berikut.id – Jawaban Matematika Kelas 8 Uji Kompetensi Bab 3 Halaman 127 Bagian 2. Teman berikut.id, pada mata pelajaran matematika kelas 8 , teman-teman akan mendapatkan materi tentang relasi dan fungsi.
Kali ini, berikut.id akan membahas jawaban soal matematika uji kompetensi bab 3 yang teman-teman dapatkan di kelas 8. Soal yang akan kita bahas bisa teman-teman temukan pada buku matematika kurikulum 2013 kelas 8 halaman 127.
Teman-teman silahkan kerjakan secara mandiri terlebih dahulu, kemudian cocokan jawaban teman-teman dengan pembahasan dari berikut.id ya!
Jawaban Matematika Kelas 8 Uji Kompetensi Bab 3
Uji Kompetensi Bab 3 Nomor 11-20
Jawaban nomor 1-10 Lihat di sini
11. Jika A = {2, 3, 5, 7} dan B = {4, 6, 8, 9, 10}, banyaknya pemetaan yang mungkin dari A ke B dan dari B ke A berturut-turut adalah ….
A. 225 dan 425
B. 525 dan 225
C. 525 dan 256
D. 625 dan 256
Jawaban : D. 625 dan 256
12. Fungsi f ditentukan oleh f(x) = ax + b. Jika nilai dari fungsi itu untuk x = –3 adalah –15 dan nilai dari fungsi itu untuk x = 3 adalah 9, nilai dari f(−2) + f(2) adalah ….
A. –6
B. –4
C. 4
D. 6
Jawaban : A. –6
13. Fungsi f ditentukan oleh f(x) = ax + b. Jika pasangan-pasangan berurutan (p, −3), (−3, q), (r, 2), (2, −2), dan (−2, 6) adalah anggota dari fungsi itu, nilai p, q, dan r adalah ….
A. p = 5, q = 6, dan r = 2
B. p =3/2 , q = 8, dan r = 2
C. p = 5/2 , q = 8, dan r = 0
D. p = 3, q = 6, dan r = 3
Jawaban : C. p = 5/2, q = 8, dan r = 0
14. Diketahui fungsi f(x) = mx + n, f(–1) = 1, dan f(1) = 5. Nilai m dan n berturut-turut adalah…
A. –2 dan –3
B. 2 dan –3
C. –2 dan 3
D. 2 dan 3
Jawaban : D. 2 dan 3
15. Jika f(2x + 1) = (x – 12)(x + 13), maka nilai dari f(31) adalah ….
A. 46
B. 64
C. 66
D. 84
Jawaban : D. 84
Jawaban Matematika Kelas 8 Uji Kompetensi Bab 3
16. Misalkan f(x) adalah fungsi yang memenuhi (a) untuk setiap bilangan real x dan y, maka f(x + y) = x + f(y) dan (b) f(0) = 2. Nilai dari f(2.016) adalah ….
A. 2.015
B. 2.016
C. 2.017
D. 2.018
Jawaban :D. 2.018
17. Diketahui fungsi bilangan real f(x) = x / (1 –x) , untuk x ≠ 1. Nilai dari f(2.016) + f(2.015) + … + f(3) + f(2) + f(1/2) + f(1/3) + …. + f(1/2015) + f(1/2016) adalah …
A. –4.034
B. –4.032
C. –4.030
D. –4.028
Jawaban :C. –4.030
18. Untuk setiap bilangan bulat x didefinisikan fungsi f dengan f(x) adalah banyaknya angka (digit) dari x. Contoh: f(216) = 3, dan f(2.016) = 4. Nilai f(2^2016) + f(5^2016) adalah ….
A. 2.015
B. 2.016
C. 2.017
D. 2.018
Jawaban :C. 2.017
19. Perhatikan diagram berikut ini
Pernyataan yang dapat kamu simpulkan dari diagram panah di atas adalah sebagai berikut.
(i ) Setiap siswa tepat mempunyai nomor induk satu. Jadi, setiap anggota A hanya mempunyai tepat satu dengan anggota B.
( ii) Dengan demikian pengertian dari korespondesi satu-satu adalah beberapa dari anggota himpunan A maupun dari anggota B hanya mempunyai satu kawan.
(iii ) Setiap siswa bisa mempunyai nomor induk lebih dari satu. Jadi, setiap anggota A bisa mempunyai lebih satu dengan anggota B.
(iv ) Dengan demikian pengertian dari korespondesi satu-satu adalah setiap dari anggota himpunan A maupun dari anggota B hanya mempunyai satu kawan.
Pernyataan yang benar dari kesimpulan di atas adalah ….
A. (i) dan (ii)
B. (ii) dan (iii)
C. (i) dan (iv)
D. (ii) dan (iv)
Jawaban :C. (i) dan (iv)
20. Jika X = {2, 3, 5, 7, 11} dan Y = { a, b, c, d, e}, banyaknya korespondensi satu-satu yang mungkin terjadi adalah ….
A. 24
B. 120
C. 540
D. 720
Jawaban : B. 120
Jawaban bagian esai lihat di sini
Penutup
Teman-teman, itulah pembahasan yang bisa berikut.id bagikan. Semoga bisa membantu teman-teman dalam memahami materi tersebut, ya! Jangan lupa bagikan kepada teman-teman lain agar semakin bermanfaat!
Tetap semangat dan jangan lupa simak pembahasan lain di berikut.id ya!
Disclaimer:
1. Jawaban pada berikut.id bisa saja berbeda dengan penjelasan guru di sekolah teman-teman
2. Jadikan pembahasan ini sebagai salah satu referensi teman-teman dalam mengerjakan soal dan bukan sebagai acuan utama
3. Jawaban pada berikut.id tidak mutlak kebenarannya