Jawaban Matematika Halaman 261 Kelas 9 Bagian 1

berikut.id – Jawaban Matematika Halaman 261 Kelas 9 Bagian 1. Teman berikut.id, pada mata pelajaran matematika kelas 9, teman-teman akan mendapatkan materi tentang kekongruenan dan kesebangunan.

Kali ini, berikut.id akan membahas jawaban soal Uji Kompetensi 4. Soal yang akan kita bahas bisa teman-teman temukan pada buku matematika kurikulum 2013 kelas 9 halaman 261.

Jawaban Matematika Halaman 261 Kelas 9

Teman-teman silahkan kerjakan secara mandiri terlebih dahulu, kemudian cocokan jawaban teman-teman dengan pembahasan dari berikut.id ya!

1. Perhatikan gambar di bawah ini. Tulislah pasangan bangun yang kongruen.

Jawaban :

Pasangan bangun yang kongruen :
A ≅ K
B ≅ F
C ≅ M
E ≅ H
G ≅ J

2. Jika PQRS kongruen dengan UVRT dan RT = 3/5 RQ, tentukan panjang PQ

Jawaban :

RT = PQ = 3/5 RQ

Jadi Panjang RT
= 3/5 x 8cm
= 4,8 cm

3. Persegi panjang ABCD dibentuk dari 5 persegi Panjang yang kongruen. Jika keliling setiap persegi panjang kecil adalah 20 cm, maka tentukan keliling dan luas ABCD.

Jawaban :

Misal :
Panjang persegi Panjang kecil : x
Lebar persegi Panjang kecil : y

K = 2 ( x + y)
20 = 2 ( x + y)
10 = ( x + y)

Panjang = 4 x lebar
y = 4x

x + y = 10
x + 4x = 10
5x = 10
x = 2
y = 8

Keliling ABCD = 8 + 10 + 8 + 10 = 36 cm

Luas ABCD = 8 x 10 = 80 cm²

4. Diketahui trapesium ABCD dan trapesium FEHG pada gambar di bawah ini adalah kongruen. Jika panjang AD = 12 cm, DC = 9 cm, dan EF = 18 cm, tentukan panjang CB

Jawaban :

 

5. Pasangan bangun di bawah ini kongruen, tentukan nilai x dan y pada gambar

Jawaban :

(i) x = 52°, y = 70°
(ii) x = 85°, y = 80°

6. Berapa banyak pasangan segitiga kongruen pada setiap bangun berikut? Tuliskan semua pasangan segitiga kongruen tersebut.

Jawaban :

a) 3 pasang, yaitu ΔAED ≅ ΔAEB, ΔCDE ≅ ΔCBE, dan ΔADC ≅ ΔABC
b) 4 pasang, yaitu ΔIFJ ≅ ΔGHI, ΔFIH ≅ ΔHGF, ΔIJH ≅ ΔGJF, dan ΔIJF ≅ ΔGJH
c) 2 pasang, yaitu ΔMKO ≅ ΔNLO, dan ΔMKL ≅ ΔNLK
d) 3 pasang, yaitu ΔPST ≅ ΔQRT, ΔPSR ≅ ΔQRS, dan ΔPSQ ≅ ΔQRP

Baca Juga :  Jawaban Ayo Berdiskusi Matematika Halaman 176 Kelas 10

7. Apakah pasangan segitiga berikut ini pasti kongruen? Jika ya, kriteria apakah yang menjamin pasangan segitiga berikut ini kongruen?

Jawaban :

a) Iya, kriteria sisi – sudut – sisi
b) Iya, kriteria sudut 90° – sisi miring – satu sisi siku
c) Iya, kriteria sudut – sisi – sudut
d) Iya, kriteria sudut – sisi – sudut
e) Iya, kriteria sisi – sudut – sisi

8. Tuliskan satu pasangan segitiga kongruen pada setiap bangun berikut dan tunjukkan.

Jawaban :

a) ΔPQN ≅ ΔPRM
b) ΔPSR ≅ ΔQPX
c) ΔABC ≅ ΔCDA

9. Diketahui ΔPQR ≅ ΔLKM dan m∠PQR = 60º. Tentukanlah:

a. besar m∠PRQ
b. besar m∠LKM
c. besar m∠KML
d. panjang KL
e. panjang KM

Jawaban :

a) m∠PRQ = 30°
b) m∠LKM = 60°
c) m∠KML = 30°
d) panjang KL = 5 cm
e) Panjang KM = 13 cm

10. Diketahui AC = AE dan m∠BAC = m∠DAE

a. Tunjukkan bahwa ΔABC ≅ ΔADE.
b. Jika CD = 2 cm dan AE = 10 cm, tentukanlah panjang BC dan AB

Jawaban :

a) ΔABC ≅ ΔADE karena :
AC = AE
m∠BAC = m∠DAE
m∠ABC = m∠ADE

Jadi, ΔABC ≅ ΔADE berdasarkan kriteria sisi – sudut – sudut

b) BC = DE = 6 cm, AB = AD= 8 cm.

 

Pembahasan nomor 11-20 bisa teman-teman lihat di sini

Sedangkan pembahasan nomor 21-25 bisa teman-teman lihat di sini

 

Penutup

Teman-teman, itulah pembahasan yang bisa berikut.id bagikan. Semoga bisa membantu teman-teman dalam memahami materi tersebut, ya! Jangan lupa bagikan kepada teman-teman lain agar semakin bermanfaat!

Tetap semangat dan jangan lupa simak pembahasan lain di berikut.id ya!

 

Disclaimer:
1. Jawaban pada berikut.id bisa saja berbeda dengan penjelasan guru di sekolah teman-teman
2. Jadikan pembahasan ini sebagai salah satu referensi teman-teman dalam mengerjakan soal dan bukan sebagai acuan utama
3. Jawaban pada berikut.id tidak mutlak kebenarannya

 

Baca Juga :  Jawaban Matematika Latihan 4.2 Kelas 9 Halaman 226

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *