nama hari dalam bahasa inggris

Apakah Anda pernah bertanya-tanya tentang apa yang membuat nama hari dalam bahasa Inggris terdengar begitu unik? Ternyata, sejarah dan pengaruh linguistik yang rumit menyebabkan nama-nama ini memiliki asal-usul yang menarik.

Asal Usul Nama Hari dalam Bahasa Inggris

Sebagian besar nama hari dalam bahasa Inggris berasal dari mitologi Romawi dan Norse, meskipun beberapa berasal dari bahasa Inggris Kuno. Nama hari dalam bahasa Inggris modern juga memiliki pengaruh dari bahasa Perancis dan Latin.

Hari Senin

Hari Senin dalam bahasa Inggris berasal dari kata Latin “Luna”, yang berarti bulan. Sebelumnya, hari ini disebut sebagai “Monandæg” dalam bahasa Inggris Kuno, yang berarti “Hari Bulan”.

Seiring waktu, nama ini berubah menjadi “Monenday” dan kemudian menjadi “Monday” seperti yang kita kenal hari ini.

Hari Selasa

Hari Selasa dalam bahasa Inggris berasal dari dewa perang Norse, Tiw. Di Romawi, hari ini disebut sebagai “Dies Martis”, atau “Hari Mars”, yang mengacu pada dewa perang Romawi.

Nama “Tuesday” berasal dari bahasa Inggris Kuno “Tiwesdæg”, yang berarti “Hari Tiw”.

Hari Rabu

Hari Rabu dalam bahasa Inggris berasal dari dewa utama Jermanik, Woden. Di Romawi, hari ini disebut sebagai “Dies Mercurii”, atau “Hari Merkurius”, yang mengacu pada dewa perdagangan dan keuangan Romawi.

Nama “Wednesday” berasal dari bahasa Inggris Kuno “Wodnesdæg”, yang berarti “Hari Woden”.

Hari Kamis

Hari Kamis dalam bahasa Inggris berasal dari dewa Norse, Thor. Di Romawi, hari ini disebut sebagai “Dies Iovis”, atau “Hari Jupiter”, yang mengacu pada dewa langit dan petir Romawi.

Nama “Thursday” berasal dari bahasa Inggris Kuno “Þunresdæg”, yang berarti “Hari Thor”.

Hari Jumat

Hari Jumat dalam bahasa Inggris berasal dari dewi Norse, Frigg. Di Romawi, hari ini disebut sebagai “Dies Veneris”, atau “Hari Venus”, yang mengacu pada dewi cinta dan kecantikan Romawi.

Baca Juga :  pasal pencemaran nama baik

Nama “Friday” berasal dari bahasa Inggris Kuno “Frīgedæg”, yang berarti “Hari Frigg”.

Hari Sabtu

Hari Sabtu dalam bahasa Inggris berasal dari kata Latin “Sabbatum”, yang berarti “hari Sabat”. Di Inggris, hari ini sebelumnya disebut sebagai “Sæturnesdæg”, yang berarti “Hari Saturnus”.

Di beberapa bahasa lain, hari Sabtu juga disebut sebagai “hari Sabat”, seperti dalam bahasa Ibrani dan Arab.

Hari Minggu

Hari Minggu dalam bahasa Inggris berasal dari kata Latin “Dies Solis”, atau “Hari Matahari”. Nama ini kemudian berubah menjadi “Sunday” seperti yang kita kenal hari ini.

Di beberapa bahasa lain, hari Minggu juga disebut sebagai “Hari Tuhan”.

Pengaruh Bahasa Perancis dan Latin

Selama pemerintahan Norman di Inggris pada abad ke-11, bahasa Perancis menjadi bahasa resmi di antara elit. Akibatnya, banyak kata-kata Perancis dan Latin yang masuk ke dalam bahasa Inggris, termasuk nama-nama hari.

Beberapa contoh nama hari dalam bahasa Inggris modern yang berasal dari bahasa Perancis dan Latin adalah “Monday” (dari “Lundi”), “Tuesday” (dari “Mardi”), “Wednesday” (dari “Mercredi”), dan “Thursday” (dari “Jeudi”).

Tabel Nama Hari dalam Bahasa Inggris

Nama Hari Asal Kata
Senin Dari kata Latin “Luna”
Selasa Dari dewa Norse “Tiw”
Rabu Dari dewa utama Jermanik “Woden”
Kamis Dari dewa Norse “Thor”
Jumat Dari dewi Norse “Frigg”
Sabtu Dari kata Latin “Sabbatum” atau “Hari Saturnus”
Minggu Dari kata Latin “Dies Solis” atau “Hari Matahari”

Frequently Asked Questions

Tinggalkan komentar