Penjelasan Karakteristik Makhluk Hidup (Part 1)
Penjelasan Karakteristik Makhluk Hidup (Part 1)

Penjelasan Karakteristik Makhluk Hidup (Part 1)

Berikut.id – Penjelasan Karakteristik Makhluk Hidup (Part 1). Teman, seperti yang kita ketahui bahwa makhluk hidup memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan benda mati. Untuk lebih jelasnya kita akan membahas karakteristik makhluk hidup satu persatu.

 

Penjelasan Karakteristik Makhluk Hidup (Part 1)

1. Makhluk Hidup Memiliki Kemampuan untuk Bergerak

Kemampuan untuk bergerak merupakan karakteristik dasar dari kehidupan. Biasanya gerakan hewan dapat dengan mudah kalian amati. Berbeda halnya dengan tumbuhan yang bergerak secara lambat dan sulit untuk diamati secara langsung. Salah satu gerakan tumbuhan yang mudah diamati adalah gerakan menutupnya daun putri malu (Mimosa pudica) saat disentuh seperti pada gambar di bawah ini:

Tumbuhan juga bergerak setiap kali tumbuh atau menanggapi cahaya. Ciri-ciri kehidupan lainnya, seperti menanggapi rangsangan dan makan (mengumpulkan energi), akan mengandalkan gerakan.

Penjelasan Karakteristik Makhluk Hidup (Part 1)
 

 

2. Makhluk Hidup Dapat Tumbuh dan Berkembang

Sesuatu disebut makhluk hidup berarti mereka dapat tumbuh dan berkembang. Hal ini berarti menjadi lebih besar, lebih rumit atau keduanya. Beberapa makhluk hidup dapat tumbuh sangat lambat, namun beberapa makhluk hidup tumbuh lebih cepat.

Pada saat kalian menanam sebuah biji jagung di dalam tanah, maka beberapa hari kemudian akan terbentuk kecambah. Setiap hari tinggi dari kecambah akan bertambah sampai dengan terbentuk daun dan tumbuh menjadi tumbuhan yang lebih besar seperti pada gambar di bawah ini:

 

3. Makhluk Hidup Memiliki Kemampuan Reproduksi

Semua makhluk hidup dapat melakukan reproduksi. Hal ini menunjukkan bahwa mereka dapat menghasilkan keturunan yang mirip dengan induknya. Reproduksi dapat terjadi secara seksual dan aseksual. Reproduksi seksual melibatkan pertemuan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina. Adapun reproduksi aseksual tidak melibatkan pertemuan sel kelamin jantan dan betina, namun hanya memerlukan satu induk saja.

Baca Juga :  Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 149

Perhatikan gambar di atas yang menunjukkan reproduksi seksual pada ayam dengan cara bertelur. Makhluk hidup yang memiliki kemampuan reproduksi rendah cenderung sulit ditemukan di alam liar dan umumnya tergolong ke dalam makhluk hidup terancam punah.

Nah teman, itulah beberapa karakteristik yang dapat kita bahas pada kesempatan kali ini yaitu: makhluk hidup memiliki kemampuan untuk bergerak, makhluk hidup dapat tumbuh dan berkambang, dan makhluk hidup memiliki kemampuan reproduksi. Ada beberapa karakteristik makhluk hidup lainnya yang akan kta bahas selanjutnya.

Semoga bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *