RUU Sisdiknas

Download Naskah RUU Sisdiknas

Berikut Link Download Naskah RUU Sisdiknas  – Perlu sobat ketahui, saat ini pemerintah sudah mengeluarkan Rancangan Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional ( RUU Sisdiknas ). Dengan RUU Sisdiknas namun masyarakat boleh memberikan masukan terkait RUU Sisdikans tersebut. Nah, Buat Dosen, Guru, Pegiat Pendidikan, Aktifis pendidikan, Mahasiswa, Pemangku kepentingan lain yang peduli terhadap pendidikan dan masyarakat secara umum bisa mempelajari terlebih dahulu Naskah RUU Sisdiknas yang sudah di terbitkan oleh pemerintah. Dibawah ini akan kami share link RUU Sisdikanas yang dimaksud.

Penjelasan Tentang Pendidikan

Pendidikan merupakan hak asasi manusia yang memberdayakan dan memerdekakan manusia untuk membangun kehidupan mandiri secara individu, dan dalam lingkup keluarga, masyarakat, dan kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu, setiap Warga Negara harus terjamin haknya untuk memperoleh Pendidikan yang
berkualitas tanpa diskriminasi.

Secara konstitusional, pandangan filosofis yang menjadi dasar Pendidikan Nasional adalah nilai-nilai Pancasila yang dirumuskan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, yaitu:

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa. Tanpa Pendidikan, manusia tidak mampu memahami hakikat kemanusiaannya sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Pendidikan mengembalikan manusia kepada jati dirinya sebagai makhluk yang bermartabat dan bernilai mulia di hadapan Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab. Pendidikan diperlukan agar manusia saling menghargai, menyayangi, tidak diskriminatif, dan bermoral, tidak bertindak atas hasil pertimbangan rasional dan naluri semata.
  3. Persatuan Indonesia. Pendidikan membangun persatuan dengan mengajarkan manusia untuk menghargai perbedaan dan keberagaman dari berbagai suku bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan. Melalui Pendidikan, manusia belajar bermusyarawah serta mendalami nilai-nilai yang mendasari sistem pemerintahan negara melalui permusyawaratan/perwakilan.
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Pendidikan diselenggarakan dalam rangka mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Artinya, pendidikan diselenggarakan secara merata dan bertujuan untuk menghilangkan kesenjangan ekonomi, sosial, maupun budaya di seluruh wilayah Indonesia.
Baca Juga :  Perbedaan Ketakutan Biasa Dengan Fobia

Latar Belakang Pembentukan RUU Sisdiknas

Seperti yang di share oleh laman resmi kemdikbut terkait RUU Sisdiknas dijelaskan dalam infografis bahwa  :

Latar Belakang RUU Sisdiknas

Dasar, Fungsi, dan Tujuan Pendidikan Nasional

Untuk penjelasan Fungsi dan tujuan pendidikan nasional juga dijelaskan dalam infografis yang bisa sobat pelajari sebagai berikut :

Dasar, Fungsi dan Tujuan pendidikan nasional
Dasar, Fungsi dan Tujuan pendidikan nasional

Prinsip-Prinsip Penyelenggaraan Pendidikan Nasional

Untuk penjelasan Prinsip-Prinsip Penyelenggaraan Pendidikan Nasional juga dijelaskan dalam infografis yang bisa sobat pelajari sebagai berikut :

Prinsip-Prinsip Penyelenggaraan Pendidikan Nasional

Download Naskah RUU Sisdiknas

Nah untuk lebih jelas tentang RUU sisdiknas sobat semua bisa pelajari langsung. Dan berikut Link Download Naskah RUU Sisdiknas.

DOWNLOAD DISINI

Penutup

Itulah penjelasan terkait Rancangan Undang – Undang Sistem Pendidikan Nasional dan Download Naskah RUU Sisdiknas.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.