Ragam Kalimat dalam Teks Tanggapan
Ragam Kalimat dalam Teks Tanggapan

Ragam Kalimat dalam Teks Tanggapan

Berikut.id – Ragam Kalimat dalam Teks Tanggapan. Teman, sebelumnya kalian sudah membuat teks tanggapan pada Biografi “B.J. Habibie, Perpaduan Kecerdasan dan Kekuatan Tekad “. Nah sekarang, kalian akan berlatih menyajikan teks tanggapan yang baik.

Pada saat menanggapi buku, kita akan menilai sajian materi buku oleh penulis. Kita mungkin setuju, tidak setuju, atau memberikan saran agar penulis memperbaiki tulisannya. Karena itu, kalian perlu memahami ragam kalimat yang digunakan dalam teks tanggapan.

 

Ragam Kalimat dalam Teks Tanggapan

1. Tanggapan yang menguatkan atau menyetujui pendapat penulis. Kalimat-kalimat tanggapan menggunakan kalimat persetujuan yang menunjukkan rasa setuju terhadap pendapat yang disampaikan orang lain.

2. Tanggapan yang menolak pendapat penulis. Tanggapan ini menggunakan kalimat penolakan dan gaya bahasa penghalusan, yang umumnya ditandai dengan konjungsi “akan tetapi,” untuk menunjukkan pertentangan yang menolak pendapat sebelumnya.

3. Tanggapan yang memberikan saran kepada penulis. Tanggapan ini memberikan saran perbaikan setelah sebelumnya menunjukkan kelemahan dalam pernyataan penulis.

 

Teman, tanggapan setiap orang pada sebuah karya mungkin tidak sama dengan orang lain, tetapi dalam menanggapi atau memberikan tanggapan terhadap suatu karya perlu disampaikan dengan cara yang sopan. Hal ini bertujuan agar penulis atau pembuat karya tidak berkecil hati terhadap karya yang mereka ciptakan.

Ragam Kalimat dalam Teks Tanggapan

Sekarang tentukan apakah kalimat tanggapan berikut menyetujui pendapat penulis, menolaknya, atau memberikan saran kepada penulis. Tuliskan ‘menyetujui’, ‘menolak’, atau ‘memberikan saran’ pada kalimat-kalimat berikut ini.

1. “Di buku ini ada beberapa istilah dalam bahasa Aceh, seperti gampong, Cik, dan Smong. Saya bisa mengira-ngira artinya. Namun, akan lebih baik kalau di bagian akhir penulis memberi daftar glosarium.”

Jawaban: Ini adalah saran kepada penulis.

 

Baca Juga :  Jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 181 Nomor 1-10

2.”Meskipun cerita dalam buku ini sedih, penulis mengakhiri cerita dengan optimisme. Penulis seolah menyampaikan pesan bahwa setiap orang harus melupakan masa lalunya.”

Jawaban: Komentar ini setuju dengan penulis.

 

3.”Proses perubahan perasaan Itam digambarkan dengan baik sekali melalui ilustrasi yang berubah warnanya dari gelap ke cerah. Saya suka sekali buku ini.”

Jawaban: Komentar ini setuju dengan penulis.

 

Nah, teman itulah kalimat-kalimat yang dapat kalian gunakan dalam menanggapi suatu karya yang dapat berupa film, buku, novel, drama, dan sebagainya.

Semoga bermanfaat ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.