berikut.id – Jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 127 Uji Kompetensi Bab 3 Bagian 1. Teman berikut.id, pada mata pelajaran matematika kelas 8 , teman-teman akan mendapatkan materi tentang relasi dan fungsi.
Kali ini, berikut.id akan membahas jawaban soal matematika uji kompetensi bab 3 yang teman-teman dapatkan di kelas 8. Soal yang akan kita bahas bisa teman-teman temukan pada buku matematika kurikulum 2013 kelas 8 halaman 127.
Teman-teman silahkan kerjakan secara mandiri terlebih dahulu, kemudian cocokan jawaban teman-teman dengan pembahasan dari berikut.id ya!
Jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 127
Uji Kompetensi Bab 3 Nomor 1-10
A. Pilihan Ganda
1. Diketahui himpunan P = {1, 2, 3, 5} dan Q = {2, 3, 4, 6, 8, 10}. Jika ditentukan himpunan pasangan berurutan {(1, 2), (2, 4), (3, 6), (5, 10)}, maka relasi dari himpunan P ke himpunan Q adalah ….
A. kurang dari
B. setengah dari
C. dua kali dari
D. kuadrat dari
Jawaban : B. setengah dari
2. Empat orang anak bernama Tohir, Erik, Taufiq, dan Zainul mempunyai kesukaan masing-masing. Kesukaan Tohir belajar kelompok dan menulis cerpen, kesukaan Erik bermain komputer dan renang, kesukaan Taufiq menulis cerpen dan renang, dan kesukaan Zainul renang saja. Anak yang mempunyai kesukaan menulis cerpen, tetapi tidak suka belajar kelompok adalah ….
A. Tohir
B. Erik
C. Taufiq
D. Zainul
Jawaban : C. Taufiq
3. Diketahui himpunan pasangan berurutan:
(i) {(0, 0), (2, 1), (4, 2), (6, 3)}
(ii) {(1, 3), (2, 3), (1, 4), (2, 4)}
(iii) {(1, 5), (2, 5), (3, 5), (4, 5)}
(iv) {(5, 1), (5, 2), (4, 1), (4, 2)}
Himpunan pasangan berurutan yang merupakan pemetaan (fungsi) adalah ….
A. (i) dan (ii)
B. (i) dan (iii)
C. (ii) dan (iii)
D. (iii) dan (iv)
Jawaban : B. (i) dan (iii)
4. Antara himpunan A = {a, b} dan himpunan B = {1, 2, 3} dapat dibentuk banyak pemetaan dengan ….
A. 3 cara
B. 6 cara
C. 8 cara
D. 9 cara
Jawaban : D. 9 cara
5. Bila P = {a, b, c} dan Q = {1, 2, 3}, maka banyaknya korespondensi satu-satu yang mungkin dari P ke Q adalah ….
A. 3 cara
B. 6 cara
C. 9 cara
D. 27 cara
Jawaban :B. 6 cara
Jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 127
6. Fungsi f : x → x + 1 dengan daerah asal {2, 4, 6, 8} memiliki daerah hasil ….
A. {2, 4, 6, 8}
B. {3, 5, 7, 9}
C. {1, 3, 5, 7}
D. {2, 3, 4, 5}
Jawaban : B. {3, 5, 7, 9}
7. Jika diketahui f(x) = 2x + 5 dan f(x) = –3, maka nilai dari x adalah ….
A. –3
B. –4
C. –5
D. –6
Jawaban :B. –4
8. Diketahui fungsi f : x → 2x – 1. Pernyataan di bawah ini yang salah adalah ….
A. 3 → 4
B. f(–5) = –11
C. jika f(a) = 5, maka a = 3
D. bayangan 1 adalah 1
Jawaban : A. 3 → 4
9. Diketahui G(x) = ax + b. Jika G(–2) = –4 dan G(–6) = 12, maka bentuk fungsi G adalah ….
A. G(x) = –4x + 12
B. G(x) = –4x – 12
C. G(x) = –2x + 6
D. G(x) = –4x – 6
Jawaban :B. G(x) = –4x – 12
10. Daerah asal fungsi yang didefinisikan dengan fungsi f dari x ke 2x – 1 adalah {x | −2x < x < 3; x ∈ B}. Daerah hasilnya adalah …..
A. {–3, –1, 1, 3}
B. {–2, –3, –1, 1, 3, 4}
C. {–2, –1, 0, 1, 3}
D. { –1, 0, 1, 2}
Jawaban : A. {–3, –1, 1, 3}
Jawaban nomor 11-20 Lihat di sini sedangkan jawaban bagian esai lihat di sini
Penutup
Teman-teman, itulah pembahasan yang bisa berikut.id bagikan. Semoga bisa membantu teman-teman dalam memahami materi tersebut, ya! Jangan lupa bagikan kepada teman-teman lain agar semakin bermanfaat!
Tetap semangat dan jangan lupa simak pembahasan lain di berikut.id ya!
Disclaimer:
1. Jawaban pada berikut.id bisa saja berbeda dengan penjelasan guru di sekolah teman-teman
2. Jadikan pembahasan ini sebagai salah satu referensi teman-teman dalam mengerjakan soal dan bukan sebagai acuan utama
3. Jawaban pada berikut.id tidak mutlak kebenarannya