Informatika Kelas 8

Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas AP-K8-01 Bermain dengan Control, Input, dan Variable Halaman 171 172 173 174 175 176 Kurikulum Merdeka

Berikut.id – Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas AP-K8-01 Bermain dengan Control, Input, dan Variable Halaman 171 172 173 174 175 176 Kurikulum Merdeka. Halo Adik-Adik! Kali ini Berikut.id akan membahas Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas AP-K8-01 Bermain dengan Control, Input, dan Variable Halaman 171 172 173 174 175 176 Kurikulum Merdeka.

 

Aktivitas AP-K8-01: Bermain dengan Control, Input, dan Variable

 

Dengan melakukan aktivitas ini, Adik-Adik akan mampu membuat sebuah program yang menerima input dan menyimpannya dalam sebuah variable.

 

Skenario Aktivitas

 

Adik-Adik akan memulai dengan layar sebagai berikut.

Gambar Aktivitas AP-K8-01 (1)

Gambar Aktivitas AP-K8-01 (2)

 

Langkah-Langkah

 

  1. Tempatkan sprite Cat si Meong, sprite Person si Tika (dapat Adik-Adik sesuaikan dengan keinginan), san sprite Basketball si Bola sesuai skenario.
  2. Tambahkan backdrop Basketball 1.
  3. Buat agar si Meong dapat selalu berganti costumes.
  4. Buat agar si Tika dapat selalu berganti costumes.
  5. Atur agar si Bola berputar terus menerus di tempat.
  6. Buat agar si Meong dapat menerima input nama dari pengguna ketika menekan tanda spasi pada keyboard.
  7. Tampilkan kembali hasil input pengguna dalam bentuk sapaan “Halo, [nama]”.
  8. Buat juga sebuah variabel score.
  9. Variabel score akan bertambah 1 setiap si Tika mengenai si Bola atau sebaliknya.
  10. Reset isi nilai score menjadi 0 lagi saat program dijalankan ulang.

 

Lembar Kerja Peserta Didik

 

Isi jawaban yang berbentuk kotak dengan hasil capture kode program Scratch Adik-Adik menggunakan snipping tools seperti yang Adik-Adik pelajari di Bab TIK. Terkadang, Adik-Adik dpaat melakukan copy & paste potongan kode program untuk mempercepat pengerjaan. Tapi Adik-Adik tetap tidak boleh menyontek.

Baca Juga :  Jawaban Lembar Aktivitas 14 IPS Halaman 237 Kelas 7

Gambar Aktivitas AP-K8-01 (3)

Gambar Aktivitas AP-K8-01 (4)

 

Asesmen

 

  1. Amati kode program si Meong dan si Tika di langkah 1. Apakah Adik-Adik mencoba menggunakan blok [wait..seconds]? Apa perbedaan saat menggunakan blok [wait..seconds] dan tidak?
  2. Masih dengan kode program yang sama, ubahlah nilai pada blok [wait..seconds]. Apa efek dari perubahan parameter ini pada hasil program?
  3.   Amati kode program si Tika di langkah 5. Apa yang terjadi setiap kali program dijalankan kembali apabila blok [set score to 0] dihilangkan?
  4. Amati kembali kode program si Tika di langkah 5. Apa yang terjadi jika blok [change score by 1] diubah menjadi [change score by 10]?

 

Jawaban Aktivitas AP-K8-01: Bermain dengan Control, Input, dan Variable

 

Gambar Jawaban Aktivitas AP-K8-01 (1)

 

Berikut salah satu urutan langkah-langkahnya

Gambar Jawaban Aktivitas AP-K8-01 (2)

Gambar Jawaban Aktivitas AP-K8-01 (3)

Gambar Jawaban Aktivitas AP-K8-01 (4)

 

Jawaban Asesmen

 

  1. Blok kode [wait .. seconds]  akan membuat kode dijalankan dengan jeda waktu tertentu. Jika menggunakan blok [wait .. seconds], akan menyebabkan proses bergantian dari costume 1 ke costume berikutnya seperti lebih pelan.
  2. Semakin besar nilai pada blok [wait .. seconds] akan membuat jeda waktu semakin lama. Dengan demikian, pada kasus ini, proses pergantian costume menjadi semakin lambat.
  3. Isi nilai score akan terus bertambah. Guru akan menjelaskan pentingnya inisialisasi nilai sebuah variable, karena hal ini dapat berpengaruh pada hasil akhir program.
  4. Perubahan nilai score akan cepat sekali karena penambahannya per 10 bukan lagi per 1.

 

Adik-Adik, itulah kunci Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas AP-K8-01 Bermain dengan Control, Input, dan Variable Halaman 171 172 173 174 175 176 Kurikulum Merdeka. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

 

Disclaimer: kunci jawaban pada artikel ini merupakan panduan untuk orang tua. Siswa dapat bereksplorasi dengan jawaban yang lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak. Berikut.id tidak bertanggung jawab atas kesalahan pada kunci jawaban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *