Kunci Jawaban IPA Halaman 74 Kelas 10

Kunci Jawaban IPA Halaman 74 Kelas 10

Kunci Jawaban IPA Halaman 74 Kelas 10 –  Hai, kawan semuanya, salam giat belajar. Salah satu peran kimia hijau adalah mendukung 17 agenda pembangunan berkelanjutan hingga tahun 2030 yang dicanangkan PBB. Ke-17 agenda tersebut dapat Kalian simak pada Gambar 3.8.

Gambar 3.8 Agenda pembangunan berkelanjutan 2030 PBB

Dari ke-17 agenda tersebut, prinsip kimia hijau terintegrasi dalam tiga agenda pembangunan berkelanjutan 2030 yaitu agenda nomor 3, 6, 7, 13, 14, dan 15. Hidup sehat dan sejahtera bagi semua manusia di bumi tentu karena lingkungan yang aman dan bebas bahan-bahan berbahaya. Prinsip nomor 7 dari kimia hijau adalah penggunaan sumber energi yang dapat diperbaharui. Indonesia telah berupaya untuk menerapkan prinsip ini yaitu dengan cara mengurangi ketergantungan terhadap sumber energi fosil untuk menjaga kelestarian lingkungan. Dalam hal ini Presiden Joko Widodo mengakselerasi penerapan Biosolar 30 (B30) yang dimulai pada penghujung tahun 2019. Kini pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) resmi mengimplementasi B30 di Indonesia. Biosolar B30 sebagai bahan bakar nabati untuk mesin atau motor disel adalah lanjutan dari Biosolar 20. Mari lakukan aktivitas kerja ilmiah berikut sebagai contoh penerapan prinsip kimia hijau di sekitar Kalian

Berikut jawaban tentang “Pengayaan”. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang Menciptakan Kegiatan yang Mendukung Prinsip Kimia Hijau.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 8 Uji Kompetensi Halaman 75 76 Kurikulum Merdeka

Kunci Jawaban IPA Halaman 74 Kelas 10

Pengayaan

Pelajari infografis pada Gambar 3.11. Gambar ini memuat hal-hal yang terkait konservasi laut dalam mendukung agenda pembangunan berkelanjutan 2030. Hal-hal manakah yang paling berkaitan dengan prinsip-prinsip kimia hijau? Lakukan analisis, apa akibatnya bila hal[1]hal yang tidak sesuai dengan prinsip kimia hijau tersebut dibiarkan terus terjadi.. Jelaskan akibat terhadap perekonomian, kelestarian lingkungan dan sosial.

Gambar 3.11. Penerapan prinsip kimia hijau pada ekosistem laut

Ulasan terhadap infografis pada Gambar 3.11 menurut pendapat saya

Kunci Jawaban

(1) Hal-hal yang paling berkaitan dengan prinsip kimia hijau adalah saat laut menjadi asam karena dapat mengancam ekosistem laut. Keasaman laut disebabkan oleh pencemaran laut misalnya adanya hujan asam atau tumpahnya bahan bakar minyak bumi dari area pengeboran lepas pantai. Hal lainnya adalah saat area keragaman laut hayati tidak terlindungi karena ancaman limbah plastik yang hanyut ke laut. Demikian juga aktivitas manusia di lautan yang melanggar hukum misalnya saat eksploitasi ikan, udang, cumi-cumi menggunakan bahan kimia.
(2) Jika dibiarkan terus-menerus maka ekosistem laut akan terancam termasuk punahnya keragaman laut hayati secara global.
(3) Akibatnya terhadap perekonomian, kelestarian lingkungan dan sosial adalah menurunnya pendapatan nelayan sehingga ikut memengaruhi berkurangnya pendapatan nasional bruto dari sektor kelautan, merusak citra laut Indonesia sebagai bagian dari promosi pariwisata laut yang akan menurunkan angka kunjungan wisatawan. Hal ini akan memengaruhi kehidupan sosial masyarakat setempat karena penduduk usia muda akan pindah ke kota dan menambah angka pengangguran dan kejahatan di kota besar.

Penutup

Teman-teman, itulah pembahasan yang bisa berikut.id bagikan. Semoga bisa membantu teman-teman dalam memahami materi tersebut, Jangan lupa bagikan kepada teman-teman lain agar semakin bermanfaat!
Tetap semangat dan jangan lupa simak pembahasan lain di berikut.id ya!

Baca Juga :  Kalimat Transitif dan Intransitif bacaan "Tak Muat Lagi"

Disclaimer:

  1. Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.
  2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.
  3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Kunci Jawaban IPA Halaman 84 Kelas 10
Kunci Jawaban IPA Halaman 96 Kelas 10
Kunci Jawaban IPA Halaman 102 Kelas 10
Kunci Jawaban IPA Halaman 108 dan 110 Kelas 10
Kunci Jawaban IPA Halaman 116 Kelas 10