Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas DSI-K8-01 Pengkajian Kritis Berita dari Media Sosial Halaman 251 252 Kurikulum Merdeka

Berikut.id – Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas DSI-K8-01 Pengkajian Kritis Berita dari Media Sosial Halaman 251 252 Kurikulum Merdeka. Halo Adik-Adik! Kali ini Berikut.id akan membahas Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas DSI-K8-01 Pengkajian Kritis Berita dari Media Sosial Halaman 251 252 Kurikulum Merdeka.

 

Aktivitas DSI-K8-01: Pengkajian Kritis Berita dari Media Sosial

 

Kasus 1

 

Sebuah tulisan yang diunggah sebuah akun di media sosial yang merujuk pada twit pengguna twitter, tampak seperti berikut.

Gambar Aktivitas DSI-K8-01 (1)

Simpulkan apakah postingan tersebut salah atau tidak. Jelaskan pemikiran Adik-Adik sehingga sampai pada kesimpulan tersebut.

 

Kasus 2

 

Sebuah poster yang beredar di grup Whatsapp pada akhir tahun 2020. Simpulkan apakah poster ini benar atau hanya poster bohong? Jelaskan alasan Adik-Adik saat menyimpulkan.

Gambar Aktivitas DSI-K8-01 (2)

 

Kasus 3

 

Setelah Gunung Sinabung meletus kembali pada hari Jum’at 22 Juni 2018, beredar sebuah video yang menyebutkan lokasi dan kejadian di dalam video adalah peristiwa meletusnya Gunung Sinabung.

 

Lakukan analisis apakah berita yang mengaitkan gambar/video ini adalah berita bohong atau tidak?

Gambar Aktivitas DSI-K8-01 (3)

 

Jawaban Aktivitas DSI-K8-01: Pengkajian Kritis Berita dari Media Sosial

 

Kasus 1

 

Tulisan unggahan seseorang di twitter tersebut adalah tulisan yang tidak benar, Adik-Adik dapat memastikannya dengan cara mencari informasi tersebut di internet. Adik-Adik dapat menggunakan Google, Bing, atau Yahoo search engine, dengan memasukkan kata kunci “Setiap vaksin yang dikirim dan disimpan pada suhu -80 derajat…”

 

Pencarian menghasilkan informasi pada situs-situs yang cukup terpercaya (media mainstream) seperti kompas.com, merdeka com, dan pikiran-rakyat.com yang menginformasikan bahwa berita tersebut adalah berita bohong (hoax). Cara untuk mengetahui suatu berita benar atau tidak adalah dengan melakukan beberapa cara yang sudah Adik-Adik pelajari sebelumnya, yakni:

  1. Menggunakan pemikiran kritis, dengan tidka mudah percaya.
  2. Memeriksa sumber informasi.
  3. Melakukan cek dan ricek dari lembaga resmi pemerintah atau liputan lain.
  4. Jika informasi berupa gambar, Adik-Adik dapat melakukan pengecekan validitas gambar. Gambar hasil edit dapat terdeteksi secara manual (jika keanehannya terlalu mencolok), atau menggunakan aplikasi.
  5. Menggunakan akal sehat.
Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas BK-K8-06-U Belajar Menyusun Halaman 45 46 Kurikulum Merdeka

 

Kasus 2

 

Pencarian informasi tentang validitas dari gambar pada platform Whatsapp dapat dilakukan dengan mencari sumber gambar asli dari poster. Salah satu perkakas yang dapat Adik-Adik gunakan adalah search engine untuk gambar, yakni: https://images.google.com, atau pencarian dengan search engine untuk teks dengan kata kunci: wajib rapid antigen Jogja. Hasil dari searching teks menghasilkan informasi dalam bentuk gambar berikut:

Gambar Aktivitas DSI-K8-01 (3)

Setelah browsing lebih spesifik dari hasil pencarian google, Adik-Adik dapat menemukan bahwa poster tersebut ternyata merupakan unggahan Humas Jogja di twitter. Artinya, poster tersebut berasal dari institusi yang terpercaya, sehingga dapat disimpulkan bahwa poster itu adalah informasi yang benar.

 

Kasus 3

 

Kasus ketiga ini adalah berita yang tidak benar. Hasil penelusuran dengan menggunakan search engine dengan kata kunci “Indonesia’s Mount Sinabung Volcano Erupted…” menghasilkan beberapa link dari forum dan situs-situs anti hoax. Setelah menelusuri lebih dalam ternyata video dan gambar tersebut adalah tidak benar. Gambar dan video tersebut sebenarnya adalah letusan gunung dahsyat yang terjadi di negara Guatemala.

 

Adik-Adik, itulah kunci Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas DSI-K8-01 Pengkajian Kritis Berita dari Media Sosial Halaman 251 252 Kurikulum Merdeka. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

 

Disclaimer: kunci jawaban pada artikel ini merupakan panduan untuk orang tua. Siswa dapat bereksplorasi dengan jawaban yang lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak. Berikut.id tidak bertanggung jawab atas kesalahan pada kunci jawaban.

Tinggalkan komentar