Informatika Kelas 8

Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas AP-K8-03 Eksplorasi Maze Halaman 184 185 186 187 188 189 190 191 192 Kurikulum Merdeka

Berikut.id – Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas AP-K8-03 Eksplorasi Maze Halaman 184 185 186 187 188 189 190 191 192 Kurikulum Merdeka. Halo Adik-Adik! Kali ini Berikut.id akan membahas Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas AP-K8-03 Eksplorasi Maze Halaman 184 185 186 187 188 189 190 191 192 Kurikulum Merdeka.

 

Aktivitas AP-K8-03: Eksplorasi Maze

 

Melalui aktivitas ini, Adik-Adik akan mampu memahami proses percabangan dan perulangan pasa Blockly dengan menyelesaikan Eksplorasi Maze.

 

“Eksplorasi Maze” adalah sebuah permainan yang menantang Adik-Adik untuk menjelajahi sebuah maze. Adik-Adik akan diminta untuk menggerakkan sprite dari titik start sampai ke tujuannya. Adik-Adik hanya boleh menggunakan blok yang sudah disediakan untuk menggerakkan sprite. Adapun blok yang tersedia adalah:

  1. [move forward]: untuk bergerak maju.
  2. [turn . . ]: mengubah arah sprite (ke kiri atau ke kanan).

Tantangan dari permainan ini adalah Adik-Adik perlu membuat strategi agar sprite tetap dapat mencapai tujuan meski dengan terbatasnya blok.

 

Skenario Aktivitas

 

Eksplorasi maze ini terdiri dari 10 level, mulai dari level 1 sampai level 10, dengan tingkat kesulitan yang semakin tinggi seiring niknya level.

 

Tampilan dari permainan Maze dapat Adik-Adik lihat pada gambar berikut.

Gambar Aktivitas AP-K8-03 (1)

Penjelasan bagian-bagian pada permainan Maze terdapat pada tabel di bawah ini. Beberapa bagian sengaja dikosongkan agar Adik-Adik dapat bereksplorasi dan belajar sendiri. Cobalah melakukan klik pada link/button yang sesuai dengan nomor berikut untuk mengetahui kegunaan dari bagian tersebut. Tuliskan hasil eksplorasi Adik-Adik di jurnal dengan format seperti berikut.

Baca Juga :  Jawaban Uji Kemampuan No.1 IPA Halaman 53 Kelas 7

Gambar Aktivitas AP-K8-03 (2)

Gambar Aktivitas AP-K8-03 (3)

 

Lembar Kerja Peserta Didik

 

Pada lembar kerja ini, selain bermain, Adik-Adik akan dipandu untuk memahami bagaimana program bekerja melalui pertanyaan-pertanyaan yang ada. Adik-Adik akan dipandu mulai dari level 1 sampai level 10, tetapi tetap ikuti instruksi guru untuk target level yang harus Adik-Adik selesaikan.

 

Level 1

 

Pada Maze level 1, terdapat 3 blok kode yang dapat Adik-Adik gunakan, yakni:

Gambar Aktivitas AP-K8-03 (4)

Perhatikan bahwa pada blok [turn], terdapat drop down sehingga blok [turn right] dapat diubah menjadi [turn left] begitu pula sebaliknya. Adik-Adik dapat menggunakan Sebuah blok untuk mengganti arah ke kiri maupun ke kanan.

 

Yang manakah dari pilihan blok program berikut uang menjadi jawaban untuk level 1? Tuliskan jawaban untuk tabel ini di Jurnal Adik-Adik.

Gambar Aktivitas AP-K8-03 (5)

 

Level 2

 

Seelah menyelesaikan level 1, mari menuju ke level selanjutnya. Blok-blok kode yang tersedia pada level ini sama seperti yang tersedia pada level 1. Tuliskan pada jurnal Adik-Adik tabel yang berisi blok yang Adik-Adik pakai untuk menyelesaikan level 2 dan berikan juga jejak langkah sprite saat kode blok dijalankan.

Gambar Aktivitas AP-K8-03 (6)

 

Level 3

 

Pada level 3, Adik-Adik hanya dapat menggunakan 2 blok (termasuk [move forward] yang sudah terpasang secara otomatis). Bagaimana untuk maju 4 langkah dan mencapai tujuan hanya dengan 2 blok saja? Adik-Adik dpaat memanfaatkan blok [repeat until] dengan cara memasangkan blok [move forward] ke dalam [repeat until] seperri berikut.

Gambar Aktivitas AP-K8-03 (7)

Jalankan programnya, dan amati, apa kegunaan dari blok [repeat until]? Tuliskan jawabannya pada jurnal.

 

Level 4

 

Di dalam blok [repeat until], Adik-Adik dapat Memasangkan lebih dari 1 blok. Cobalah Maze pada level 4 dan tuliskan solusi yang Adik-Adik pakai pada jurnal seperti tabel berikut ini. Gambarkan juga jejak langkah sprite saat mengikuti blok tersebut.

Gambar Aktivitas AP-K8-03 (6)

Berapa kali blok-blok yang ada di dalam [repeat until] dijalankan hingha sprite sampai ke titik target?

 

Level 5

 

Baca Juga :  Jawaban Latihan 7.2 Nomer 1 Matematika Halaman 182-183 Kelas 10

Cobalah maze pada level 5 dan tuliskan solusi yang Adik-Adik pakai pada jurnal seperti tabel berikut. Gambarkan juga jejak langkah sprite saat mengikuti blok tersebut.

Gambar Aktivitas AP-K8-03 (6)

 

Level 6

 

Pada level 5, Adik-Adik akan menemukan sebuah blok baru, yakni sebagai berikut.

Gambar Aktivitas AP-K8-03 (8)

Untuk mengetahui fungsi dari blok tersebut, cobalah perintah berikut ini.

Gambar Aktivitas AP-K8-03 (9)

 

Pertanyaan

 

  1. Dari perintah yang Adik-Adik jalankan, apa kegunaan dari blok [if path . .  do . . ]?
  2. Perhatikan bahwa kedua kode program berikut ini menghasilkan langkah yang sama. Mengapa demikian?

 

Gambarkan jejak dari eksekusi kedua blok tersebut. Berikan juga penjelasan bagaimana kedua blok tersebut dijalankan.

 

Tantangan!

 

Setiap kali bertemu [if], sprite akan berhenti dan memeriksa apakah kondisi di dalam [if] terpenuhi. Pemeriksaan ini tentu membutuhkan waktu, sehingga penggunaan [if] yang terlalu sering akan memakan waktu yang lebih lama. Dengan menggunakan solusi yang asa di atas, Adik-Adik masih memiliki sisa 1 blok yang dapat Adik-Adik pakai di level ini. Carilah sebuah solusi untuk level 6 yang memanfaatkan semua blok Dan dapat membuat program berjalan lebih cepat.

 

Level 7 dan 8

 

Selesaikan level 7 dan 8. Tulis solusi untuk level 7 dan 8 pada jurnal dengan format seperti tabel berikut.

Gambar Aktivitas AP-K8-03 (10)

Gambar Aktivitas AP-K8-03 (11)

 

Level 9

 

Pada level 9, Adik-Adik akan menemukan tambahan bol baru, yakni:

Gambar Aktivitas AP-K8-03 (12)

Blok [if . . else . . ] memungkinkan Adik-Adik untuk melakukan salah satu dari 2 perintah yang diletakkan di posisi nomor 2 dan nomor 3 pada gambar di atas. Jika kondisi pada nomor 1 benar, program akan menjalankan perintah berdasarkan blok di nomor 2. Sebaliknya, jika kondisi pada nomor 1 tidak terpenuhi, program akan menjalankan perintah berdasarkan blok di nomor 3.

 

Cobalah kode program berikut untuk menyelesaikan level 9.

Gambar Aktivitas AP-K8-03 (13)

Gambarkan jejak langkah sprite saat mengikuti blok yang Adik-Adik buat dan jelaskan bagaimana sprite berjalan pada jurnal seperi tabel berikut.

Gambar Aktivitas AP-K8-03 (14)

Pada blok [if path . . do . . else] yang digunakan untuk menyelesaikan level 9, kondisi yang diperiksa adalah “ahead”. Bagaimana jika kondisi yang diperiksa adalah “to the left” dan blok yang ada di dalam [do] dan [else] ditukar? Apakah tetap dapat menyelesaikan level 9?

Baca Juga :  Jawaban Pengayaan IPA Kelas 10 Halaman 74

 

Temukan alternatif jawaban lainnya untuk menyelesaikan level 8 dan tuliskan pada jurnal.

Gambar Aktivitas AP-K8-03 (6)

 

Level 10

 

Tantangan: selesaikan Maze level 10. Tuliskan jawaban Adik-Adik pada jurnal seperti tabel berikut.

Gambar Aktivitas AP-K8-03 (6)

 

Jawaban Aktivitas AP-K8-03: Eksplorasi Maze

 

Jawaban dari tabel kegunaan pasa tampilan awal Maze

Gambar Jawaban Aktivitas AP-K8-03 (1)

 

Level 1

 

Tabel blok yang dapat digunakan:

Gambar Jawaban Aktivitas AP-K8-03 (15)

Solusi untuk level 1:

Gambar Jawaban Aktivitas AP-K8-03 (2)

 

Level 2

Gambar Jawaban Aktivitas AP-K8-03 (3)

 

Level 3

 

Kegunaan dari blok [repeat until] adalah menjalankan setiap blok yang dipasang di dalam blok [repeat until] berulang-ulang hingha sprite mencapai target.

 

Level 4

Gambar Jawaban Aktivitas AP-K8-03 (4)

Banyaknya perulangan yang terjadi adalah sebanyak 4 kali.

 

Level 5

Gambar Jawaban Aktivitas AP-K8-03 (5)

 

Level 6

 

1. Saat blok [if path . . do . .] berjalan, program akan memeriksa apakah kondisi di dalam if terpenuhi atau tidak. Jika kondisi terpenuhi, sprite akan berjalan sesuai blok yang terpasang di dalam [do].

2. Jejak dari eksekusi kedua blok:

Gambar Jawaban Aktivitas AP-K8-03 (6)

Penjelasan bagaimana blok berjalan.

Gambar Jawaban Aktivitas AP-K8-03 (7)

Solusi permainan level 6:

Gambar Jawaban Aktivitas AP-K8-03 (8)

 

Level 7 dan 8

Gambar Jawaban Aktivitas AP-K8-03 (9)

 

Level 9

Gambar Jawaban Aktivitas AP-K8-03 (10)

Kondisi di dalam if tidak dapat diubah menjadi [to the left] sekalipun blok yang di dalam [do] dan [else] ditukar. Jika sistem memeriksa kondisi [to the left], sprite akan berbelok ke kiri di belokan ke dua dan kemudian menabrak jalan.

 

Level 10

Gambar Jawaban Aktivitas AP-K8-03 (11)

 

Adik-Adik, itulah kunci Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas AP-K8-03 Eksplorasi Maze Halaman 184 185 186 187 188 189 190 191 192 Kurikulum Merdeka. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

 

Disclaimer: kunci jawbaan pada artikel ini merupakan panduan untuk orang tua. Siswa dapat bereksplorasi dengan jawaban yang lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak. Berikut.id tidak bertanggung kawab atas kesalahan pada kunci jawbaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *