biaya balik nama motor

Apakah Anda baru-baru ini membeli motor bekas dan ingin mengganti nama di surat tanda kepemilikan kendaraan (STNK)? Atau mungkin Anda ingin menjual motor Anda dan membutuhkan balik nama terlebih dahulu? Apapun alasannya, proses balik nama motor dapat membingungkan bagi sebagian orang.

Artikel ini akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang biaya balik nama motor, termasuk prosedur, dokumen yang dibutuhkan, dan biaya yang terkait.

Prosedur Balik Nama Motor

Prosedur balik nama motor tergantung pada kota dan provinsi di mana Anda tinggal. Secara umum, prosesnya melibatkan beberapa tahap:

1. Persiapan Dokumen

Persiapkan dokumen-dokumen berikut:

  • STNK asli
  • Surat Tanda Pendaftaran Kendaraan Bermotor (STNK) asli
  • Faktur penjualan atau surat bukti kepemilikan kendaraan bermotor (BPKB) asli
  • KTP asli pemilik kendaraan dan calon pemilik kendaraan
  • Surat kuasa bila diperlukan

2. Verifikasi Dokumen

Pastikan dokumen Anda lengkap dan valid. Anda dapat meminta bantuan petugas Samsat (Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap) untuk memeriksa dokumen Anda.

3. Pembayaran Biaya Balik Nama Motor

Anda harus membayar biaya balik nama motor sebelum prosesnya dimulai. Biaya ini berbeda-beda tergantung pada kota dan provinsi di mana Anda tinggal.

4. Proses Balik Nama Motor

Setelah Anda membayar biaya balik nama motor, prosesnya dapat dimulai. Petugas Samsat akan memeriksa dokumen Anda dan mengajukan permohonan balik nama ke Kepolisian.

Setelah permohonan disetujui, Anda akan menerima STNK dan BPKB dengan nama baru dalam waktu beberapa hari.

Biaya Balik Nama Motor

Biaya balik nama motor bervariasi tergantung pada kota dan provinsi di mana Anda tinggal. Secara umum, biaya ini mencakup biaya administrasi dan biaya materai.

Anda dapat menghubungi petugas Samsat di kota atau provinsi Anda untuk mengetahui biaya balik nama motor yang berlaku.

Baca Juga :  google siapa nama saya

Dokumen yang Diperlukan untuk Balik Nama Motor

Sebelum memulai proses balik nama motor, pastikan Anda memiliki semua dokumen yang diperlukan. Dokumen-dokumen tersebut meliputi:

  • STNK asli
  • Surat Tanda Pendaftaran Kendaraan Bermotor (STNK) asli
  • Faktur penjualan atau surat bukti kepemilikan kendaraan bermotor (BPKB) asli
  • KTP asli pemilik kendaraan dan calon pemilik kendaraan
  • Surat kuasa bila diperlukan

FAQ

1. Berapa biaya balik nama motor?

Biaya balik nama motor berbeda-beda tergantung pada kota dan provinsi di mana Anda tinggal. Anda dapat menghubungi petugas Samsat di kota atau provinsi Anda untuk mengetahui biaya balik nama motor yang berlaku.

2. Apa saja dokumen yang dibutuhkan untuk balik nama motor?

Dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk balik nama motor meliputi STNK asli, Surat Tanda Pendaftaran Kendaraan Bermotor (STNK) asli, faktur penjualan atau surat bukti kepemilikan kendaraan bermotor (BPKB) asli, KTP asli pemilik kendaraan dan calon pemilik kendaraan, serta surat kuasa bila diperlukan.

3. Bagaimana prosedur balik nama motor?

Prosedur balik nama motor tergantung pada kota dan provinsi di mana Anda tinggal. Secara umum, prosesnya melibatkan persiapan dokumen, verifikasi dokumen, pembayaran biaya balik nama motor, dan proses balik nama motor.

4. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk balik nama motor?

Waktu yang dibutuhkan untuk balik nama motor bervariasi tergantung pada kota dan provinsi di mana Anda tinggal. Secara umum, prosesnya memakan waktu beberapa hari.

Kota/Provinsi Biaya Balik Nama Motor
Jakarta Rp 250.000,-
Surabaya Rp 200.000,-
Bandung Rp 150.000,-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *