Cara Mengkompres Video di Hp Dengan Kualitas Jernih

Cara mengkompres video di hp bisa dilakukan menggunakan aplikasi yang tersedia di Google Play store. Nah, untuk apa sih tujuan mengkompres video ini?

Mengkompres video biasanya dilakukan untuk mengurangi size dari sebuah video yang terlalu besar sehingga harus mengubah ukuran dari video tersebut menjadi lebih kecil.

Apa itu Mengkompres video?

Tentu saja, berbicara tentang ukuran file video besar bukanlah sesuatu yang asing bagi banyak orang. Misalnya, dalam industri multimedia atau industri kreatif, baik itu videografer atau pembuat video.

Atau bagi Anda yang merasa bahwa mereka telah berada di dunia videografer sendiri untuk waktu yang lama. Dan tentu saja hal semacam ini bukanlah hal asing dan sangat masuk akal.

Karena memang ketika membuat video, ukurannya bisa dikatakan cukup besar bahkan hingga tiga gigabyte dan itu normal. Jadi hal -hal seperti ini bukan masalah besar.

Namun, kadang -kadang menghambat pekerjaan atau proses mengirim video karena terlalu besar. Jadi, Anda harus mengompres video, yang berarti mengubah ukuran video dari besar ke kecil.

Artikel ini akan berbagi tutorial tentang cara mengkompres video di hp yang sangat cocok untuk Anda yang sering membuat konten video. Atau mungkin bagi Anda seorang siswa yang sering melakukan tugas dari dosen dalam hal membuat video.

Manfaat Mengkompres Video

Di zaman sekarang ini, semuanya membutuhkan peran teknologi yang tidak dapat dipisahkan dari alat digital.

Misalnya, di bidang pendidikan. Secara umum, seorang siswa memiliki tugas yang diberikan oleh dosen untuk membuat alat pembelajaran video atau digital.

Namun, biasanya ada masalah dalam proses mengirim video karena terlalu besar. Terutama jika video direkam menggunakan ponsel atau android, sangat jelas jika video yang dihasilkan memiliki ukuran besar.

Jadi, mengompresi video ini benar -benar dapat membantu meminimalkan atau mempercepat proses mengirim file video.

Ini dilakukan agar Anda tidak perlu menunggu lama untuk mengirim video, terutama jika pada saat itu kecepatan internet yang Anda miliki dapat dikatakan lambat.

Jadi kuncinya adalah mengurangi ukuran ukuran file video yang telah Anda buat. Jadi itu untuk memudahkan Anda mengirim file ke dosen Anda atau di mana pun file video ingin diarahkan.

Dapat juga digunakan untuk keperluan mengunggah video ke YouTube atau ke berbagai media sosial.

Baca Juga :  Sejarah dan Perkembangan Processor AMD

Cara Mengkompres Video di Hp Menggunakan Aplikasi

Cara mengkompres video yang akan dijelaskan pada tutorial ini yaitu menggunakan aplikasi yang tersedia di Google Play Store. Berikut langkah-langkahnya:

1. Download aplikasi

Unduh Aplikasi Video Compress Langkah pertama yang harus Anda lakukan tentu saja mengunduh aplikasi terlebih dahulu.

Anda cukup pergi ke Google Play Store untuk mengunduh aplikasi lalu ketik pencarian tentang kompresi video. Kemudian klik bagian paling atas hasil pencarian.

Sekarang seperti yang dapat Anda lihat di sini ada begitu banyak pilihan aplikasi untuk mengurangi ukuran video tetapi yang akan kita bahas di sini adalah aplikasi hijau ini yang cukup Anda klik atau pilih aplikasi ini.

Dengan nama bahasa Indonesia adalah kompresor video. Aplikasi kompresor video adalah salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk tutorial cara mengkompres video di hp.

Selain itu juga salah satu aplikasi yang cukup baik dalam mengompresi atau mengurangi ukuran video.

