Kunci Jawaban IPA Halaman 136 Kelas 10

Kunci Jawaban IPA Halaman 136 Kelas 10

Kunci Jawaban IPA Halaman 136 Kelas 10 –  Hai, kawan semuanya, salam giat belajar. Hukum Kekekalan Energi dan Konversi Energi, Dengan bantuan diagram Cartesius seperti pada Gambar 6.2, Kalian dapat mencoba untuk menganalisis peristiwa apel jatuh tersebut.

Sebuah apel bermassa m. Awalnya, apel yang dalam keadaan diam berada di posisi A, yaitu pada ketinggian h dari permukaan tanah, pada keadaan tersebut energi potensial gravitasinya bernilai maksimum, sehingga energi potensial gravitasi sama dengan energi mekanik. Kemudian, apel terlepas dan akhirnya sampai di posisi B pada ketinggian 0 dengan kecepatannya v.

Sesaat menyentuh permukaan tanah, kecepatan apel maksimum, sehingga energi kinetik sama dengan energi mekanik di posisi B, Sebenarnya, energi menunjukkan cara alam mempertahankan “nilainya”. Misal, pada kasus apel ini, nilai energi mekanik apel pada posisi A akan sama dengan nilai energi apel mekanik pada posisi B, namun bentuk energinya berubah.

Maka, pada peristiwa jatuhnya apel ke tanah ini berlaku Hukum Kekekalan Energi yang bunyinya adalah sebagai berikut. “Energi bersifat kekal, artinya energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan, energi dapat berubah bentuk

Berikut jawaban tentang “Aktivitas 6.3 dan 6.4”. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang Pelestarian Keanekaragaman Hayati Indonesia.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Baca Juga :  Jawaban Ayo Berpikir Kritis Matematika Halaman 224 Kelas 10

Jawaban IPA Halaman 136 Kelas 10

Aktivitas 6.3

1. Cobalah untuk melakukan analisis seperti Kalian menelusuri perubahan energi yang terjadi pada kincir air. Terdapat tiga titik yang diamati pada kincir air bermassa m kg, yaitu titik A, B, dan C. Pada titik A, aliran air memberikan dorongan sehingga kincir air tersebut dapat berputar dengan kecepatan VA sebesar 2 m/s.
Bagaimana perubahan energi yang terjadi pada kincir air pada posisi A, B, dan C?
Gambarlah tiga gambar diagram seperti gambar di bawah ini pada buku latihan Kalian
Ketiga diagram tersebut masing-masing untuk jawaban analisis energi pada posisi A, posisi B, dan posisi C.

Jawaban :

1. Analisa Diagram Energi Kincir Air

Posisi A
Energi Mekanik di Posisi A
v = 2 m/s, h = 0 m
EMA = EPA + EKA
EMA = 0 + 1/2 mvA2
EMA = 0 + 1/2 m(2√15)2
EMA = 0 + 1/2 m(60)
EMA = 30 m Joule

Posisi B
h = 1,5 m
Cari dulu vB dengan Hukum Kekekalan Momentum
EMA = EMB
EPA + EKA = EPB + EKB
0 + 1/ 2 mvA 2 = mghB + 1/ 2 mvB 2
0 + 1/ 2 m(2√15)2 = m10(1,5) + 1/ 2 mvB 2
(ruas kanan dan kiri dibagi m)
0 + _1 2 (2√15)2 = 10(1,5) + 1/ 2vB 2
0 + _1 2 (60) = 15 + 1/ 2 vB 2
0 + 30 = 15 + 1/ 2 vB 2
30 – 15 = 1/ 2 vB 2
15 = 1/ 2 vB 2
2(15) = vB 2
vB 2 = 30 m2 /s2

Energi Mekanik di Posisi B
EMB = EPB + EKB
EMB = mghB + 1/ 2 mvB 2
EMB = m 10 (1,5) + 1/ 2 m(30)
EMB = 15m + 15m
EMB = 30m Joule

Posisi C
Energi Mekanik di Posisi C
v = 0 m/s, h = 30 m
EMC = EPC + EKC
EMC = mgh + 0
EMC = m(10)(3) + 0

Kesimpulan : Nilai energi mekanik tetap pada posisi apapun, maka pada peristiwa tersebut berlaku Hukum Kekekalan Energi Mekanik.

2. Perhatikanlah deskripsi kegiatan percobaan berikut ini.

Sekelompok siswa melakukan percobaan mengenai energi yang hilang pada peristiwa koin bertabrakan dengan lantai. Percobaan ini dilakukan dengan cara menjatuhkan koin ke lantai pada ketinggian yang diubah, yaitu 1 m dan 2 m di atas lantai. Untuk satu ketinggian, dilakukan pengulangan pengambilan sampel data sebanyak tiga kali. Koin yang digunakan adalah koin Rp100. Alat ukur yang digunakan adalah meteran, sensor bunyi pada smartphone, dan aplikasi Phyphox. Prinsip kerjanya adalah sensor bunyi pada smartphone menangkap energi bunyi yang dihasilkan dari benturan koin dengan meja. Hasilnya adalah sebagai berikut.

Baca Juga :  Jawaban Matematika kelas 9 Semester 1 Latihan 1.5 halaman 56

Data Hasil Percobaan

Dengan h merupakan ketinggian awal sebelum koin dijatuhkan, energi 1 merupakan energi sebelum tumbukan, dan energi 2 merupakan energi digunakan koin untuk memantul.

1. Tentukanlah variabel-variabel yang terlibat pada percobaan yang dideskripsikan di atas
a. variabel bebas : Ketinggian
b. variabel terikat : Energi yang digunakan koin untuk memantul kembali
c. variabel kontrol : Koin Rp100

2. Tentukan bentuk energi yang terlibat pada deskripsi percobaan tersebut.
a. Bentuk energi sebelum koin dilepaskan : Sebelum koin dilepaskan pada ketinggian tertentu, koin tersebut memiliki energi potensial,
b. Bentuk energi setelah koin jatuh dan menabrak lantai : Setelah koin menabrak lantai, koin tersebut memiliki energi kinetik yang digunakan memantul kembali dan timbul juga energi bunyi yang terdengar saat berbenturan dengan lantai.

3. Kalian sudah menentukan bentuk energi yang terlibat pada peristiwa tersebut. Susunlah ke dalam persamaan Hukum Kekekalan Energi : EPA = EKB + Energi Bunyi

4. Tentukanlah rata-rata energi yang digunakan koin untuk memantul kembali ke arah semula pada peristiwa tersebut.

Jawaban

1. Rata-rata energi yang digunakan untuk memantul
– Ketinggian 1 m
Jika energi awal sebelum dijatuhkan sebesar E
Rata-Rata Energi = (E1 + E2 + E3)/ 3
Rata-Rata Energi = (14%E + 14,4%E + 14,6%E)/3
Rata-Rata Energi = (14%E + 29%E)/3
Rata-Rata Energi = (43%E)/3
Rata-Rata Energi = 14,33%E

– Ketinggian 2 m Jika energi awal sebelum dijatuhkan sebesar E
Rata-Rata Energi = (E1 + E2 + E3)/3
Rata-Rata Energi = (16,2%E + 15,6%E + 14,3%E)/3
Rata-Rata Energi = (16,2%E + 19,9%E)/3
Rata-Rata Energi = (36,1%E) 3
Rata-Rata Energi = 12,03%E

5. Tentukanlah rata-rata energi yang tidak digunakan koin untuk memantul kembali ke arah semula pada peristiwa tersebut.

Jawaban

– Ketinggian 1 m : Ehilang = 100%E – 14,33%E = 85,67%E
– Ketinggian 2 m : Ehilang = 100%E – 12,03%E = 87,97%E

6. Tentukanlah efisiensi energi dari peristiwa tersebut

Baca Juga :  Kunci Jawaban IPA Halaman 14 dan 15 Kelas 10

Jawaban

– Ketinggian 1 m : 14,33%
– Ketinggian 2 m : 12,03%

Aktivitas 6.4

Carilah informasi mengenai pertumbuhan penduduk di Indonesia dari sumber terpercaya. Informasi dapat berupa grafik, tabel, dan lain-lain. Jelaskanlah kaitannya dengan data penggunaan energi listrik masyarakat Indonesia yang ditunjukkan pada Gambar 6.4.

Kunci Jawaban

Misalkan data pertumbuhan penduduk yang digunakan adalah sebagai berikut.
Gambar 6.1 Jumlah penduduk indonesia
Data tersebut menunjukkan bahwa dalam rentang tahun 2010 sampai dengan 2017, terjadi peningkatan jumlah penduduk. Diketahui dari Gambar 6.4 (Buku Siswa) bahwa pada tahun tersebut, terjadi peningkatan jumlah peningkatan konsumsi energi listrik pada 2015 hingga 2017, artinya semakin meningkat jumlah penduduk, semakin meningkat pula jumlah konsumsi energi. Peningkatan jumlah penduduk menjadi salah satu faktor peningkatan kebutuhan energi

Penutup

Teman-teman, itulah pembahasan Kunci Jawaban IPA Halaman 136 Kelas 10 yang bisa berikut.id bagikan. Semoga bisa membantu teman-teman dalam memahami materi tersebut, Jangan lupa bagikan kepada teman-teman lain agar semakin bermanfaat!
Tetap semangat dan jangan lupa simak pembahasan lain di berikut.id ya!

Disclaimer:

  1. Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.
  2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.
  3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Kunci Jawaban IPA Halaman 148 Kelas 10

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *