu, media pembelajaran juga dapat digunakan untuk membuat proses pembelajaran lebih interaktif dan menyenangkan. Misalnya, dalam materi pembelajaran tentang bilangan, guru dapat menggunakan permainan ular tangga sebagai media pembelajaran. Dengan menggunakan permainan ular tangga, siswa dapat belajar berhitung sambil bermain. Hal ini dapat membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan dan tidak membosankan.
Dengan demikian, pemilihan dan penggunaan media pembelajaran yang tepat dan efektif dalam Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Semester 1 sangat penting untuk mendukung pencapaian tujuan pembelajaran siswa.
Skenario Pembelajaran
Skenario Pembelajaran merupakan komponen penting dalam Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Semester 1. Skenario Pembelajaran adalah rencana pelaksanaan pembelajaran yang disusun secara rinci dan sistematis. Skenario Pembelajaran memuat langkah-langkah pembelajaran yang akan dilakukan selama satu pertemuan, termasuk kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
Skenario Pembelajaran memiliki peran penting dalam memastikan bahwa pembelajaran berlangsung secara efektif dan efisien. Skenario Pembelajaran yang disusun dengan baik akan membantu guru dalam mengelola waktu dan kegiatan pembelajaran dengan baik, sehingga siswa dapat memperoleh hasil belajar yang optimal. Selain itu, Skenario Pembelajaran juga berfungsi sebagai acuan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran, sehingga pembelajaran dapat berlangsung secara konsisten dan terarah.
Dalam Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Semester 1, Skenario Pembelajaran disusun berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif, seperti:
- Kegiatan pembelajaran berpusat pada siswa
- Kegiatan pembelajaran variatif dan menarik
- Kegiatan pembelajaran sesuai dengan karakteristik siswa
- Kegiatan pembelajaran bermakna dan kontekstual
Dengan memperhatikan prinsip-prinsip tersebut, Skenario Pembelajaran dalam Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Semester 1 dapat membantu guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung pencapaian tujuan pembelajaran siswa.
Refleksi Pembelajaran
Refleksi Pembelajaran merupakan komponen penting dalam Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Semester 1. Refleksi Pembelajaran adalah proses berpikir ulang dan mengevaluasi pembelajaran yang telah dilakukan. Refleksi Pembelajaran bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam pembelajaran, sehingga dapat dilakukan perbaikan pada pembelajaran selanjutnya.
Dalam Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Semester 1, Refleksi Pembelajaran dilakukan setelah setiap kegiatan pembelajaran. Refleksi Pembelajaran dapat dilakukan oleh guru dan siswa. Guru dapat merefleksikan proses pembelajaran, seperti apakah tujuan pembelajaran telah tercapai, apakah metode pembelajaran yang digunakan efektif, dan apakah siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Siswa dapat merefleksikan hasil belajar mereka, seperti apakah mereka telah memahami materi pembelajaran, apakah mereka dapat mengerjakan soal-soal latihan, dan apakah mereka masih memiliki kesulitan dalam memahami materi pembelajaran.
Hasil dari Refleksi Pembelajaran dapat digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran. Guru dapat menggunakan hasil refleksi untuk memperbaiki metode pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian. Siswa dapat menggunakan hasil refleksi untuk mengidentifikasi kesulitan belajar mereka dan mencari cara untuk mengatasinya. Dengan demikian, Refleksi Pembelajaran dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa.
Lampiran
Lampiran merupakan salah satu komponen penting dalam Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Semester 1. Lampiran berisi bahan-bahan pendukung yang diperlukan dalam pembelajaran, seperti lembar kerja siswa, bahan ajar, dan penilaian.
Lampiran memiliki peran penting dalam mendukung proses pembelajaran. Lembar kerja siswa dapat digunakan untuk melatih keterampilan siswa dalam mengerjakan soal-soal latihan. Bahan ajar dapat digunakan sebagai sumber belajar tambahan bagi siswa. Penilaian dapat digunakan untuk mengukur dan mengevaluasi pencapaian belajar siswa.
Dengan demikian, Lampiran dalam Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Semester 1 sangat penting untuk mendukung pencapaian tujuan pembelajaran siswa. Lampiran dapat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran, melatih keterampilan siswa, dan mengukur pencapaian belajar siswa.
Evaluasi
Evaluasi merupakan komponen penting dalam Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Semester 1. Evaluasi berfungsi untuk mengukur dan menilai pencapaian belajar siswa. Hasil evaluasi dapat digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan memberikan umpan balik kepada siswa tentang kemajuan belajar mereka.
-
Evaluasi Proses Pembelajaran
Evaluasi proses pembelajaran dilakukan untuk menilai efektivitas proses pembelajaran yang telah dilakukan. Evaluasi ini dapat dilakukan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen.
-
Evaluasi Hasil Belajar Siswa
Evaluasi hasil belajar siswa dilakukan untuk menilai pencapaian belajar siswa. Evaluasi ini dapat dilakukan melalui tes tertulis, tes lisan, dan penilaian kinerja.
-
Evaluasi Diri Guru
Evaluasi diri guru dilakukan untuk menilai kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran. Evaluasi ini dapat dilakukan melalui refleksi diri, umpan balik dari siswa, dan penilaian dari pihak lain.
-
Evaluasi Kurikulum
Evaluasi kurikulum dilakukan untuk menilai efektivitas kurikulum dalam mendukung pencapaian tujuan pembelajaran. Evaluasi ini dapat dilakukan melalui analisis dokumen, observasi, dan wawancara.
Hasil evaluasi dapat digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran, memberikan umpan balik kepada siswa, dan menilai efektivitas kurikulum. Dengan demikian, evaluasi sangat penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa.
Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Semester 1
Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Semester 1:
Pertanyaan 1: Apa saja komponen utama dalam Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Semester 1?
Jawaban: Komponen utama dalam Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Semester 1 meliputi: Tujuan Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Sumber Belajar, Penilaian, Media Pembelajaran, Skenario Pembelajaran, Refleksi Pembelajaran, Lampiran, dan Evaluasi.
Pertanyaan 2: Bagaimana cara menyusun Tujuan Pembelajaran yang baik dalam Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Semester 1?
Jawaban: Tujuan Pembelajaran yang baik harus dirumuskan secara jelas, terukur, dan sesuai dengan karakteristik siswa kelas 1 SD. Tujuan Pembelajaran harus selaras dengan Capaian Pembelajaran (CP) yang telah ditetapkan dalam Kurikulum Merdeka.
Pertanyaan 3: Apa saja prinsip-prinsip penyusunan Kegiatan Pembelajaran dalam Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Semester 1?
Jawaban: Kegiatan Pembelajaran harus disusun secara sistematis, menarik, dan sesuai dengan karakteristik siswa kelas 1 SD. Kegiatan Pembelajaran harus bervariasi dan menggunakan metode pembelajaran yang aktif dan inovatif.
Pertanyaan 4: Bagaimana cara memilih Sumber Belajar yang tepat dalam Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Semester 1?
Jawaban: Sumber Belajar harus dipilih secara tepat dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Sumber Belajar harus disesuaikan dengan karakteristik siswa kelas 1 SD dan mendukung proses pembelajaran yang aktif dan menyenangkan.
Pertanyaan 5: Apa saja teknik Penilaian yang dapat digunakan dalam Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Semester 1?
Jawaban: Penilaian dalam Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Semester 1 dapat menggunakan berbagai teknik, seperti observasi, penilaian diri, penilaian antarteman, tes tertulis, dan penilaian kinerja.
Pertanyaan 6: Bagaimana cara melakukan Evaluasi terhadap Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Semester 1?
Jawaban: Evaluasi terhadap Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Semester 1 dapat dilakukan melalui evaluasi proses pembelajaran, evaluasi hasil belajar siswa, evaluasi diri guru, dan evaluasi kurikulum. Hasil evaluasi dapat digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan kualitas pendidikan.
Demikianlah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Semester 1. Semoga informasi ini bermanfaat.
Catatan: Informasi yang disajikan dalam FAQ ini bersifat umum dan dapat bervariasi tergantung pada konteks dan kebijakan sekolah masing-masing.
Transisi ke Bagian Artikel Berikutnya: Untuk informasi lebih lanjut tentang Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Semester 1, silakan merujuk ke bagian artikel berikutnya.
Tips Menyusun Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Semester 1
Untuk menyusun Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Semester 1 yang efektif, terdapat beberapa tips yang dapat diikuti:
Tip 1: Pahami Prinsip Kurikulum Merdeka
Sebelum menyusun RPP, penting untuk memahami prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka, seperti pembelajaran berpusat pada murid, pembelajaran berbasis proyek, dan diferensiasi pembelajaran. Pemahaman ini akan membantu guru dalam merancang RPP yang sesuai dengan semangat Kurikulum Merdeka.
Tip 2: Tentukan Tujuan Pembelajaran yang Jelas
Tujuan Pembelajaran merupakan acuan dalam penyusunan RPP. Tujuan Pembelajaran harus dirumuskan secara jelas, terukur, dan sesuai dengan Capaian Pembelajaran (CP) yang telah ditetapkan. Tujuan Pembelajaran yang jelas akan memudahkan guru dalam memilih kegiatan pembelajaran dan menilai pencapaian siswa.
Tip 3: Rancang Kegiatan Pembelajaran yang Variatif dan Menarik
Kegiatan Pembelajaran harus dirancang secara variatif dan menarik agar siswa tidak merasa bosan. Guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang aktif dan inovatif, seperti permainan, simulasi, atau diskusi kelompok. Kegiatan Pembelajaran juga harus disesuaikan dengan karakteristik siswa kelas 1 SD.
Tip 4: Pilih Sumber Belajar yang Sesuai
Sumber Belajar yang digunakan harus sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik siswa. Guru dapat memilih sumber belajar yang beragam, seperti buku teks, video, gambar, atau benda nyata. Sumber Belajar yang tepat akan membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran dengan lebih mudah.
Tip 5: Gunakan Teknik Penilaian yang Beragam
Penilaian dalam Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Semester 1 tidak hanya terbatas pada tes tertulis. Guru dapat menggunakan teknik penilaian yang beragam, seperti observasi, penilaian portofolio, atau penilaian diri. Penilaian yang beragam akan memberikan gambaran yang lebih komprehensif tentang pencapaian siswa.
Kesimpulan
Dengan mengikuti tips di atas, guru dapat menyusun Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Semester 1 yang efektif dan sesuai dengan semangat Kurikulum Merdeka. RPP yang efektif akan membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran yang bermakna dan berpusat pada murid.
Kesimpulan
Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Semester 1 merupakan panduan penting bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan siswa. RPP ini memuat berbagai aspek penting, mulai dari tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, hingga penilaian. Dengan menyusun dan menggunakan RPP secara tepat, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung pencapaian tujuan pembelajaran siswa secara optimal.
Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan dan fleksibilitas bagi guru dalam menyusun RPP. Hal ini memungkinkan guru untuk menyesuaikan pembelajaran dengan karakteristik dan kebutuhan siswa di kelasnya masing-masing. Dengan semangat Kurikulum Merdeka, diharapkan pembelajaran menjadi lebih bermakna, berpusat pada siswa, dan menyenangkan.