Jawaban Latihan 6.1 Matematika Halaman 153 Kelas 10

Jawaban Latihan 6.1 Matematika Halaman 153 Kelas 10

Jawaban Latihan 6.1 Matematika Halaman 153 Kelas 10 — Hai sobatku semuanya, salam giat belajar. Berikut jawaban tentang “Latihan 6.1” Muatan Pelajaran Matematika kelas X BAB VI. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang Fungsi Kuadrat.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami serta berlatih mengerjakan soal yang berkaitan dengan tersebut maka akan semakin mempermudah bagi adik adik dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan berikut hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan.

Jawaban Matematika Halaman 153 Kelas 10

Latihan 6.1

1. a. Tentukan parabola yang terbuka ke atas dan ke bawah

b. Bandingkan kedua parabola. Menurut kalian, parabola mana lebih lebar terbukanya? Konstanta dari fungsi kuadrat y = f (x) = ax2  + bx + c mana yang menentukan?

Jawaban

a. Jembatan A terbuka ke bawah dan jembatan bawah B terbuka ke atas

b. Yang menentukan lebar sempitnya grafik fungsi kuadrat terbuka adalah nilai a. Untuk menjawab soal b ini minta siswa mengamati sepuluh grafik yang sudah dibuat

Untuk menjawab soal b ini minta adik adik mengamati sepuluh grafik yang sudah dibuat

Fungsi y = f (x) = ax2 + bx + cTitik potong dengan sumbu Yc
a. f (x) = x2(0,0)
b. f (x) = x2  – 2– 3(0,-3)3
c. f (x) = –x2  – x + 2(0,2)2
d. f (x) = 3x2  – 6x – 9(0,-9)-9
e. f (x) = -2x2  – 2x +4(0,4)4
f. f (x) = 2x– 4x – 4(0,2)2
g. f (x) = –x2  + 4x – 4(0,-4)-4
h. f (x) = 2x + 4x +2(0,2)2
i. f (x) = -3x2  – 12x – 15(0,-15)-15
j. f (x) = 2x+ 1(0,1)1

2. Fungsi kuadrat yang terbuka ke atas adalah______________(Jawaban bisa lebih dari satu)

Baca Juga :  Jawaban Matematika kelas 7 Soal Ringkasan halaman 86

a. f (x) = 3x2 + 4x +1
b. f (x) =-4x2 + 4x + 5
c. f (x) = – 3x2 + 4 x + 1
d. f (x) = 4x2 + 4x + 5

Jawaban

A dan D atau f (x) = 3x2 + 4x +1 dan f (x) =4x2 + 4x + 5

3. Fungsi kuadrat yang terbuka ke bawah adalah______________(Jawaban bisa lebih dari satu)

a. f (x) = x2 + 2x + 1
b. f (x) = -2x2 + 3x + 5
c. f (x) = -3x2 + 8x – 1
d. f (x) = 4x2 + 11x – 7

Jawaban

B dan C atau f (x) = -2x2 + 3x + 5 dan f (x) = -3x2 + 8x – 1

4. Perhatikan diagram gerak di bawah ini. Diagram gerak adalah diagram yang menunjukkan posisi terhadap waktu dimana selang waktu antar dua posisi selalu sama. Gambar mana yang akan menghasilkan fungsi kuadrat f (x) = ax2  + bx + c dengan a < 0, a = 0, dan a > 0

Jawaban

Gambar pertama menunjukkan nilai a = 0 karena untuk selang waktu yang sama jarak tempuh sama besar.

Gambar kedua menunjukkan nilai a > 0 karena untuk selang waktu yang sama jarak tempuh makin besar (perhatikan hasil eksplorasi 1).

Gambar ketiga menunjukkan nilai a < 0 karena untuk selang waktu yang sama jarak tempuh makin kecil (perhatikan hasil eksplorasi 2).

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Latihan 6.1 Matematika Halaman 153 Kelas 10. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat.

Catatan  :

1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Jawaban Eksplorasi 6.1 Matematika Halaman 147-148 Kelas 10
Jawaban Eksplorasi 6.2 Matematika Halaman 148 Kelas 10
Jawaban Ayo Bekerja Sama Matematika Halaman 150 Kelas 10
Jawaban Matematika Halaman 150 – 151 Kelas 10
Jawaban Eksplorasi 6.4 Matematika Halaman 152 Kelas 10

Baca Juga :  Kunci Jawaban Menuliskan Ulang Alur Teks “Bola-Bola Waktu”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *