Jawaban Matematika Kelas 8 Uji Kompetensi Bab 3 Halaman 127 Bagian 2

berikut.id – Jawaban Matematika Kelas 8 Uji Kompetensi Bab 3 Halaman 127 Bagian 2. Teman berikut.id, pada mata pelajaran matematika kelas 8 , teman-teman akan mendapatkan materi tentang relasi dan fungsi.

Kali ini, berikut.id akan membahas jawaban soal matematika uji kompetensi bab 3 yang teman-teman dapatkan di kelas 8. Soal yang akan kita bahas bisa teman-teman temukan pada buku matematika kurikulum 2013 kelas 8 halaman 127.

Teman-teman silahkan kerjakan secara mandiri terlebih dahulu, kemudian cocokan jawaban teman-teman dengan pembahasan dari berikut.id ya!

Jawaban Matematika Kelas 8 Uji Kompetensi Bab 3

Uji Kompetensi Bab 3 Nomor 11-20

Jawaban nomor 1-10 Lihat di sini

11. Jika A = {2, 3, 5, 7} dan B = {4, 6, 8, 9, 10}, banyaknya pemetaan yang mungkin dari A ke B dan dari B ke A berturut-turut adalah ….

A. 225 dan 425
B. 525 dan 225
C. 525 dan 256
D. 625 dan 256

Jawaban : D. 625 dan 256

12. Fungsi f ditentukan oleh f(x) = ax + b. Jika nilai dari fungsi itu untuk x = –3 adalah –15 dan nilai dari fungsi itu untuk x = 3 adalah 9, nilai dari f(−2) + f(2) adalah ….

A. –6
B. –4
C. 4
D. 6

Jawaban : A. –6

13. Fungsi f ditentukan oleh f(x) = ax + b. Jika pasangan-pasangan berurutan (p, −3), (−3, q), (r, 2), (2, −2), dan (−2, 6) adalah anggota dari fungsi itu, nilai p, q, dan r adalah ….

A. p = 5, q = 6, dan r = 2
B. p =3/2 , q = 8, dan r = 2
C. p = 5/2 , q = 8, dan r = 0
D. p = 3, q = 6, dan r = 3

Jawaban : C. p = 5/2, q = 8, dan r = 0

Baca Juga :  Jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 127 Uji Kompetensi Bab 3 Bagian 1

14. Diketahui fungsi f(x) = mx + n, f(–1) = 1, dan f(1) = 5. Nilai m dan n berturut-turut adalah…

A. –2 dan –3
B. 2 dan –3
C. –2 dan 3
D. 2 dan 3

Jawaban : D. 2 dan 3

15. Jika f(2x + 1) = (x – 12)(x + 13), maka nilai dari f(31) adalah ….

A. 46
B. 64
C. 66
D. 84

Jawaban : D. 84

Jawaban Matematika Kelas 8 Uji Kompetensi Bab 3

16. Misalkan f(x) adalah fungsi yang memenuhi (a) untuk setiap bilangan real x dan y, maka f(x + y) = x + f(y) dan (b) f(0) = 2. Nilai dari f(2.016) adalah ….

A. 2.015
B. 2.016
C. 2.017
D. 2.018

Jawaban :D. 2.018

17. Diketahui fungsi bilangan real f(x) = x / (1 –x) , untuk x ≠ 1. Nilai dari f(2.016) + f(2.015) + … + f(3) + f(2) + f(1/2) + f(1/3) + …. + f(1/2015) + f(1/2016) adalah …

A. –4.034
B. –4.032
C. –4.030
D. –4.028

Jawaban :C. –4.030

18. Untuk setiap bilangan bulat x didefinisikan fungsi f dengan f(x) adalah banyaknya angka (digit) dari x. Contoh: f(216) = 3, dan f(2.016) = 4. Nilai f(2^2016) + f(5^2016) adalah ….

A. 2.015
B. 2.016
C. 2.017
D. 2.018

Jawaban :C. 2.017

19. Perhatikan diagram berikut ini

Pernyataan yang dapat kamu simpulkan dari diagram panah di atas adalah sebagai berikut.
(i ) Setiap siswa tepat mempunyai nomor induk satu. Jadi, setiap anggota A hanya mempunyai tepat satu dengan anggota B.

( ii) Dengan demikian pengertian dari korespondesi satu-satu adalah beberapa dari anggota himpunan A maupun dari anggota B hanya mempunyai satu kawan.

(iii ) Setiap siswa bisa mempunyai nomor induk lebih dari satu. Jadi, setiap anggota A bisa mempunyai lebih satu dengan anggota B.

(iv ) Dengan demikian pengertian dari korespondesi satu-satu adalah setiap dari anggota himpunan A maupun dari anggota B hanya mempunyai satu kawan.

Baca Juga :  Jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 124 Ayo Kita Berlatih 3.4

Pernyataan yang benar dari kesimpulan di atas adalah ….
A. (i) dan (ii)
B. (ii) dan (iii)
C. (i) dan (iv)
D. (ii) dan (iv)

Jawaban :C. (i) dan (iv)

20. Jika X = {2, 3, 5, 7, 11} dan Y = { a, b, c, d, e}, banyaknya korespondensi satu-satu yang mungkin terjadi adalah ….

A. 24
B. 120
C. 540
D. 720

Jawaban : B. 120

Jawaban bagian esai lihat di sini

 

 

Penutup

Teman-teman, itulah pembahasan yang bisa berikut.id bagikan. Semoga bisa membantu teman-teman dalam memahami materi tersebut, ya! Jangan lupa bagikan kepada teman-teman lain agar semakin bermanfaat!

Tetap semangat dan jangan lupa simak pembahasan lain di berikut.id ya!

 

Disclaimer:
1. Jawaban pada berikut.id bisa saja berbeda dengan penjelasan guru di sekolah teman-teman
2. Jadikan pembahasan ini sebagai salah satu referensi teman-teman dalam mengerjakan soal dan bukan sebagai acuan utama
3. Jawaban pada berikut.id tidak mutlak kebenarannya

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.