Jawaban Uji Kemampuan IPA Halaman 10 Kelas 7

Jawaban Uji Kemampuan IPA Halaman 10 Kelas 7

Jawaban Uji Kemampuan IPA Kelas 7 Halaman 21 — Hai sobatku semuanya , salam giat belajar. Berikut jawaban tentang “Menjaga Keselamatan di Laboratorium IPA” materi IPA kelas VII BAB I semester 1. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan Sobatku semuanya dapat memahami tentang Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah.

Sebelum adik adik mengerjakan soalnya ada baiknya adik adik mengetahui beberapa alat yang biasanya terdpat dalam laboratorium IPA.

Berikut alat alat yang umum terdapat pada laboratorium IPA

1. Beaker Glass / Gelas beaker / Gelas Piala

Fungsi : sebagai penampung sample / bahan sementara, atau bisa digunakan sebagai penyimpan zat sementara.

2. Gelas Ukur

Fungsi : Alat ukur volume, untuk sampel bahan cair dengan ketelitian rendah

3. Corong Gelas

Fungsi :

– Sebagai alat bantu untuk memindah  / memasukkan  larutan ke wadah / tempat yang mempunyaai dimensi pemasukkan sampel bahan kecil.
– Sebagai alat bantu dalam melakukan penyaringan, yaitu sebagai tempat meletakkan kertas saring

4. Spatula Stainlessteel

Fungsi : Mengambil bahan kimia padat

5. Batang Pengaduk Ujung Spiral

Fungsi :

– Membuat suatu larutan dengan  volume yang diketahui secara teliti
– Mengencerkan larutan sampai volume tertentu dengan ketelitian yang tinggi.

6. Pipet Tetes/Droping

Fungsi : Fungsi : Mengambil bahan dalam jumlah sedikit / tetesan tidak ada skala ukuran volume pada alat ini.

Baca Juga :  Jawaban Matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.1 halaman 52

Itulah beberapa alat yang umumnya terdapat pada laboratorium IPA. Setelah adik adik memahami penjelasan diatas barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mengerjakan saolnya, ada baiknyaadik-adik mengerjakan dahulu soal secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal yang terdapat pada buku siswa halaman 10 kelas 7. Pembahasan berikut hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban sobatku semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan.

Jawaban IPA Halaman 10 Kelas 7

Ayo Latihan Aktivitas 1.12

1. Apa saja alat-alat laboratorium yang digunakan untuk melakukan hal[1]hal di bawah ini?

a. Mengukur volume air sebanyak 25 mL.
b. Memanaskan air.
c. Mengukur suhu air setelah dipanaskan.
d. Mencampur bahan kimia dalam jumlah yang sedikit.
e. Mengambil garam untuk ditimbang sebelum digunakan.
f. Mengaduk garam agar dapat larut dalam air

Jawaban

1. Alat labotarium yang digunakan untuk mengukur volume air sebanyak 25 ml adalah gelas ukur. Gelas ukur adalah peralatan laboratorium umum yang digunakan untuk mengukur volume cairan. Alat ini memiliki bentuk silinder dan setiap garis penanda pada gelas ukur mewakili jumlah cairan yang telah terukur.adalah silinder gelas berskala untuk mengukur volume zat cair dengan tepat.

2. Water bath adalah alat laboratorium berbentuk wadah yang digunakan untuk memanaskan cairan dengan direndam pada air. Tentunya air tersebut telah dipanaskan sebelumnya. Di dalam water bath terdapat air yang memiliki suhu konsisten sesuai kebutuhan dalam jangka waktu tertentu.

3. Gelas kimia, kaki tiga, kawat kasa

Gelas kimia digunakan sebagai wadah penampung untuk mengaduk, mencampur, dan memanaskan cairan pada laboratorium. Gelas ini umumnya berbentuk silinder dengan dasar yang rata.

Baca Juga :  Mengenal Karakteristik Makhluk Hidup

Kaki tiga merupakan besi yang mempunyai 3 kaki yang memiliki fungsi sebagai penyangga ring. Fungsi kaki tiga adalah sebagai penahan kawat kasa dan penyangga ketika proses pemanasan.

Kawat kasa berfungsi sebagai penopang pada pembakar Bunsen atau spiritus. Pemanasan suatu larutan bahan atau sampel biasanya dilakukan menggunakan wadah seperti gelas kimia yang tidak mungkin dipanaskan langsung dengan api karena bisa menyebabkan alat tersebut pecah.

4. Pipet Tetes/Droping

Fungsi : Mengambil bahan dalam jumlah sedikit / tetesan tidak ada skala ukuran volume pada alat ini.

5. Alat yang digunakan adalah kaca arloji dan spatula.

Kaca Arloji Berfungsi sebagai penutup gelas kimia saat memanaskan sampel, wadah saat menimbang bahan kimia, maupun tempat untuk mengeringkan padatan dalam desikator. Kaca Arloji memiliki bentuk bulat dengan permukaan cekung.

Spatula atau sudip adalah alat untuk mengambil objek. Spatula yang sering digunakan di laboratorium biologi atau kimia berbentuk sendok kecil, pipih dan bertangkaia

6. Batang pengaduk

Batang pengaduk merupakan sebuah peralatan laboratorium yang digunakan untuk mencampur bahan kimia dan cairan untuk keperluan laboratorium. Selain untuk mencampur larutan. fungsi batang pengaduk juga adalah untuk membantu dekantasi larutan, menginduksi kristalisasi dan memecahkan emulsi pada suatu ekstraksi.

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Ayo Latihan IPA Halaman 26 Kelas 7. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu sobatku semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat

Catatan  :

1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga :  Mengenal Jenis dan Unsur Puisi Rakyat

Baca Juga

Jawaban Ayo Latihan IPA Halaman 26 Kelas 7
Jawaban Aktivitas 1.2 IPA Halaman 6 Kelas 7
Jawaban Uji Kemampuan IPA Halaman 21 Kelas 7