Informatika Kelas 8

Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas AP-K8-02 Bermain dengan Custom Block Halaman 177 178 179 180 Kurikulum Merdeka

Berikut.id – Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas AP-K8-02 Bermain dengan Custom Block Halaman 177 178 179 180 Kurikulum Merdeka. Halo Adik-Adik! Kali ini Berikut.id akan membahas Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas AP-K8-02 Bermain dengan Custom Block Halaman 177 178 179 180 Kurikulum Merdeka.

 

Aktivitas AP-K8-02: Bermain dengan Custom Block

 

Pada aktivitas ini, Adik-Adik akan membuat sebuah Custom Block dengan dan tanpa parameter input serta dapat menggunakan Custom Block ini pada sprite yang ada.

 

Skenario Aktivitas

 

Buatlah sebuah project Scratch baru yang mana sprite Cat si Meong sudah aktif. Dalam kode program si Meong, Adik-Adik akan membuat 2 buah Custom Block, satu menggunakan parameter input dan yang satu tanpa parameter input. Fungsi dari kedua Custom Block ini mirip, yakni melakukan pergerakan supaya sprite dapat “melompat”. Apa itu melompat? Naik, lalu turun kembali ke posisi semula.

 

Langkah-Langkah

 

1. Buat project Scratch baru.

2. Pada sprite Cat si Meong, buat sebuah blok baru menggunakan make a block, bernama [jump].

3. Blok [jump] nantinya akan memiliki  beberapa fungsi, seperti:

  • Mengeluarkan suara “meow”
  • Melakukan animasi melompat: posisi y bertambah 50; kemudian kembali ke titik awal.

4. Panggil blok [jump] ketika “spasi” pada keyboard ditekan.

5. Buat Custom Block baru bernama [jumpWithHeight].

6. Pilih “Add an input number or text” dan beri nama height.

7. Duplikasi fungsi pada langkah 2 untuk ditempatkan pada blok [jumpWithHeight].

Baca Juga :  Kunci Jawaban Menuliskan Ulang Alur Teks “Bola-Bola Waktu”

8. Ubah nilai 50 dengan variabel height dari parameter Custom Block.

9. Panggil blok [jumpWithHeight] ketika tanda panah atas pasa keyboard ditekan.

 

Lembar Kerja Peserta Didik

 

Isi jawaban yang berbentuk kotak dengan hasil capture kode program Scratch Adik-Adik menggunakan snipping tools seperti yang Adik-Adik pelajari di Bab TIK.

Gambar Aktivitas AP-K8-02

 

Asesmen

 

Setelah program Adik-Adik berjalan dengan baik sesuai dengan skenario, mari jawab pertanyaan berikut ini agar Adik-Adik dpaat memahami dengan lebih baik.

  1. Amatilah kode program pada langkah 4. Jika nilai 100 pada blok [jumpWithHeight] diganti menjadi 70, apa yang terjadi?
  2. Masih amati kode program pada langkah 4. Jika nilai parameter pada blok [jumpWithHeight] dikosongkan, lalu Adik-Adik mencoba menekan tanda panah atas pada keyboard, apa yang terjadi?

 

Jawaban Aktivitas AP-K8-02: Bermain dengan Custom Block

 

Gambar Jawaban Aktivitas AP-K8-02 (1)

Gambar Jawaban Aktivitas AP-K8-02 (2)

 

Jawaban Asesmen

 

  1. Efek melompat tidak akan terlalu tinggi, karena berubah dari 100 menjadi 70.
  2. Sprite Cat tidak akan bergerak karena sistem menganggap variabel height-nya adalah 0 sehingga posisi sumbu y akan tetap.

 

Adik-Adik, itulah Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas AP-K8-02 Bermain dengan Custom Block Halaman 177 178 179 180 Kurikulum Merdeka. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

 

Disclaimer: kunci jawaban pada artikel ini merupakan panduan untuk orang tua. Siswa dapat bereksplorasi dengan jawaban yang lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak. Berikut.id tidak bertanggung jawab atas kesalahan pada kunci jawaban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *