Mencari Makna Kata di Ensiklopedia, Kamus, atau Tesaurus
Mencari Makna Kata di Ensiklopedia, Kamus, atau Tesaurus

Mencari Makna Kata di Ensiklopedia, Kamus, atau Tesaurus

Berikut.id – Mencari Makna Kata di Ensiklopedia, Kamus, atau Tesaurus. Teman, untuk mudah memahami suatu bacaan kalian perlu mengenali makna Sebagian besar kosakata pada bacaan tersebut. Artikel berita “Gerakan Pasukan Muda Pelindung Bumi” sebelumnya memiliki banyak kosakata teknis. Kalian dapat menemukan informasi tentang makna kata pada ensiklopedia, kamus, atau Tesaurus.

Pernahkah kalian menggunakannya?

 

Mencari Makna Kata di Ensiklopedia, Kamus, atau Tesaurus

1. Ensiklopedia

Ensiklopedia adalah buku (atau serangkaian buku) yang menghimpun keterangan atau uraian tentang berbagai hal dalam bidang seni dan ilmu pengetahuan, yang disusun menurut abjad atau menurut lingkungan ilmu.

 

2. Kamus

Kamus adalah buku acuan yang memuat kata dan ungkapan, biasanya disusun menurut abjad berikut keterangan tentang makna, pemakaian, atau terjemahannya. Kamus Besar Bahasa Indonesia daring pada laman Kamus Besar Bahasa Indonesia https://kbbi.kemdikbud.go.id/ merupakan sumber yang baik untuk menelusuri makna kosakata.

 

3. Tesaurus

Tesaurus adalah buku referensi berupa daftar kata dengan sinonimnya.

 

Mencari Makna Kata di Ensiklopedia, Kamus, atau Tesaurus

Sekarang catatlah kosakata yang menurut kalian sulit. Tulislah prediksi kalian tentang makna kata tersebut, lalu temukan artinya pada kamus, ensiklopedia, dan Tesaurus.

1. Konservasi

Contoh kalimat: Kegiatan KeSEMaT begitu beragam yang berfokus pada konservasi, penelitian, pendidikan, dan kampanye mangrove melalui berbagai kegiatan.

Arti dalam KBBI: kon.ser.va.si/ konservasi

a. pemeliharaan, perlindungan sesuatu secara teratur untuk mencegah kerusakan dan kemusnahan dengan jalan mengawetkan; pengawetan, pelestarian

b. proses menyaput bagian dalam mobil, kapal, dan sebagainya untuk mencegah karat

 

Baca Juga :  Jawaban Matematika kelas 7 Soal Ringkasan 1 halaman 57

2. Ekosistem

Contoh kalimat: “Ini sarana untuk menumbuhkan semangat konservasi terhadap ekosistem mangrove kepada generasi muda,” jelas Trialaksita Sari Priska, Menteri Sekretaris KeSEMaT

Arti dalam KBBI: Ekosistem

Keanekaragaman suatu komunitas dan lingkungannya yang berfungsi sebagai suatu satuan ekologi dalam alam komunitas organik yang terdiri atas tumbuhan dan hewan, bersama habitatnya

 

3. Resah

Contoh kalimat: Mereka tidak ingin hanya meresahkan sesuatu

Arti dalam KBBI: Menyebabkan resah, Menjadikan resah

 

4. Volunter

Contoh kalimat: Atmosphere ingin mengabdikan diri untuk bumi bersama masyarakat melalui berbagai program reduce, reuse, recycle, environment production, konservasi dan pemberdayaan masyarakat melalui para volunternya yang tersebar di berbagai daerah seperti Surabaya, Jepara, dan Bali.

Arti dalam KBBI: Sukarelawan

 

Nah teman, itulah beberapa kata yang mungkin asing ditelinga kalian dan maknanya yang dapat kalian temukan di Ensiklopedia, Kamus, atau Tesaurus.

Semoga bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.