karakteristik makhluk hidup
karakteristik makhluk hidup

Mengenal Karakteristik Makhluk Hidup

Berikut.id – Mengenal Karakteristik Makhluk Hidup. Teman, cobalah kalian membawa hewan kecil, batu, tanah, dan tumbuhan ke ruangan kelas. Apa yang terjadi ketika benda-benda tersebut disentuh?

Pada saat kalian memberikan sentuhan terhadap hewan kecil, batu, tanah, dan tumbuhan kecil akan menghasilkan tanggapan yang berbeda. Hewan kecil mungkin akan memberi tanggapan dengan bergerak atau berpindah tempat. Adapun batu dan tanah tidak memberikan tanggapan. Beberapa tumbuhan mungkin terlihat memberikan tanggapan, namun jenis lainnya tidak terlihat dengan jelas.

Bagaimana kalian membedakan antara makhluk hidup dengan benda mati? Makhluk hidup tentu saja akan menunjukkan karakteristik hidup, salah satunya menanggapi rangsang dan bergerak. Tanah dan batu termasuk ke dalam benda mati. Namun di permukaan batu atau di dalam tanah mungkin saja terdapat makhluk hidup yang kasat mata.

Pada saat kalian duduk di SD, kalian juga sudah mempelajari tentang pengelompokan makhluk hidup dan benda mati. Kalian dapat menentukan sesuatu termasuk makhluk hidup atau benda mati berdasarkan ciri-ciri atau karakteristiknya.

Karakteristik makhluk hidup ada yang dapat dengan mudah diamati oleh kita dan ada yang memerlukan pengamatan secara mendetail.

Beberapa karakteristik umum dari makhluk hidup adalah:

1. memiliki kemampuan untuk bergerak;

2. tumbuh dan berkembang;

3. memiliki kemampuan untuk bereproduksi;

4. menanggapi rangsangan dari lingkungannya;

5. mengambil dan menggunakan energi;

6. memiliki kemampuan bernapas;

7. menghasilkan limbah (ekskresi); serta

8. tubuh tersusun dari satu atau banyak sel.

 

Karakteristik makhluk hidup pada hewan dapat dengan jelas diamati oleh manusia. Tumbuhan termasuk makhluk hidup juga, meskipun pergerakan dan pertumbuhan terjadi sangat lambat yang sering tidak kalian sadari. Beberapa benda tak hidup memiliki beberapa karakteristik kehidupan tetapi tidak akan memiliki semuanya. Sesuatu diklasifikasikan sebagai makhluk hidup harus memiliki semua karakteristik kehidupan. Sesuatu yang memiliki kehidupan disebut organisme.

Baca Juga :  Jawaban Ayo Berdiskusi Matematika Halaman 224 Kelas 10

Ukuran organisme beraneka ragam. Contohnya, gajah dan paus memiliki ukuran yang sangat besar dibandingkan ukuran manusia seperti pada gambar dibawah. Lain halnya dengan bakteri dan Amoeba yang memiliki ukuran mikroskopis (hanya dapat dilihat dengan bantuan mikroskop).

 

karakteristik makhluk hidup

Nah teman, makhluk hidup di dunia ini memiliki ribuan jenis dan juga memiliki karakteristik masing-masing. Pada pembahasan selanjutnya kita akan membahas karakteristik makhluk hidup dengan lebih jelas.

Semoga bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *