Jawaban Modul 4 Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila

Jawaban Modul 4 Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila

Jawaban Modul 4 Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila – Halo bapak ibu guru hebat di seluruh Indonesia, salam sehat dan bahagia selalu. Kali ini kita akan membahas tentang post test pada Modul 4 Projek Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila.

Sangat baik dan lebih bijak lagi sebelum bapak ibu guru mengerjakan post testnya, bapak ibu guru telah membaca dan memahami Modul 4, agar dapat mengerjakan post testnya secara mandiri.

Jika bapak ibu guru mengalami kesulitan dalam mengerjakan post test, bapak ibu guru dapat bekerjasama dengan rekan seprofesi. Jika mengerjakan secara mandiri dapat menambah wawasan dan ilmu bagi bapak ibu guru semuanya dan dapat mengetahui sejauh mana kemampuan bapak ibu guru dalam menguasai materi pada Modul 4.

Kami telah menyediakan jawaban post test pada Modul 4. Jawaban berikut dapat digunakan bapak ibu guru sebagai pembanding dengan post test yang telah bapak ibu guru kerjakan secara mandiri maupun berkelompok.

Mari kita simak bersama penjelasan jawaban alternatif sebagai tambahan referensi bapak ibu saat mencari bahan referensi.

Perhatikan dan pahami secara seksama, supaya bapak ibu bisa mengerjakan soal demi soal yang ada dalam post test Modul 4 kali ini.

Jawaban Modul 4

Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila

1. Pak Luis melihat beberapa alur projek yang dicontohkan oleh pemerintah, tetapi merasa butuh penambahan alur kegiatan projek agar kegiatan murid memiliki waktu lebih panjang pada kegiatan eksplorasi. Langkah apa yang bisa dilakukan Pak Luis dalam merancang modul projeknya?

Jawab :

Menambah pertemuan/kegiatan pada sesi eksplorasi dalam modul projeknya

Baca Juga :  Proses Pengesahan UUD NRI 1945

2. Pembuatan modul projek bersifat fleksibel karena dapat menyesuaikan dengan keadaan satuan pendidikan masing-masing. Berikut adalah beberapa komponen inti yang ada dalam modul projek…

Jawab :

Semua benar

3. Pak kiki melihat beberapa modul projek dalam platform yang disediakan oleh pemerintah. Ia memutuskan akan memodfikasi modul projek yang sudah ada untuk disesuaikan dengan konteks satuan pendidikannya. Berikut adalah kondisi modul projek yang sudah disediakan oleh pemerintah:
– Modul Projek memliki 5 dimensi
– Alur kegiatan projek memiliki instrumen asesmen yang jelas dan terukur
– Setiap kegiatan sudah memiliki pertanyaan pemantik yang tepat sasaran
– Dengan kondisi modul projek di atas, apakah yang bisa Pak Kiki modifikasi sesuai dengan prinsip dan panduan projek?

Jawab :

Mengurangi dimensi yang ada menjadi 2-3 dimensi yang menunjukkan fokus utama projek ini

4. Dalam satu tema projek, disarankan untuk memilih 2 atau 3 dimensi dan elemen yang menjadi fokus. Dimensi dan elemen diharapkan dapat tercakup dalam semua tema dalam 1 fase.
Pernyataan diatas adalah…

Jawab :

Benar

5. SD Merdeka telah melakukan asesmen diagnostik dan menyadari bahwa lingkungan sekolahnya dekat dengan sentra oleh-oleh daerah. Tim fasilitas projek juga menyadari bahwa ada ketertarikan murid terkait dengan jajanan khas daerahnya. Terlebih lagi, banyaknya orang tua murid yang bekerja sebagai pekerja di sentra oleh-oleh tersebut. Tema apakah yang cocok diambil oleh SD Merdeka dalam berprojek terkait dengan isu diatas?

Jawab :

Kearifan Lokal

6. Dalam merancang modul projek, kita akan menentukan alur kegiatan projek. Pemerintah telah memberikan contoh alur kegiatan projek dalam panduan projek penguatan profil pelajar pancasila. Sebagai pendidik kita dapat merubah alur projek sesuai dengan kebutuhan orang tua dan mitra.
Pernyataan di atas adalah..

Baca Juga :  Jawaban Siswa Aktif PPKn Halaman 124 Kelas 7

Jawab :

Benar

7. Bu Ganes sedang membuat rubrik asesmen projek SMP, bagaimanakah prinsip pembuatan rubrik asesmen yang benar?

Jawab :

Bu Ganes harus membuat deskripsi yang jelas, terukur dan terlihat perbedaannya di tiap tingkatan penilaiannya

8. Penyelenggaraan pemilihan OSIS sudah semakin dekat. Tim fasilitas projek ingin mengintegrasikan pemilihan tahunan ketua OSIS dengan kegaitan projek murid, maka tema yang dapat diambil oleh tim fasiilitas projek adalah..

Jawab :

Suara Demokrasi

9. Sebelum memulai projek, tim fasilitator projek dapat melakukan asesmen ….. untuk mengetahui kondisi dan kebutuhan murid
Jawaban yang tepat untuk melengkapi titik-titik di atas adalah…

Jawab :

Diagnostik

Penutup

Demikianlah Jawaban Modul 4 Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila. Semoga apa yang telah kami bahas diatas dapat membantu bapak ibu guru dan dapat diguankan sebagai pembanding dengan post test yang telah bapak ibu guru kerjakan. Pastikan untuk selalu membaca modulnya terlebih dahulu sebelum mengerjakan post testnya secara mandiri maupun bekerjasama dengan guru yang lainnya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Jawaban Modul 1 Projek Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila
Jawaban Modul 2 Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila
Jawaban Modul 3 Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *