Kunci Jawaban Bilangan dengan Tanda

Berikut.id – Kunci Jawaban Bilangan dengan Tanda. Teman dalam mempelajari bilangan positif dan negatif kita akan menemui bilangan dengan tanda. Nah, kali ini dalam mempelajari bilangan dengan tanda yang akan dibahas adalah besaran yang menggunakan Titik Acuan 0, variasi penggunaan tanda “+” dan”-“, dan juga bilangan positif dan negatif.

Kunci Jawaban Bilangan dengan Tanda

Besaran Yang Menggunakan Titik Acuan 0

Termometer di bawah ini menunjukkan suhu di Dieng dan Surabaya. Berapa suhunya masing-masing? Perhatikan suhu tersebut. Jika dibandingkan dengan 0°, mana yang lebih tinggi dan mana yang lebih rendah?

Jika suhunya 2°C di bawah 0, maka kita gunakan tanda -, sehingga ditulis -2°C. Dibaca “minus/negatif 2°C”. Jika suhu 27°C di atas 0, maka kita gunakan tanda +, dan ditulis +27°C. Dibaca “plus/ positif 27°C”. Jika bilangan memiliki tanda + dan -, maka disebut secara berturut-turut bilangan positif dan negatif.

Soal 1

Nyatakanlah suhu berikut ini dengan tanda positif atau negatif.

1. Suhu 6,5°C lebih tinggi dibandingkan 0°C

Jawaban: +6,5° C

2. Suhu 10°C lebih rendah dibandingkan 0°C

Jawaban: -10°C

 

Ditetapkan 0° sebagai suhu acuan (pangkal) ketika air membeku dan es meleleh. Kita dapat menyatakan suhu lebih tinggi dari 0° C dengan tanda positif, dan suhu lebih rendah dari 0° dengan tanda negatif. Selain untuk menyatakan suhu, beberapa besaran juga dinyatakan dengan tanda positif dan negatif dengan titik acuan 0.

Suhu saat air membeku atau es mencair, titik acuannya adalah 0°C, suhu yang lebih tinggi dari 0°C dinyatakan dengan tanda positif, dan suhu yang lebih rendah dinyatakan dengan menggunakan tanda negatif

 

Variasi Penggunaan Tanda “+” dan”-“

Ketinggian Gunung Semeru adalah 3.676 meter di atas permukaan laut, dan kedalaman Palung Jawa adalah 7.140 meter di bawah permukaan laut. Ditetapkan titik pangkal sebagai acuan adalah garis pantai. Bagaimana kita menyatakan besaran-besaran pada gambar berikut ini dengan menggunakan tanda positif dan negatif?

Baca Juga :  Kunci Jawaban Penjumlahan Dua Bilangan

 

Contoh 1

Ditetapkan titik A sebagai titik pangkal 0 km. Titik “6 km di sebelah Timur A” sebagai +6 km. Titik “4 km di sebelah Barat A” dinyatakan sebagai -4 km.

 

Soal 2

Berdasarkan contoh 1, titik -7 km dan +2,5 km menyatakan posisi di mana pada garis? Tunjukkan nilai tersebut dengan ↑. Kemudian, nyatakan dengan menggunakan kata-kata.

Jawaban: -7 km di sebelah barat A dan +2,5 km di sebelah timur A

 

Soal 3

Nyatakan besaran-besaran berikut ini menggunakan tanda positif dan negatif.

1. “rugi 500 rupiah”, jika “untung 400 rupiah” dinyatakan sebagai +400 rupiah.

Jawaban: -500 rupiah

2. “30 menit dari sekarang”, jika “20 menit yang lalu” dinyatakan sebagai -20 menit.

Jawaban: +30 menit

3. “4°C lebih rendah dibandingkan suhu tertinggi kemarin” berdasarkan suhu tertinggi hari ini, jika 3°C lebih tinggi dibandingkan suhu tertinggi kemarin” dinyatakan sebagai +3°C.

Jawaban: -4°C

 

Soal 4

Papan pengumuman lomba lari cepat 100 m menunjukkan bahwa kecepatan angin buritan adalah 0,9 m per detik dinyatakan sebagai “+0,9 m /detik. ” Apa artinya -2,3 m /detik”?

Jawaban: Ada angin haluan dengan kecepatan 2,3m/detik

 

Bilangan Positif dan Negatif

Nyatakan bilangan-bilangan berikut ini menggunakan tanda positif dan negatif.

1. Bilangan 8 lebih dari 0 => +8

2. Bilangan 4 kurang dari 0 => -4

Bilangan yang lebih dari 8, misalnya +8, +10, dan sebagainya disebut bilangan positif. Bilangan yang kurang dari 0, seperti -4, -9, dan sebagainya disebut bilangan negatif. 0 bukanlah bilangan positif maupun negatif.

 

Soal 5

Tentukan bilangan-bilangan berikut ini apakah positif atau negatif. Nyatakanlah selisihnya terhadap 0 (lebih besar atau lebih kecil dari 0).

1. -6 => Bilangan Negatif 6 kurang dari 0

Baca Juga :  Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 Hal 26-29

2. +3 => Bilangan Positif, 3 lebih dari 0

3. +1,2 => Bilangan Positif, 1,2 lebih dari 0

4. -2/5 => Bilangan Negatif, 2/5 kurang dari 0

5. -0,1 => Bilangan Negatif, 0,1 kurang dari 0

 

Di Sekolah Dasar kita telah belajar tentang bilangan positif dan 0. Di Sekolah Menengah kita akan mempelajari juga bilangan negatif. Jadi, bilangan bulat mencakup bilangan positif, 0, dan negatif. Bilangan bulat positif juga disebut bilangan asli.

kunci jawaban bilangan dengan tanda

Jadi, jika kita tetapkan titik 0 sebagai pangkal (acuan) kita dapat menyatakan bilangan-bilangan yang lebih besar dengan tanda positif, dan bilangan yang lebih kecil dari 0 menggunakan tanda negatif.

Nah teman itulah pembahasan materi dan kunci jawaban tentang bilangan dengan tanda.

Semoga bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *