nama bayi laki-laki islam dalam al quran dan artinya

Islam sebagai agama besar di dunia memberikan banyak sekali inspirasi dalam berbagai aspek, termasuk dalam pemilihan nama bayi. Di dalam Al Quran terdapat banyak sekali nama bayi laki-laki Islam yang memiliki makna dan arti yang indah. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Adam

Makna dan Arti:

Nama Adam berasal dari bahasa Ibrani yaitu “Adamah” yang berarti “bumi” atau “tanah”. Nama ini dipopulerkan oleh sosok Nabi Adam as yang menjadi bapak dari manusia pertama di dunia menurut kepercayaan Islam.

Adam juga memiliki makna dan arti lain yaitu “manusia” atau “yang terbuat dari tanah”. Nama Adam cukup populer di kalangan umat Islam dan sering dijadikan nama bayi laki-laki.

2. Yusuf

Makna dan Arti:

Nama Yusuf berasal dari bahasa Arab yaitu “Yasuf” yang berarti “menambah” atau “bertambah”. Nama ini dipopulerkan oleh sosok Nabi Yusuf as yang dikenal dengan kisahnya yang indah dan inspiratif di dalam Al Quran.

Yusuf juga memiliki makna dan arti lain yaitu “cantik” atau “tampan”. Nama Yusuf cukup populer di kalangan umat Islam dan sering dijadikan nama bayi laki-laki.

3. Isa

Makna dan Arti:

Nama Isa berasal dari bahasa Arab yaitu “Isa” yang berarti “Allah menyelamatkan”. Nama ini dipopulerkan oleh sosok Nabi Isa as yang dikenal dengan kisahnya yang indah dan inspiratif di dalam Al Quran.

Isa juga memiliki makna dan arti lain yaitu “penyelamat” atau “pembebas”. Nama Isa cukup populer di kalangan umat Islam dan sering dijadikan nama bayi laki-laki.

4. Idris

Makna dan Arti:

Nama Idris berasal dari bahasa Arab yaitu “Idris” yang berarti “membuat sesuatu yang baru” atau “menuntut ilmu pengetahuan”. Nama ini dipopulerkan oleh sosok Nabi Idris as yang dikenal sebagai orang yang sangat cerdas dan pandai.

Baca Juga :  pemain depan dalam permainan sepak bola sering dinamakan

Idris juga memiliki makna dan arti lain yaitu “pintar” atau “jenius”. Nama Idris cukup populer di kalangan umat Islam dan sering dijadikan nama bayi laki-laki.

5. Ismail

Makna dan Arti:

Nama Ismail berasal dari bahasa Arab yaitu “Ismail” yang berarti “Allah mendengar”. Nama ini dipopulerkan oleh sosok Nabi Ismail as yang dikenal sebagai putra Nabi Ibrahim as.

Ismail juga memiliki makna dan arti lain yaitu “yang didengar Allah” atau “anak laki-laki yang disayangi”. Nama Ismail cukup populer di kalangan umat Islam dan sering dijadikan nama bayi laki-laki.

Berikut ini adalah tabel beberapa nama bayi laki-laki Islam dalam Al Quran beserta makna dan artinya:

Nama Bayi Laki-Laki Makna dan Arti
Adam Bumi/Tanah atau Manusia yang Terbuat dari Tanah
Yusuf Menambah/Bertambah atau Cantik/Tampan
Isa Allah Menyelamatkan atau Penyelamat/Pembebas
Idris Membuat Sesuatu yang Baru/Menuntut Ilmu Pengetahuan atau Pintar/Jenius
Ismail Allah Mendengar atau Yang Didengar Allah/Anak Laki-Laki yang Disayangi

FAQ

1. Apa saja nama bayi laki-laki Islam dalam Al Quran?

Beberapa nama bayi laki-laki Islam dalam Al Quran antara lain Adam, Yusuf, Isa, Idris, dan Ismail.

2. Apa arti dari nama Adam dalam Islam?

Arti dari nama Adam dalam Islam adalah “bumi” atau “tanah” atau “manusia” atau “yang terbuat dari tanah”.

3. Apa arti dari nama Yusuf dalam Islam?

Arti dari nama Yusuf dalam Islam adalah “menambah” atau “bertambah” atau “cantik” atau “tampan”.

4. Apa arti dari nama Isa dalam Islam?

Arti dari nama Isa dalam Islam adalah “Allah menyelamatkan” atau “penyelamat” atau “pembebas”.

5. Apa arti dari nama Idris dalam Islam?

Arti dari nama Idris dalam Islam adalah “membuat sesuatu yang baru” atau “menuntut ilmu pengetahuan” atau “pintar” atau “jenius”.

Baca Juga :  Nama Bayi Laki Laki Islami Keren

Tinggalkan komentar