Klasifikasi Makhluk Hidup Kingdom Monera
Klasifikasi Makhluk Hidup Kingdom Monera

Klasifikasi Makhluk Hidup Kingdom Monera

Berikut.id – Klasifikasi Makhluk Hidup Kingdom Monera. Teman, seperti yang kita tahu bahwa tujuan klasifikasi pada makhuk hidup adalah untuk menyederhanakan objek makhluk hidup yang beraneka ragam sehingga lebih mudah untuk mempelajarinya.

Terdapat berbagai macam pengelompokan makhluk hidup. Namun, yang paling umum digunakan saat ini adalah sistem klasifikasi lima kingdom. Makhluk hidup dikelompokkan menjadi lima kingdom yaitu kingdom Monera (organisme tanpa membran inti sel), kingdom Protista (organisme yang memiliki jaringan sederhana), kingdom Fungi (jamur), kingdom Plantae (tumbuhan) dan kingdom Animalia (hewan).

Mari kita bahas satu per satu bersama!

Klasifikasi Makhluk Hidup Kingdom Monera

Simpanlah susu segar di dalam gelas yang ditutupi kertas selama beberapa hari. Apakah terdapat perbedaan aroma atau tekstur sebelum dan sesudah disimpan? Susu jika dibiarkan di ruangan terbuka akan menjadi basi. Hal ini diakibatkan aktivitas bakteri yang hidup di dalam susu. Apakah kalian dapat melihat bakteri dengan mata telanjang?

Bakteri yang hidup di dalam susu tersebut berukuran sangat kecil. Bakteri digolongkan ke dalam kingdom Monera. Kingdom Monera beranggotakan organisme yang bersifat prokariotik (tidak memiliki membran inti sel). Bentuk dari sel Monera beraneka ragam, ada yang bulat, batang atau spiral.

Berikut ini adalah karakateristik umum dari kingdom Monera.

1) Prokariotik

2) Tidak memiliki organel

3) Mikroskopis

4) Uniseluler/ multiseluler

5) Memiliki dinding sel

6) Memiliki DNA sirkuler

7) Kosmopolit (dapat ditemukan dimana saja)

8) Reproduksi secara vegetatif (membelah diri atau fragmentasi)

 

Klasifikasi Makhluk Hidup Kingdom Monera

 

Contoh dari anggota Monera adalah golongan bakteri dan alga biru (Cyanobacteria). Perbedaan dari keduanya di antaranya adalah bakteri dapat reproduksi secara paraseksual (pertukaran materi genetik). Adapun alga biru dapat melakukan fotosintesis karena memiliki pigmen antosianin. Alga biru juga dapat mengikat nitrogen bebas karena memiliki sel heterokista. Perhatikan perbedaan struktur antara bakteri dan alga biru pada gambar dibawah ini.

Baca Juga :  Mengenal Macam-Macam Gaya

Monera dapat berperan sebagai organisme yang menguntungkan maupun merugikan bagi manusia. Berikut ini disajikan beberapa jenis Monera dan perannya dalam kehidupan manusia.

Nah teman, pada kesempatan ini kita sudah membahas tentang klasifikasi makhluk hidup kingdom monera. Pada kesempatan selanjutnya kita akan membahas klasifikasi makhluk hidup kingdom yang lain.

Semoga bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *