Gambar Ikan Mujair

Umpan Ikan Mujair

Umpan Ikan Mujair – banyak pemancing yang mengincar ikan mujair. Selain karena rasanya yang lezat, pemancing sangat menyukai tarikan ikam yang satu ini. Umpan ikan mujair tidak jauh berbeda dari ikan nila dan gurame, karena ikan ini hidup berdampingan baik di alam liar maupun di kolam.

 

Ikan mujair yang hidup di alam liar lebih agresif dan memiliki tenaga yang lebih kuat. Ikan  mujair biasanya mencari makan pada pagi, sore, dan malam hari. Jika sobat ingin memancingnya, pastikan datang di waktu yang tepat ya.

 

Nah bagi sobat yang penasaran dengan umpan ikan mujair, kami akan mengulasnya di bawah ini.

 

Aneka Umpan Ikan Mujair

 

Cacing

 

Sejak dahulu cacing merupakan hewan yang biasa dijadikan umpan untuk memancing ikan, termasuk ikan mujair. Cacing memiliki bau amis khas yang dapat menarik perhatian ikan mujair. Terdapat banyak jenis cacing yang dapat sobat gunakan, seperti cacing merah, cacing kristal, cacing susu, cacing kalung, dan lain sebagainya.

 

Lumut

 

Tidak semua lumut dapat dijadikan umpan, lumut yang digunakan untuk memancing biasanya memiliki warna hijau gelap. Warna hijau gelap ini menandakan bahwa lumut masih segar.

 

Sobat dapat menjaga kesegaran lumut dengan cara meletakan ya pada wadah berisi air dan menjauhkannya dari sinar matahari langsung. Sobat juga dapat meningkatkan aroma lumut menggunakan vanili serta menambahkan sedikit garam agar lumut mudah dibentuk.

 

Ulat Beras

 

Sobat dapat menemukan ulat beras pada beras yang lama. Biasanya terdapat pada beras yang sudah menggumpal. Ulat yang berada dalam gumpalan itulah yang dijadikan sebagai umpan.

Baca Juga :  Umpan Ikan Patin

 

Udang Air Tawar

 

Udang juga memiliki aroma khas yang menjadi daya tarik bagi ikan mujair. Sobat dapat memperkuat aroma udang dengan merendam udang di dalam air yang sudah dicampur essen udang atau pelet udang. Sobat juga dapat mengupas kepala dan kulitnya jika ingin aroma amis yang lebih kuat.

 

Laron

 

Laron biasanya banyak bermunculan pasan musim hujan. Cara menggunakannya juga cukup mudah, hanya perlu mengaitkannya pada mata kail tanpa harus mengolahnya terlebih dahulu.

 

Racikan Umpan Ikan Mujair

 

Selain umpan alami di atas, kami menyediakan racikan umpan yang dapat sobat coba di rumah.

 

Bahan:

 

  • ½ kg pelet ikan
  • 1 sendok makan garam
  • 2 sendok makan gula
  • 1 butir telur ayam
  • Kroto
  • Vanili
  • Air secukupnya

 

Cara membuat:

 

  1. Siapkan wadah untuk mencampur bahan dan mengaduk adonan
  2. Masukkan semua bahan ke dalam wadah dan aduk hingga merata
  3. Setelah pulen,tambahkan vanili
  4. Ratakan adonan lagi
  5. Umpan siap digunakan

 

Sobat sekalian dapat melihat daftar umpan ikan lainnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.