Seperti yang dapat Anda lihat di sini peringkat aplikasi dan ulasan mencapai 4,6 dari lima bintang dan telah diunduh oleh 10 juta pengguna. Jadi ini adalah aplikasi yang cukup bagus dan kualitas yang terbukti untuk digunakan dalam pengompresi video. Sebelum itu, daftarkan akun terlebih dahulu sehingga Anda dapat masuk.

Aplikasi kompresor video dapat digunakan secara gratis untuk semua fitur yang disediakan.

Namun, meskipun dapat diunduh secara gratis dan semua layanan yang disediakan dapat digunakan dalam versi gratis, tentu saja masih ada iklan dalam aplikasi kompresor video ini.

Jadi disarankan agar Anda pertama kali mematikan data atau koneksi internet jika Anda tidak ingin terganggu oleh tampilan iklan yang ada. Setelah itu, langsung masuk ke

2. Masuk Ke aplikasi

Setelah berhasil memasukkan/ masuk ke aplikasi kompresor video, yang harus Anda lakukan adalah memilih video atau foto yang akan diubah. Video atau foto yang dipilih bebas dari ukuran berapa pun video.

Misalnya di sini ada video dengan ukuran 13,5 MB. Hanya mencari file mana yang akan Anda kompres.

Lalu, masukkan daftar folder di ponsel Anda, lalu pilih file dengan ukuran ukuran mini sekitar 500 MB lebih atau juga bisa lebih kecil. File yang dipilih akan dikompresi atau dipercepat oleh video.

Sesuai dengan fitur yang dipilih, karena ada banyak pilihan fitur yang dapat digunakan. Fitur yang ada termasuk kompres langsung, pemotongan atau pemotongan video, kompres video, dan juga dapat mempercepat video yang nantinya akan disertakan dalam format MP3.

Langkah selanjutnya setelah memilih video yang akan diubah dalam ukuran adalah melakukan proses kompres. Untuk kualitas tinggi video yang diproduksi akan lebih baik daripada dua pilihan lainnya.

Baca Juga :  Harga Paket Data Smartfren Terbaru Juli 2022

Tetapi ukuran yang diminimalkan atau dikurangi dari video tidak begitu banyak dari ukuran aslinya.

Misalnya video asli memiliki ukuran sekitar 1GB sekarang untuk pilihan berkualitas tinggi hanya akan mengkompres beberapa persen dari ukuran itu. Meninggalkan 95% dari ukuran aslinya.

Jadi untuk ukuran 1GB, ukuran video yang dikompresi hanya sekitar 455 MB. Meski begitu, Anda tidak perlu merasa pusing dengan itu. Karena di sini masih ada opsi lain yang dapat digunakan.

Pada pilihan kualitas rendah, terdapat beberapa MB yang bisa dipilih menyesuaikan dengan kualitas videonya. Disarankan untuk memilih kualitas rendah 66% dengan resolusi video 720×1280.

Karena size video yang dikurangi lebih dari 50%. Meskipun kualitas rendah, video yang dihasilkan tidak jauh beda dengan resolusi aslinya. Meskipun tidak sebagus jika menggunakan kualitas tinggi.

Misalnya, file video yang akan dikompres memiliki size sebesar 500 MB, maka akan turun menjadi sekitar 231 MB atau sebesar 95%.

Contohnya pada tutorial cara mengkompres video di hp ini, video dengan size 13,5 MB dikompress menjadi 3,3 MB dan hasilnya tidak jauh beda dari video aslinya.

Selain aplikasi kompresor video di atas, terdapat juga beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mengubah size video di ponsel, diantaranya:

Daftar Aplikasi Kompresor Video Terbaik untuk Android

Terlepas dari yang kami bicarakan sebelumnya, ada aplikasi kompresor video gratis bagus lainnya yang dapat digunakan untuk mengurangi ukuran video di android. Beberapa di antaranya adalah;

Kompresor Video & Film

Ini adalah kompresor video terkenal dan berguna yang mendukung hampir semua format file populer.

Ini dirancang sedemikian rupa sehingga Anda tidak perlu beralih ke aplikasi kompresi lain untuk mencapai tugas tersebut. Fakta menarik tentangnya adalah memungkinkan Anda untuk berbagi file video terkompresi langsung dengan teman & keluarga Anda tanpa kehilangan kualitas aslinya.

Cara Mengkompres Video di Hp dengan Video Diet

Yang ini memungkinkan Anda untuk mengompres video berdurasi penuh ke ukuran yang lebih kecil.

Anda dapat mengatur kualitas video yang diinginkan sebagai output menggunakan antarmuka yang menguntungkan. Video Dieter memungkinkan Anda untuk menambahkan musik favorit ke video Anda juga.

Kompresor Video oleh Sunshine

Ini adalah salah satu kompresor video terbaik untuk android karena memungkinkan Anda menyimpan banyak video. Itu dapat mengompres video besar lebih cepat dan menghemat 90% dari ruang memori telepon.

Anda dapat menyimpan video Anda dalam full HD, atau dalam bentuk lain dalam pengaturan kompresi. Aplikasi ini memungkinkan Anda memutar video di dalam aplikasi dan membagikannya secara instan.

Baca Juga :  Penyebab Laptop Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Yang ini dan aplikasi kompresor video lainnya seperti mengubah ukuran video, vidcompact, Youcut, dll adalah beberapa aplikasi kompresor video terbaik yang digunakan untuk mengurangi ukuran video di android.

Apa Itu Kompresi Video, dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Pada tingkat dasar, kompresi video berarti mengkodekan file video untuk mengambil lebih sedikit ruang daripada file aslinya.

Ini dilakukan dengan menghapus elemen berulang dan berlebihan, seperti piksel, suara, adegan, dll., dari video asli.

Saat Anda menggunakan perangkat lunak kompresi video, itu akan menganalisis semua piksel dalam bingkai video dan mengelompokkan yang serupa menjadi satu dalam blok yang lebih besar untuk mengompresnya.

Jika Anda menggunakan alat kompresi video yang sudah ketinggalan zaman, ini dapat membuat klip video gumpal dan terdistorsi.

Proses ini dilakukan dengan menggunakan berbagai algoritma yang disebut codec video.

Beberapa codec modern seperti H.264, H.265, dan VP9 dirancang untuk menyeimbangkan tingkat kompresi tetapi tidak kehilangan kualitas. Setelah kompresi selesai, format file video asli akan berubah tergantung pada codec.

Algoritme ini terutama berfokus pada perubahan properti berikut pada video Anda:

Resolusi – jika Anda memiliki file video 4K yang ingin ditampilkan pada layar 1080p, Anda dapat menurunkan resolusi file video tanpa kehilangan kualitas yang terlihat, karena bingkai 4K memiliki lebih dari 8M piksel, sedangkan bingkai FHD atau 1080p memiliki hanya 2M.

 Dengan kata lain, Anda dapat menurunkan kualitas video 4K sebanyak empat kali tanpa robekan layar.

Data Rate – Ini berarti jumlah data yang ditampilkan layar Anda per detik. Dengan mengurangi tingkat ini, Anda dapat meminimalkan ukuran file dengan jumlah yang signifikan.

Rasio Aspek – Saat menurunkan resolusi video, codec kompresi memastikan bahwa rasio aspek dipertahankan. Jika tidak, gambar akan terlihat melebar atau terjepit pada layar standar 16:9.

Bagaimana cara mengompres video di Android tanpa mengunduh aplikasi?

Jika Anda tidak ingin mengunduh aplikasi kompresi video, Anda juga dapat mengompres video secara online melalui situs web. Beberapa situs web ini adalah Clideo.com atau Media.io .

Namun, situs web ini tidak sepenuhnya gratis dan meninggalkan tanda air pada video terkompresi Anda, yang dapat dihapus setelah membayar sedikit biaya.

Dengan semua tutorial dan penjelasan ini, Anda dapat dengan mudah mengurangi ukuran video di android secara gratis tanpa mengeluarkan biaya apapun.

Sehingga, proses pengiriman video akan menjadi lebih lancar untuk mendukung pekerjaan maupun kegiatan pembelajaran.

Anda bisa memilih salah satu cara dia atas yang telah kami jelaskan secara singkat. Semoga artikel ini dapat membantu!

Rekomendasi :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.