Mengenal Bagian-Bagian PC atau Personal Komputer

Berikut.id – Pada sebuah komputer atau yang biasa kita sebut sebagai PC, terdiri dari beberapa bagian komputer yang merupakan perangkat keras komputer, baik itu yang berfungsi sebagai perangkat input, pemroses data, perangkat output, maupun perangkat penyimpanan data.

Hardware atau perangkat keras adalah perangkat komputer yang bisa kita lihat wujud fisiknya. Hardware komputer tersusun dari komponen komponen elektronika dan mekanis yang dirakit membentuk modul-modul yang diberi nama sesuai dengan fungsinya.

Dell OPTIPLEX 790 Desktop i3/i5 DUAL/QUAD CORE 4/8GB RAM 250GB HD USB 3.0 WIN 10 | Factory OEM Parts

 

Bagian-Bagian Komputer

Untuk mengetahui apa saja yang terdapat didalam casing ini, bisa kita lakukan secara manual yaitu dengan membukanya atau dengan menggunakan software hardware audit seperti misalnya Speecy.

Berikut ini adalah perangkat yang terdapat dalam komputer  :

1. Motherboard

Motherboard adalah perangkat yang paling utama karena berisi sistem BIOS (Basic input output system) , pengatur koneksi input-output(chipset), soket prosessor, soket memory (RAM), soket kartu grafis (VGA card) dan soket kartu tambahan (additional cards seperti PCI, ISA). BIOS adalah bagian utama yang mengatur sistem input output pada komputer. Bagian yang termasuk input seperti : Keyboard dan mouse. Bagian yang termasuk output seperti Monitor dan printer.5 Merk Motherboard Terbaik yang Bagus Untuk Gaming

Motherboard juga berfungsi sebagai media penghubung untuk setiap komponen komputer agar dapat saling berkomunikasi dengan komponen komputer lainnya.

Yang harus diperhatikan adalah bahwa kita tidak dapat sembarangan memasang setiap komponen pada motherboard. Sebab apabila tidak didukung, komponen tersebut tidak akan terbaca dalam perangkat komputer.

Baca Juga :  Download Plants vs Zombies untuk PC Windows

2. Processor dan Kipas Pendingin

Processor merupakan salah satu komponen inti yang terdapat dalam komputer. Fungsi processor  untuk mengolah data yang masuk pada sistem, sehingga banyak yang menyebutkan bahwa processor adalah otak dari komputer.

Semakin tinggi kecepatan suatu processor, maka semakin cepat pula Komputer/PC tersebut dalam memproses berbagai macam data.

Bagian Komputer Processor

Saat ini untuk jenis Processor dipasaran masih didominasi oleh Processor keluaran Intel dan AMD. Intel mengeluarkan beberapa seri processor diantaranya Core i-series yang sangat populer, sedangkan AMD mengeluarkan Processor AMD A-series, Athlon, dan AMD Ryzen series.

Sebuah Processor dilengkapi dengan sistem pendingin yang biasanya terdiri dari logam pembuang panas (heatsink) dan kipas pendingin (fan processor) yang berfungsi untuk menjaga agar Processor tidak mengalami overheat yang bisa menyebabkan penurunan kinerja komputer dan kerusakan Processor itu sendiri.

5 CPU Cooler Terbaik Dibawah 500 Ribu | Murdockcruz.com

 

3. RAM

RAM adalah unit penyimpan data tidak permanen artinya data dalam RAM akan hilang jika listrik mati. Ukuran data RAM dinyatakan dengan Byte (B) dan kecepatan akses RAM dinyatakan dengan Hertz (Hz). Jadi dalam RAM tidak cuma data saja, namun ada parameter lain yaitu kecepatan RAM. Kecepatan RAM harus sesuai dengan spesifikasi soket RAM pada motherboard. Contoh: RAM 4 GB PC2660 mempunyai ukuran data 512MB dengan kecepatan akses 2660 MHz.

How to Diagnose, Check, and Test for Bad Memory

Memory RAM dapat diganti dengan ukuran kapasitas yang lebih besar ataupun kecil. Pada saat akan menambah atau mengupgrade RAM maka kita harus memperhatikan jenis RAM, frequensi namun hal ini juga harus menurut maksimal RAM yang didukung oleh motherboard.

4. Hard Disk

Dalam sebuah PC terdapat media penyimpanan data atau storage device tempat kita menyimpan semua data termasuk sistem operasi dan beragam software aplikasi dari perangkat komputer itu sendiri.

Baca Juga :  Twibbon Menyambut Tahun Pelajaran 2022/2023

Storage device yang masih banyak digunakan saat ini adalah Hard Disk.

Hard Disk Komputer 320gb Hdd,Kualitas Terbaik Sata3.0 Perangkat Keras Untuk Komputer - Buy Hard Disk Untuk Komputer,Perangkat Keras Komputer Hard Disk,Hard Disk Sata Product on Alibaba.com

Selain hard disk, perangkat komputer saat ini sudah banyak menggunakan SSD yang meskipun kapasitasnya cenderung lebih kecil dari hard disk biasa tetapi mempunyai kecepatan transfer data yang lebih cepat.

5. Floppy Disk

Floppy disk adalah media pembaca untuk disket. Saat ini mungkin disket sudah tidak populer. Namun diakui atau tidak disket turut memajukan dunia komputer selama beberapa dekade. Floppy Drive Disket adalah media penyimpan data portabel yang bisa dibawa-bawa.

Mengenal Floppy Disk Drive atau FDD - SMK BUDI LUHUR

Disket terbuat dari sebuah cakram dari plastik magnetik. Ukuran disket sudah distandarkan, contoh : 1.2M, 1.44M
Dalam struktur drive pada microsoft windows, disket selalu menempati drive terhormat yaitu drive A.

6. CD/DVD ROM Drive

CD/DVD ROM drive atau juga yang bisa disebut dengan optical disk drive ini adalah piranti yang dapat digunakan untuk menulis dan membaca kaset atau kepingan CD/DVD.

CD DVD ROM Drive

DVD ROM drive juga dapat digunakan untuk mem-burning atau meng-copy CD dengan menggunakan berbagai software seperti Nero, Infra Recorder, dan sebagainya.

7. VGA atau Kartu Grafis

VGA adalah singkatan dari Video Graphics Array. Grafis Card berfungsi mengeluarkan output grafis (gambar) untuk ditampilkan pada monitor. Ukuran VGA Card ditentukan dari ukuran RAM nya, semakin besar RAM sebuah VGA Card maka semakin halus gambar yang dihasilkan.

Pengertian VGA Card dan Fungsi VGA Card Secara Lengkap

 

8. Kipas Sirkulasi Udara/ Exhaust Fan

Berfungsi sebagai kipas tambahan yang membantu membuang udara panas dari dalam CPU komputer. Saat memasang kipas ini kita harus memperhatikan agar angin yang dihembuskan diarahkan keluar.

Kipas Sirkulasi Udara Komputer

Untuk lebih optimal biasanya dipasang di depan dan belakang casing komputer sehingga akan menjaga sirkulasi udara di dalam komputer berjalan lancar.

Baca Juga :  Aplikasi Untuk Membaca PDF

9. Power Supply

Komponen yang akan kita bahas adalah Power Supply, yang berfungsi untuk memberikan supply daya (sumber arus listrik) pada setiap komponen-komponen PC.

Power Supply akan merubah tegangan AC menjadi DC dengan beragam voltase yang berbeda-beda tergantung kebutuhannya untuk dialirkan ke setiap komponen atau hardware yang terdapat pada PC itu tersebut.

PSU Terbaik Dari Sumber Terpercaya | Sodagar Komputer

 

Demikianlah ulasan mengenai beragam hardware yang terdapat pada komputer, semoga bisa menambah pengetahuan kita tentang perangkat komputer beserta masing-masing fungsinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.