Klasifikasi Makhluk Hidup Kingdom Protista
Klasifikasi Makhluk Hidup Kingdom Protista

Klasifikasi Makhluk Hidup Kingdom Protista

Berikut.id – Klasifikasi Makhluk Hidup Kingdom Protista. Teman, sebelumnya kita sudah membahas klasifikasi makhluk hidup kingdom monera ya. Apakah kalian masih ingat sifat dan bentuk dari sel monera?

Monera beranggotakan organisme yang bersifat prokariotik (tidak memiliki membran inti sel). Bentuk dari sel Monera beraneka ragam, ada yang bulat, batang atau spiral. Contoh dari anggota Monera adalah golongan bakteri dan alga biru (Cyanobacteria). Nah, selanjutnya kita akan membahas klasifikasi makhluk hidup kingdom Protista.

Klasifikasi Makhluk Hidup Kingdom Protista

Kingdom Protista merupakan kelompok makhluk hidup eukariotik (sudah memiliki membran inti sel), namun memiliki jaringan yang sederhana dan tidak memiliki organ. Sel tubuh yang menyusun Protista ada yang mirip dengan hewan, tumbuhan dan hewan tergantung jenis organismenya. Ukuran tubuh Protista bervariasi mulai dari yang berukuran mikroskopis hingga yang terlihat jelas oleh mata.
Protista dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu Prostista mirip hewan (protozoa), Protista mirip tumbuhan (alga/ganggang) dan Protista mirip jamur.

Protista mirip hewan (protozoa) tersusun atas atas satu sel (uniseluler) contohnya Plasmodium, Amoeba proteus, Trypanosoma gambiense dan Paramaecium caudatum. seperti pada gambar di bawah ini. Struktur sel protozoa tidak memiliki dinding sel dan bersifat heterotrof.

 

Protista mirip tumbuhan (alga/ganggang), bentuknya menyerupai tumbuhan, namun tidak memiliki organ akar, batang dan daun. Ukuran Protista mirip tumbuhan mulai dari yang ukurannya mikroskopis sampai dengan yang terlihat jelas dengan mata. Contoh Protista mirip tumbuhan yaitu golongan rumput laut seperti Gracilaria, Gelidium, Euchema, dan Spirogyra seperti pada Gambar. Protista mirip tumbuhan memiliki dinding sel dan mampu berfotosintesis karena memiliki pigmen fotosintesis.

 

Protista mirip jamur memiliki dinding sel dan bersifat heterotrof dengan cara menguraikan atau menelan zat makanan. Protista mirip jamur meliputi jamur air dan jamur lendir. Contoh Protista mirip jamur seperti pada gambar adalah Phytophthora infestan dan Saprolegnia.

Baca Juga :  Jawaban Uji Kemampuan IPA Halaman 60 Kelas 7

 

 

Setiap makhluk hidup yang ada di dunia tentu saja memiliki peranan. Berikut ini adalah beberapa peranan Protista dalam kehidupan.

Nah teman, jadi kingdom protista merupakan kelompok makhluk hidup eukariotik (sudah memiliki membran inti sel), namun memiliki jaringan yang sederhana dan tidak memiliki organ. Apakah kalian sudah pernah menemui beberapa jenis protista yang ada di lingkungan tempat tinggal mu?

Semoga bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *