Gambar Ikan Bawal

Pakan Ikan Bawal

Pakan Ikan Bawal – agar budidaya ikan bawal mendatangkan banyak keuntungan, tentunya ikan harus cepat tumbuh besar. Maka dari itu, diperlukan pakan ikan yang terbaik, agar ikan dapat tumbuh dengan cepat.

 

Nah, bagi sobat yang ingin mengetahui tentang pakan ikan bawal, kami akan mengulasnya di bawah ini.

 

Rekomendasi Pakan Ikan Bawal Terbaik

 

Pelet

 

Banyak petani ikan menggunakan pelet sebagai pakan utama. Pakan ini dianggap paling praktis dan mudah didapatkan. Saat hendak memberi makan, pelet disebar merata di seluruh permukaan kolam. Sobat dapat memilih pelet jenis FF999, 781-SP, 781-2, dan 781.

 

Agar penggunaannya sesuai dengan kebutuhan, sobat dapat mengecek bobot dan besar ikan setiap 2 minggu sekali. Ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pertumbuhan ikan, dan agar sobat dapat menentukan berapa banyak jumlah pakannya.

 

Sayuran

 

Selain pelet, ikan bawal juga menyukai sayuran seperti kangkung, bayam, sawi, kol, dan sayur lain yang bertekstur lembut. Sobat dapat mencincang sayuran terlebih dahulu sebelum diberikan agar mudah dikonsumsi.

 

Ampas Kelapa

 

Ampas sisa pembuatan santan ini juga dapat dijadikan sebagai pakan ikan bawal. Selain harganya yang murah, ampas kelapa memiliki nutrisi dan protein yang tinggi dan dapat membantu pertumbuhan ikan bawal. Sobat juga dapat mencampur ya dengan pelet atau melakukan fermentasi terlebih dahulu.

 

Cara fermentasinya adalah dengan mencampurkan ampas kelapa dengan pelet, lalu keringkan di tempat terbuka selama 4-5 hari. Setelah itu, haluskan dan campurkan dengan tepung kanji dan air secukupnya.

Baca Juga :  Harga Ikan Betutu

 

Azolla

 

Azolla atau tanaman paku air merupakan pakan organik yang dapat sobat pilih sebagai pakan alternatif. Tanaman ini mengandung protein yang tinggi dan dapat membantu pertumbuhan ikan bawal. Sobat juga dapat menekan biaya pakan sebesar 20%.

 

Dalam azolla terdapat protein sebesar 31,25%, lemak sekitar 7,5%, dan karbohidrat 6,5%. Azolla juga mengandung gula terlarut sebanyak 35% dan serat kasar 13%.

 

Maggot

 

Maggot lalat merupakan larva dari lalat hitam. Banyak yang membicarakan penggunaan maggot sebagai pakan ikan karena dapat menghemat biaya pakan. Maggot kaya akan nutrisi dan memiliki banyak kelebihan.

 

Kandungan yang terdapat dalam maggot adalah 55% protein, 45% lemak, vitamin, omega-3, mineral, dan asam amino essential seperti histidin, asam gluatamat, asam aspartat, cystine, dan methionin.

 

Limbah Makanan dan Roti

 

Siapa sangka, limbah makanan dan roti yang biasanya dibuang begitu saja ternyata dapat dijadikan sebagai pakan alternatif yang disukai ikan bawal. Untuk pemberian pakan ini, kami sarankan untuk memelihara ikan di kolam dengan air mengalir agar minyak pada sisa makanan tidak menggenang di kolam.

 

Suplemen

 

Sangat baik untuk memberikan suplemen pada saat pembenihan atau pembesaran, dengan tujuan untuk meningkatkan selera makan ikan. Untuk dosisnya, sobat dapat mencampurkan 1 sdm gula pasir, 1 sdm madu, atau 1 sdm susu kental manis dengan 1 kg pelet. Sobat dapat memberikan suplemen ini secara selang seling atau 2 kali sehari. Jika sobat ingin ikan lebih cepat besar, sobat dapat memberikannya setiap hari.

 

Sobat dapat melihat daftar makanan ikan lainnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.