Jawaban Matematika Uji Kompetensi Halaman 191 Kelas 9 Nomor 11-15

berikut.id – Jawaban Matematika Uji Kompetensi Halaman 191 Kelas 9 Nomor 11-15. Teman berikut.id, pada mata pelajaran matematika kelas 9, teman-teman akan mendapatkan materi tentang transformasi geometri.

Kali ini, berikut.id akan membahas jawaban soal Uji Kompetensi bab 3. Soal yang akan kita bahas bisa teman-teman temukan pada buku matematika kurikulum 2013 kelas 9 halaman 191.

Jawaban Matematika Uji Kompetensi Halaman 191 Kelas 9

Teman-teman silahkan kerjakan secara mandiri terlebih dahulu, kemudian cocokan jawaban teman-teman dengan pembahasan dari berikut.id ya!

Pembahasan Nomor 1-5

Pembahasan Nomor 6 – 10

 

11 Titik sudut dari tiap-tiap bangun datar sebagai berikut. Rotasikan bangun datar berikut dan gambar bayangannya (pusat rotasi di titik asal).

a. A (3, –2), B (–4, –5), C (–4, 3) dan D (3, 4) rotasikan 90º searah jarum jam
b. I (3, 5), J (–3, 4) dan K (5, –3) rotasikan 180º searah jarum jam
c. P (3, 4), Q (–3, 2), R (–4, –6) dan S (5, –3) rotasikan 90º berlawanan arah jarum jam
d. K (4, 7), L (–3, 5), M (–5, –7) dan N (4, –2) rotasikan 270º searah jarum jam

Jawaban :

a) Koordinat bayangan A’ (–2, –3), B’ (–5, 4), C’ (3, 4) dan D’ (4, –3)
b) Koordinat bayangan I’ (–3, –5), J’ (3, –4) dan K’ (–5, 3)
c) Koordinat bayangan P’ (–4, 3), Q’ (–2, –3), R’ (6, –4) dan S’ (3, 5)
d) Koordinat bayangan K’ (–7, 4), L’ (–5, –3), M’ (7, –5) dan N’ (2, 4)

12. Perhatikan ∆ABC pada gambar di atas. Gambarlah bayangan hasil transformasinya jika diketahui ∆ABC tersebut

a. Cerminkan terhadap garis y = 1 kemudian translasi ( -4 / 8)
b. Cerminkan terhadap garis x = 1 kemudian rotasi 90º searah jarum jam yang berpusat di titik asal
c. Cerminkan terhadap sumbu-y kemudian rotasi 180º searah jarum jam yang berpusat di titik asal dan translasi (x – 2, y + 4)

Baca Juga :  Jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 181 Nomor 1-10

 

Jawaban Matematika Uji Kompetensi Halaman 191 Kelas 9

 

Jawaban :

a) Bayangan  A” (–9, 6), B” (–9, 9) dan C” (–6, 9)
b) Bayangan  A” (4, –7), B” (1, –7) dan C” (1, –4)
c) Bayangan  A”’ (-7, 0), B”’ (–7, 3) dan C”’ (–4, 3)

 

13. Diketahui titik sudut dari tiap-tiap bangun datar seperti berikut.

Gambar bangun datar berikut beserta bayangan hasil dilatasi dengan faktor skala yang diberikan (pusat dilatasi titik asal). Sebutkan jenis dilatasi pada masing-masing bangun datar

a. A (2, –2), B (–2, 5), C (4, 2), k = 3
b. I (4, 8), J (–8, 12) dan K (16, –8), k = ( 1 / 4)
c. P (1, 1), Q (–2, 3), R (–1, –3) dan S (3, –3), k = 4
d. K (2, 4), L (–4, 4), M (–8, –6) dan N (4, –6), k = ( 1 / 2)

Jawaban :

a) Bayangan A’ (6, –6), B’ (–6, 15), C’ (12, 6) jenis dilatasi pembesaran
b) Bayangan I’ (1, 2), J’ (–2, 3), K’ (4, –2) jenis dilatasi pengecilan
c) Bayangan P’ (4, 4), Q’ (–8, 12), R’ (–4, –12), S’ (12, –12) jenis dilatasi pembesaran
d) Bayangan K’ (1, 2), L’ (–2, 2), M’ (–4, –3), N’ (2, –3) jenis dilatasi pengecilan

 

Jawaban Matematika Uji Kompetensi Halaman 191 Kelas 9

 

14. Seorang bajak laut sedang berburu harta karun.

Sang asisten ingin membantu bajak laut untuk mendapatkan harta karun tersebut. Lokasi harta karun berada pada titik B, sedangkan posisi bajak laut dan asistennya di titik A. Dengan menggunakan transformasi berikut ini maka bajak laut akan menemukan harta karun . Akan tetapi tidak semua transformasi ini tepat untuk membantu sang bajak laut. Jika kamu menjadi asisten langkah-langkah transformasi apa saja yang akan kamu lakukan? Gunakan masing-masing transformasi berikut ini tepat satu kali.

Baca Juga :  Jawaban Matematika Latihan 4.2 Kelas 9 Halaman 226

Jawaban :

1. Rotasi 90° berlawanan arah jarum jam yang berpusat di titik asal
2. Pencerminan terhadap sumbu-x
3. Translasi 1 langkah ke atas

15. Bangun berwarna biru merupakan bayangan hasil transformasi dari bangun berwarna merah.

Sebutkan langkah-langkah tranformasi yang dilakukan terhadap bangun berwarna merah sehingga diperoleh bayangan berupa bangun berwarna biru

Jawaban :

 

Penutup

Teman-teman, itulah pembahasan yang bisa berikut.id bagikan. Semoga bisa membantu teman-teman dalam memahami materi tersebut, ya! Jangan lupa bagikan kepada teman-teman lain agar semakin bermanfaat!

Tetap semangat dan jangan lupa simak pembahasan lain di berikut.id ya!

 

Disclaimer:
1. Jawaban pada berikut.id bisa saja berbeda dengan penjelasan guru di sekolah teman-teman
2. Jadikan pembahasan ini sebagai salah satu referensi teman-teman dalam mengerjakan soal dan bukan sebagai acuan utama
3. Jawaban pada berikut.id tidak mutlak kebenarannya

 

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *