Kunci Jawaban Uji Kompetensi 4 Matematika Kelas 9 Bagian 3

Berikut.id – Kunci Jawaban Uji Kompetensi 4 Matematika Kelas 9 Bagian 3. Teman berikut.id, pada mata pelajaran matematika kelas 9, teman-teman akan mendapatkan materi tentang kekongruenan dan kesebangunan.

Kali ini, berikut.id akan membahas jawaban soal Uji Kompetensi 4. Soal yang akan kita bahas bisa teman-teman temukan pada buku matematika kurikulum 2013 kelas 9 halaman 261.

Kunci Jawaban Uji Kompetensi 4 Matematika Kelas 9

Teman-teman silahkan kerjakan secara mandiri terlebih dahulu, kemudian cocokan jawaban teman-teman dengan pembahasan dari berikut.id ya!

Pembahasan nomor 1-10 bisa teman-teman lihat di sini

Untuk pembahasan nomor 11-20 bisa teman-teman lihat di sini

21. Enam belas tusuk gigi disusun seperti gambar di samping. Dengan memindahkan hanya dua tusuk gigi bagaimana kamu membentuk empat persegi?

Jawaban :

 

22. Pada gambar di samping ini menunjukkan persegi yang dibentuk dengan 20 tusuk gigi. Di tengahnya terdapat lubang kotak dengan luas 1/25 luas seluruhnya.  Dengan menggunakan 18 tusuk gigi, bagilah luasan di antara persegi luar dan persegi di tengah menjadi 6 daerah yang sebangun.

Jawaban :

23. Bangun PINK, NOTE, dan BLUE adalah persegi. Panjang KN = 5 cm dan NE =9 cm, Titik P – O – B terletak dalam satu garis lurus. Tentukan panjang sisi dan luas bangun BLUE

Kunci Jawaban Uji Kompetensi 4 Matematika Kelas 9

Jawaban :

Panjang sisi bangun BLUE = 16,2 cm
Luas bangun BLUE adalah 262,44 cm².

24. Pada gambar di bawah ini, tinggi tongkat PQ sesungguhnya adalah 4 m dan panjang bayangannya 15 m. Jika panjang bayangan pohon adalah 30 m, tentukan tinggi pohon tersebut!

Jawaban :

Tinggi pohon = PQ / OQ x QR

= 4/15 x 30
= 8 m

Jadi, tinggi pohon tersebut adalah 8 m.

Baca Juga :  Jawaban Matematika Uji Kompetensi 5 Kelas 8 Halaman 239 Bagian Esai

 

25. Sekelompok peserta jelajah alam mendapat tugas untuk menaksir lebar suatu sungai tanpa mengukurnya secara langsung.

Kunci Jawaban Uji Kompetensi 4 Matematika Kelas 9

Mereka menentukan titik acuan di seberang sungai yaitu titik A. Satu peserta lain berdiri di titik C. Peserta yang lain berdiri di titik B tepat di depan A. Kemudian berjalan menuju ke titik F dengan jarak B ke F adalah dua kali jarak B ke C. Dari titik F ia berjalan menuju titik D, di mana dengan pandangannya objek di titik A-C-D terletak pada satu garis lurus. Sehingga lebar sungai dapat diketahui dengan mengukur jarak F ke D. Apakah cara tersebut tepat utuk menaksir lebar sungai? Jelaskan.

Jawaban :

Iya, karena cara tersebut menggunakan konsep kekongruenan dua segitiga dalam gambar di samping yaitu ΔABC dan ΔDFC.

 

Penutup

Teman-teman, itulah pembahasan yang bisa berikut.id bagikan. Semoga bisa membantu teman-teman dalam memahami materi tersebut, ya! Jangan lupa bagikan kepada teman-teman lain agar semakin bermanfaat!

Tetap semangat dan jangan lupa simak pembahasan lain di berikut.id ya!

 

Disclaimer:
1. Jawaban pada berikut.id bisa saja berbeda dengan penjelasan guru di sekolah teman-teman
2. Jadikan pembahasan ini sebagai salah satu referensi teman-teman dalam mengerjakan soal dan bukan sebagai acuan utama
3. Jawaban pada berikut.id tidak mutlak kebenarannya