Jawaban Aktivitas 1.2 IPA Halaman 6 Kelas 7

Jawaban Aktivitas 1.2 IPA Halaman 6 Kelas 7

Jawaban Aktivitas 1.2 IPA Halaman 6 Kelas 7 — Hai sobatku semuanya , Berikut jawaban tentang “Apa Itu Sains?” IPA kelas 7 BAB I semester 1. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan Sobatku semuanya dapat memahami tentang Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah.

Pembahasan berikut hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban sobatku semuanya. Dan sebaiknya temen-temen mengerjakan dahulu soal secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 6

Ayo Buat Aktivitas 1.2

1. Apakah cabang ilmu Sains yang mereka geluti?

Jawaban

Mereka berdua merupakan ilmuwan serta sosok yang sangat inspiratif dan juga genius. Wright bersaudara dan B.J. Habibie sama-sama mempelajari cabang ilmu sains, yaitu ilmu Fisika.

Keilmuan yang didalami oleh Wright bersaudara dan B.J. Habibie, khususnya ilmu fisika dinamis, hukum Bernoulli, fluida bergerak, aerodinamik dan gaya gravitasi.

Dengan bekal keilmuan yang dimiliki, Wright brothers (Wright bersaudara) dan B.J Habibie berhasil menciptakan sekaligus menerbangkan pesawat terbang. Wright bersaudara merupakan dua bersaudara yang berkebangsaan Amerika.

Mereka adalah Wilbur Wright, lahir pada 16 April 1867 dan wafat pada 30 May 1912 dan Orville Wright, lahir pada tanggal 19 Agustus 1871 dan wafat 30 January 1948.

Sedangkan B.J. Habibie lahir di Parepare 25 Juni 1936 dan meninggal 11 September 2019 (umur 83). Salah satu prestasi yang diraih B. J. Habibie adalah berhasil menciptakan pesawat N-250 Gatotkaca dan menciptakan suatu rancangan pesawat DO-31. Sehingga membuatnya mendapat julukan sebagai Bapak Teknologi Indonesia.

2. Apa yang mereka temukan? Bagaimana cara kerja penemuan tersebut?

Jawaban

Baca Juga :  Penjelasan Karakteristik Makhluk Hidup (Part 3)

Untuk Wright Bersaudara secara umum dihargai atas desain dan perancangan pesawat terbang efektif pertama, dan membuat penerbangan terkendali pertama menggunakan pesawat terbang bermesin yang lebih berat dar ipada udara, bersama dengan pendirian tonggak sejarah lainnya dalam bidang era dirgantara.

Untuk cara kerjanya kedua bersaudara itu mengembangkan “mesin terbang” menjadi bentuk pesawat bersayap, seperti yang kita kenal sekarang.

Sedangkan B. J. Habibie berhasil menciptakan pesawat N-250 Gatotkaca dan menciptakan suatu rancangan pesawat DO-31. Cara kerjan pesawat ini menggunakan mesin turboprop Allison AE 2100 C berkapasitas 2.439 KW produksi perusahaan Allison Engine Company. Pesawat berbaling baling 6 bilah ini mampu terbang dengan kecepatan maksimal 610 km/jam (330 mil/jam) dan kecepatan ekonomis 555 km/jam yang merupakan kecepatan tertinggi di kelas turprop 50 penumpang.

3. Untuk apa saja penemuan tersebut digunakan?

Jawaban

Penemuan tersebut bermanfaat bagi orang banyak salah satunya untuk transportasi, pesawat terbang juga dapat menjadi sarana yang baik untuk penelitian. Validasi data-data yang diperoleh dari wahana udara seperti balon sonda dan satelit cuaca dapat dilakukan dengan pesawat terbang. Kegunaan lainnya yaitu untuk modifikasi cuaca dan pengamatan secara real time

4. Bagaimana pengembangan dari penemuan tersebut sejak pertama kali diciptakan sampai dengan saat ini yang membuat penemuan (bisa berupa barang/ produk/ teori) tersebut lebih baik dan dapat digunakan dengan lebih luas?

Jawaban

Dari apa yang telah ditemukan oleh Wright bersaudara dan B.J. Habibie yaitu penemuan pesawat terbang dalam pengembangannya kini digunakan lebih luas. Setiap negara mempunyai pesawat terbang sebagai alat transportasi udara

5. Apakah akibat dari penemuan ini dalam mengubah kehidupan manusia (bisa di bidang sosial, ekonomi atau lingkungan)? Mengapa penemuan tersebut penting? Apakah ada akibat yang negatif/ tidak baik?

Baca Juga :  Yang Dimaksud Dengan Berilmu dan Bernalar Kritis

Jawaban

Dampak positif temuan pesawat terbang bagi kegiatan ekonomi yaitu mobilitas orang akan sangat cepat, yaitu pindah dari satu tempat ke tempat lain untuk melakukan bisnis. Pesawat terbang merupakan salah satu jenis transportasi yang mampu mempersingkat waktu tempuh. Penemuan tersebut sangat penting karena Pesawat terbang menjadi pilihan transportasi untuk menjelajahi banyak wilayah. Transportasi ini sudah ada sejak 1903 dan sampai saat ini masih terus digunakan. Disadari atau tidak, penemuan pesawat terbang telah membawa banyak dampak bagi kehidupan warga dunia.

6. Menurut kalian sifat apa yang dapat kalian pelajari dari masing-masing penemu ini?

Jawaban

Sifat yang perlu dipelajari dari Wright bersaudara dan B.J. Habibie yaitu tidak berputus asa dan terus berusaha mewujudkan cita-cita, pantang menyerah, ulet, tidak gentar dengan segala halangan dan rintangan, tetap memberikan usaha terbaik yang diri bisa lakukan dan lain sebagainya.

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Ayo Buat Aktivitas 1.2 IPA Kelas 7 Halaman 6. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu sobatku semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat

Catatan  :

1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Jawaban Pengayaan IPA Kelas 10 Halaman 74
Jawaban Ayo Cek Pemahaman Soal No 1 IPA Kelas 10 Halaman 73
Jawaban Ayo Cek Pemahaman Soal No 2 IPA Kelas 10 Halaman 73

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *