Jawaban Matematika Latihan 4.2 Kelas 9 Halaman 226

berikut.id – Jawaban Matematika Latihan 4.2 Kelas 9 Halaman 226 . Teman berikut.id, pada mata pelajaran matematika kelas 9, teman-teman akan mendapatkan materi tentang kekongruenan dan kesebangunan.

Kali ini, berikut.id akan membahas jawaban soal Latihan 4.2. Soal yang akan kita bahas bisa teman-teman temukan pada buku matematika kurikulum 2013 kelas 9 halaman 226.

Jawaban Matematika Latihan 4.2 Kelas 9 Halaman 226

Teman-teman silahkan kerjakan secara mandiri terlebih dahulu, kemudian cocokan jawaban teman-teman dengan pembahasan dari berikut.id ya!

Selesaikan soal-soal berikut ini dengan benar dan sistematis.

Pembahasan nomor 1-6 bisa teman-teman lihat di sini

7. Perhatikan gambar di bawah ini. Titik M adalah titik tengah QR. Garis XM dan YM masing-masing tegak lurus pada PQ dan PR. Panjang XM = YM. Buktikan bahwa ΔQMX ≅ ΔRMY

Jawaban :

8. Diketahui SR//PQ, OP = OQ, OS = OR. Ada berapa pasang segitiga yang kongruen? Sebutkan dan buktikan.

Jawaban :

9. Apakah dua segitiga yang mempunyai tiga pasang sudut-sudut yang bersesuaian sama besar pasti kongruen? Jelaskan dengan alasan yang mendukung jawabanmu

Jawaban :

sudut yang sama belum tentu kongruen.

Untuk memenuhi syarat segitiga kongruen setidaknya harus diketahui satu sisi yang sama panjang yang dihimpit oleh dua sudut yang sama besar, sehingga memenuhi kriteria sudut – sisi – sudut.

 

10. Apakah dua segitiga yang mempunyai dua pasang sisi yang bersesuaian sama panjang dan sepasang sudut yang bersesuaian sama besar pasti kongruen? Jelaskan dengan alasan yang mendukung jawabanmu

Jawaban :

Pasti,

Dua buah segitiga yang memiliki dua pasang sisi yang bersesuaian sama panjang dan sepasang sudut yang bersesuaian sama besar pasti kongruen, karena penyataan tersebut adalah kriteria segitiga kongruen sisi-sudut-sisi.

Baca Juga :  Unsur Teks dalam Berita

 

12. Chan ingin mengukur panjang sebuah danau tetapi tidak memungkinkan mengukurnya secara langsung.

Dia merencanakan suatu cara yaitu ia memilih titik P, Q, R dan mengukur jarak QP dan RP (lihat ilustrasi gambar). Kemudian memperpanjang QP menuju ke Q’dan RP menuju ke R’ sehingga panjang QP =PQ’ dan RP = PR’ . Chan menyimpulkan bahwa dengan mengukur panjang Q’R’ dia mendapatkan panjang danau tersebut. Apakah menurutmu strategi Chan benar? Jelaskan.

Jawaban

Strategi yang Chan lakukan sudah benar.

Dengan menggunakan konsep dua segitiga kongruen. ΔPQR pasti sebangun dengan ΔPQ’R’ karena memenuhi kriteria kekongruenan dua segitiga sisi – sudut – sisi, yaitu:

PQ = PQ’
m∠QPR = m∠Q’PR’’
PR = PR’
Jadi, panjang danau QR = Q’R’.

 

Penutup

Teman-teman, itulah pembahasan yang bisa berikut.id bagikan. Semoga bisa membantu teman-teman dalam memahami materi tersebut, ya! Jangan lupa bagikan kepada teman-teman lain agar semakin bermanfaat!

Tetap semangat dan jangan lupa simak pembahasan lain di berikut.id ya!

 

Disclaimer:
1. Jawaban pada berikut.id bisa saja berbeda dengan penjelasan guru di sekolah teman-teman
2. Jadikan pembahasan ini sebagai salah satu referensi teman-teman dalam mengerjakan soal dan bukan sebagai acuan utama
3. Jawaban pada berikut.id tidak mutlak kebenarannya

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.