Jawaban Ayo Latihan IPA Halaman 26 Kelas 7

Jawaban Ayo Latihan IPA Halaman 26 Kelas 7

Jawaban Ayo Latihan IPA Halaman 26 Kelas 7 — Hai sobatku semuanya , salam giat belajar. Berikut jawaban tentang “Pengukuran” IPA kelas VII BAB I semester 1. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan Sobatku semuanya dapat memahami tentang Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah.

Sebelum adik adik mengerjakan soalnya ada baiknya adik adik mengetahui apa itu “Besaran dan Satuan”. Besaran adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan pada sesuatu yang bisa diukur dan memiliki nilai. Dalam ilmu Sains, dikenal dua macam besaran, yaitu besaran pokok dan besaran turunan.

Besaran Pokok adalah besaran yang dijadikan dasar untuk menetapkan besaran lainnya. Ada tujuh besaran pokok dengan satuannya yang telah ditetapkan oleh para ilmuwan secara standar internasional (SI).

Besaran Turunan adalah besaran yang ditetapkan berdasarkan besaran pokok. Satuannya pun diturunkan dari beberapa satuan besaran pokok.

Panjang dan waktu adalah besaran pokok sementara kecepatan adalah besaran turunan karena kecepatan dihitung dari besaran pokok.

Dalam melakukan pengukuran, agar seragam maka dianggap perlu untuk menetapkan suatu pembanding dalam pengukuran. Pembanding ini tetap, tidak berubah-ubah dan dapat digunakan secara umum di mana saja. Inilah yang disebut sebagai satuan baku.

Setelah adik adik memahami penjelasan diatas barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mengerjakan saolnya, ada baiknyaadik-adik mengerjakan dahulu soal secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal yang terdapat pada buku siswa halaman 26 kelas 7. Pembahasan berikut hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban sobatku semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan.

Jawaban IPA Halaman 26 Kelas 7

Ayo Latihan Aktivitas 1.12

Konversilah satuan-satuan di bawah ini ke dalam satuan bakunya

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 8 Uji Kompetensi Halaman 230 231 232 233 Kurikulum Merdeka

1) 2,4 km
2) 3,5 ton
3) 1400 gram
4) 24 menit
5) 4,5 jam

Jawaban

1) 2,4 km adalah besaran panjang. Satuan bakunya adalah meter sehingga 2,4 km = 2400 m

2) 3,5 ton adalah besaran massa. Satuan bakunya adalah kilogram sehingga 3,5 ton = 3500 kilogram

3) 1400 gram adalah besaran massa. Satuan bakunya adalah kilogram sehingga 1400 gram = 1,4 kg

4) 24 menit adalah besaran waktu. Satuan bakunya adalah sekon sehingga :
1 menit = 60 sekon
24 menit = 24 x 60 = 1440 sekon

5) 4,5 jam adalah besaran waktu. Satuan bakunya adalah sekon sehingga :
1 jam = 3600 sekon
4,5 jam = 16.200 sekon

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Ayo Latihan IPA Halaman 26 Kelas 7. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu sobatku semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat

Catatan  :

1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Jawaban Aktivitas 1.2 IPA Halaman 6 Kelas 7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *