Kunci Jawaban Matematika Halaman 261 Kelas 9 Bagian 2

berikut.id – Kunci Jawaban Matematika Halaman 261 Kelas 9 Bagian 2. Teman berikut.id, pada mata pelajaran matematika kelas 9, teman-teman akan mendapatkan materi tentang kekongruenan dan kesebangunan.

Kali ini, berikut.id akan membahas jawaban soal Uji Kompetensi 4. Soal yang akan kita bahas bisa teman-teman temukan pada buku matematika kurikulum 2013 kelas 9 halaman 261.

Kunci Jawaban Matematika Halaman 261 Kelas 9

Teman-teman silahkan kerjakan secara mandiri terlebih dahulu, kemudian cocokan jawaban teman-teman dengan pembahasan dari berikut.id ya!

Pembahasan nomor 1-10 bisa teman-teman lihat di sini

11. Diketahui panjang AB = 13 cm dan EF = 5 cm.

a. Buktikan bahwa ΔAFE ≅ ΔDFE
b. Buktikan bahwa ΔDCB ≅ ΔDFE
c. Hitunglah panjang AC
d. Hitunglah panjang AE

Jawaban :

Kunci Jawaban Matematika Halaman 261 Kelas 9

12. Apakah bangun di bawah ini pasti sebangun? Jelaskan.

a. dua persegi
b. dua lingkaran
c. dua segitiga sama sisi
d. dua belah ketupat

Jawaban :

a) dua persegi pasti sebangun
b) dua lingkaran pasti sebangun
c) dua segitiga sama sisi pasti sebangun
d) dua belah ketupat belum tentu sebangun

13. Trapesium ABCD sebangun dengan trapesium RSPQ, tentukan nilai x dan y pada gambar berikut.

Jawaban :

Kunci Jawaban Matematika Halaman 261 Kelas 9

14. Perhatikan gambar berikut ini dan tentukan :

a. Jika trapesium (i) dan (ii) sebangun, tentukan nilai p, q, r dan s.
b. Tentukan perbandingan keliling trapesium (i) dan (ii).
c. Tentukan perbandingan luas trapesium (i) dan (ii)

Jawaban :

Kunci Jawaban Matematika Halaman 261 Kelas 9

15. Hitunglah panjang sisi yang ditanyakan pada gambar berikut ini.

Jawaban :

a) EF = 4,8 cm
b) AB = 10,5 cm
c) AE = 6 cm
d) CF = 10 cm
e) AE = 12 cm
f) EF = 6 cm

 

Kunci Jawaban Matematika Halaman 261 Kelas 9

 

Baca Juga :  Jawaban Matematika Latihan 4.3 Halaman 238 Kelas 9

16. Diketahui trapesium sama kaki PQRS pada gambar di bawah ini, dengan panjang SR = 4 cm, PQ = 12 cm, dan QS = 20 cm. Tentukan panjang SO

Jawaban :

17. Perhatikan gambar. Tentukan

a. Tuliskan pasangan segitiga sebangun pada gambar tersebut.
b. Dari tiap-tiap pasangan segitiga sebangun tersebut, tentukan pasangan sisi yang bersesuaian dan buat perbandingannya.
c. Tentukan panjang NK, KL, dan MK

Jawaban :

 

18. ABCD adalah persegi. Jika DE = CF, maka tentukanlah panjang:

a. DE
b. OE
c. OD
d. OC
e. OF

Jawaban :

a) DE = 10 cm
b) OE = 3,6 cm
c) OD = 6,4 cm
d) OC = 4,8 cm
e) OF = 5,2 cm

 

19. Hitunglah panjang sisi yang diberi label pada gambar di bawah ini. (semua dalam satuan sentimeter)

Jawaban :

a = 6 3/7 cm
b =12 6/7 cm
c = 5 cm
d = 7 cm
e = 10 cm
f = 8 4 7 cm
p = 4 cm
q = 8 cm
x = 25,2 cm
y = 28,8 cm
z = 9,6 cm

20. Dua belas tusuk gigi disusun seperti pada gambar di samping. Dengan memindahkan hanya dua tusuk gigi bagaimana kamu membentuk enam persegi atau tujuh persegi?

Jawaban :

Pindahkan 2 tusuk gigi dari bagian salah satu sudut, lalu pindahkan ke dalam salah satu persegi dengan membentuk tanda +.

Untuk pembahasan nomor 21-25 bisa teman-teman lihat di sini

 

Penutup

Teman-teman, itulah pembahasan yang bisa berikut.id bagikan. Semoga bisa membantu teman-teman dalam memahami materi tersebut, ya! Jangan lupa bagikan kepada teman-teman lain agar semakin bermanfaat!

Tetap semangat dan jangan lupa simak pembahasan lain di berikut.id ya!

 

Disclaimer:
1. Jawaban pada berikut.id bisa saja berbeda dengan penjelasan guru di sekolah teman-teman
2. Jadikan pembahasan ini sebagai salah satu referensi teman-teman dalam mengerjakan soal dan bukan sebagai acuan utama
3. Jawaban pada berikut.id tidak mutlak kebenarannya

 

Baca Juga :  Jawaban Matematika kelas 9 Latihan 2.3 halaman 102

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *