Kunci Jawaban Uji Kompetensi 4 Matematika Kelas 9 Bagian 3

Berikut.id – Kunci Jawaban Uji Kompetensi 4 Matematika Kelas 9 Bagian 3. Teman berikut.id, pada mata pelajaran matematika kelas 9, teman-teman akan mendapatkan materi tentang kekongruenan dan kesebangunan.

Kali ini, berikut.id akan membahas jawaban soal Uji Kompetensi 4. Soal yang akan kita bahas bisa teman-teman temukan pada buku matematika kurikulum 2013 kelas 9 halaman 261.

Kunci Jawaban Uji Kompetensi 4 Matematika Kelas 9

Teman-teman silahkan kerjakan secara mandiri terlebih dahulu, kemudian cocokan jawaban teman-teman dengan pembahasan dari berikut.id ya!

Pembahasan nomor 1-10 bisa teman-teman lihat di sini

Untuk pembahasan nomor 11-20 bisa teman-teman lihat di sini

21. Enam belas tusuk gigi disusun seperti gambar di samping. Dengan memindahkan hanya dua tusuk gigi bagaimana kamu membentuk empat persegi?

Jawaban :

 

22. Pada gambar di samping ini menunjukkan persegi yang dibentuk dengan 20 tusuk gigi. Di tengahnya terdapat lubang kotak dengan luas 1/25 luas seluruhnya.  Dengan menggunakan 18 tusuk gigi, bagilah luasan di antara persegi luar dan persegi di tengah menjadi 6 daerah yang sebangun.

Jawaban :

23. Bangun PINK, NOTE, dan BLUE adalah persegi. Panjang KN = 5 cm dan NE =9 cm, Titik P – O – B terletak dalam satu garis lurus. Tentukan panjang sisi dan luas bangun BLUE

Kunci Jawaban Uji Kompetensi 4 Matematika Kelas 9

Jawaban :

Panjang sisi bangun BLUE = 16,2 cm
Luas bangun BLUE adalah 262,44 cm².

24. Pada gambar di bawah ini, tinggi tongkat PQ sesungguhnya adalah 4 m dan panjang bayangannya 15 m. Jika panjang bayangan pohon adalah 30 m, tentukan tinggi pohon tersebut!

Jawaban :

Tinggi pohon = PQ / OQ x QR

= 4/15 x 30
= 8 m

Jadi, tinggi pohon tersebut adalah 8 m.

 

25. Sekelompok peserta jelajah alam mendapat tugas untuk menaksir lebar suatu sungai tanpa mengukurnya secara langsung.

Baca Juga :  Jawaban Matematika Uji Kompetensi 5 Kelas 8 Halaman 239 Bagian Esai

Kunci Jawaban Uji Kompetensi 4 Matematika Kelas 9

Mereka menentukan titik acuan di seberang sungai yaitu titik A. Satu peserta lain berdiri di titik C. Peserta yang lain berdiri di titik B tepat di depan A. Kemudian berjalan menuju ke titik F dengan jarak B ke F adalah dua kali jarak B ke C. Dari titik F ia berjalan menuju titik D, di mana dengan pandangannya objek di titik A-C-D terletak pada satu garis lurus. Sehingga lebar sungai dapat diketahui dengan mengukur jarak F ke D. Apakah cara tersebut tepat utuk menaksir lebar sungai? Jelaskan.

Jawaban :

Iya, karena cara tersebut menggunakan konsep kekongruenan dua segitiga dalam gambar di samping yaitu ΔABC dan ΔDFC.

 

Penutup

Teman-teman, itulah pembahasan yang bisa berikut.id bagikan. Semoga bisa membantu teman-teman dalam memahami materi tersebut, ya! Jangan lupa bagikan kepada teman-teman lain agar semakin bermanfaat!

Tetap semangat dan jangan lupa simak pembahasan lain di berikut.id ya!

 

Disclaimer:
1. Jawaban pada berikut.id bisa saja berbeda dengan penjelasan guru di sekolah teman-teman
2. Jadikan pembahasan ini sebagai salah satu referensi teman-teman dalam mengerjakan soal dan bukan sebagai acuan utama
3. Jawaban pada berikut.id tidak mutlak kebenarannya

 

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *