Gambar Ikan Platy

Cara Budidaya Ikan Platy

Cara Budidaya Ikan Platy – ikan platy merupakan jenis ikan hias yang cantik, terlebih lagi saat bergerombol. Selain cantik, perawatan ikan platy juga tergolong mudah dan tidak memerlukan peralatan khusus. Karena kepopulerannya, banyak orang tertarik untuk membudidayakannya dan menjadikannya sebagai bisnis rumahan yang menjanjikan.

 

Nah, bagi sobat yang ingin mengetahui bagaimana cara budidaya ikan platy, kami akan mengulasnya di bawah ini.

 

Langkah-Langkah Budidaya Ikan Platy

 

Sediakan Akuarium

 

Ukuran akuarium pemijahan tidak perlu terlalu besar, sobat dapat menyesuaikannya sesuai kebutuhan. Usahakan paling tidak 30×30 cm (sesuaikan denhan jumlah ikan yang akan dipijahkan).

 

Siapkan Jaring

 

Jaring ini berfungsi untuk memisahkan induk dengan anakan ikan platy, agar nantinya induk tidak memakan anaknya. Gunakanlah jaring yang tidak terlalu rapat, yang dapat dilewati anakan ikan namun tidak dapat dilewati induknya.

 

Memilih Indukan

 

Indukan yang digunakan haruslah berkualitas, induk yang asal asalan akan mengakibatkan kegagalan. Induk yang berkualitas akan menghasilkan keturunan yang bagus dan memberi lebih banyak keuntungan.  Berikut kriteria ikan platy yang cocok dijadikan indukan:

 

  • Ikan agresif dan tidak gemar berdiam diri.
  • Berwarna cerah.
  • Memiliki tubuh yang ideal dan tidak kurus.
  • Tidak terdapat cacat fisik.
  • Tidak sedang sakit.

 

Perbedaan Ikan Platy Jantan dan Betina

 

Berikut beberapa perbedaan ikan platy jantan dan betina:

 

Ikan Platy Jantan:

 

  • Ikan platy jantan memiliki tubuh yang lebih ramping dan kecil.
  • Ekor ikan platy jantan mengerucut atau lancip di bagian bawah seperti pedang dan lebih lebar.
  • Ikan platy jantan mempunyai sirip yang mengerucut lada bagian dekat perutnya.
  • Warna ikan jantan lebih cerah.
  • Sisik ikan jantan lebih besar dan terasa kasar.
  • Ukuran kepala ikan platy jantan lebih besar dan hampir sama dengan tubuhnya.
Baca Juga :  Harga Ikan Sembilang

 

Ikan Platy Betina

 

  • Ikan Platy betina bertubuh lebih gemuk dan besar.
  • Ekor ikan betina lebih kecil dan tidak terlalu lebar.
  • Sirip di dekat perut ikan platy betina cenderung bulat dan tidak lancip.
  • Warna ikan platy betina tidak secerah ikan platy jantan.
  • Sisik ikan betina lebih teratur dan terasa lebih halus.
  • Kepala ikan platy betina relatif lebih kecil.

 

Proses Pemijahan

 

Isi akuarium dengan air bersih, cukup isikan air sebanyak ¾ nya saja. Kemudian pasanh jaring pemisah sebagai pembatas antar induk dengan anakan platy nantinya. Lalu, sobat dapat memasukkan indukan platy jantan dan betina yang sudah dipersiapkan ke dalam akuarium.

 

Selama proses pemijahan, pastikan untuk memberi pakan secara rutin dan jangan berlebihan apalagi kurang. Jika berlebihan, air akuarium akan cepat kotor dan jika kurang, kesehatan induk ikan dan proses pemijahan akan terganggu.

 

Biasanya proses pemijahan berlangsung sekitar satu minggu. Kemudian, sobat dapat memeriksa ikan betina, apakah sudah mengalami pembuahan atau belum.

 

Ciri-Ciri Ikan Platy Hamil

 

Jika proses pemijahan berhasil, perut ikan akan menjadi lebih besar dan terlihat bintik-bintik hitam pada perutnya yang transparan. Bintik hitam ini adalah bibit ikan yang sedang dikandung, proses mengandung ini berlangsung sekitar 1 bulan, setelah itu ikan akan melahirkan.

 

Ciri-Ciri Ikan Platy akan Melahirkan

 

Saat ikan akan melahirkan, bintik di perutnya akan terlihat semakin jelas. Selama proses mengandung, pastikan untuk memberikan makan secara rutin. Setelah bibit ikan lahir, segera pisahkan anakan dengan induknya. Jika tidak, anak ikan malah akan disantap oleh induknya.

 

Perawatan Larva Ikan Platy

 

Baca Juga :  Harga Ikan Platy

Larva ikan platy baru bisa berenang setelah 2 hari. Saat larva belum berumur 5 hari, sobat dapat memberikan infusiora sebagai makanannya. Setelah larva berumur 5 hari, sobat dapat memberikan makanan berupa kutu air.

 

Saat larva dirasa sudah cukup kuat, sobat dapat memberikan pakan berupa cacing darah, cacing sutra, atau makanan lainnya agar ikan dapat tumbuh dengan cepat dan dapat segera dipanen. Namun, sobat juga tidak boleh buru-buru memanennya, karena bisa saja ikan tidak dapat bertahan hidup dalam waktu yang lama.

 

Sobat dapat mulai memanen ikan platy saat ukurannya mencapai 2,5 cm, namun kami sarankan untuk memanennya saat sudah berukuran 3 cm.

 

Sobat dapat membaca cara budidaya ikan lainnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.