Informatika Kelas 8

Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas K8-TIK-04 Membuat Laporan Dokumentasi Program dengan Aplikasi Pengolah Kata Halaman 66 67 Kurikulum Merdeka

Berikut.id – Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas K8-TIK-04 Membuat Laporan Dokumentasi Program dengan Aplikasi Pengolah Kata Halaman 66 67 Kurikulum Merdeka. Halo Adik-Adik! Kali ini Berikut.id akan membahas Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas K8-TIK-04 Membuat Laporan Dokumentasi Program dengan Aplikasi Pengolah Kata Halaman 66 67 Kurikulum Merdeka.

 

Aktivitas K8-TIK-04: Membuat Laporan Dokumentasi Program dengan Aplikasi Pengolah Kata

 

Apa yang Kalian Perlukan?

 

  • Komputer yang sudah terpasang aplikasi perkantoran pengolah kata dan snipping tool.
  • Kode program dalam Scratch yang akan Adik-Adik buat dengan cara meniru.

 

Apa yang Harus Kalian Lakukan?

 

Pada aktivitas ini, Adik-Adik akan membuat sebuah laporan yang berisi tentang berbagai jenis objek dengan aplikasi pengolah kata dan dengan bantuan snipping tools. Kedepannya, laporan seperti ini akan sering Adik-Adik butuhkan, seperti untuk membuat dokumentasi tugas, laporan ringkas, dan lain sebagainya.

 

Deskripsi Tugas

 

Buatlah sebuah laporan menggunakan aplikasi pengolah kata dam snipping tools. Isi dari laporan tersebut adalah penjelasan atau dokumentasi dari sebuah program game dengan Scratch sebagai berikut.

Gambar Aktivitas K8-TIK-04

Aplikasi mengandung 3 buah sprites hewan, yakni bebek, landak-1, dan landak-2. Saat aplikasi berjalan, dua ekor landak akan bergerak dari tempatnya, dari kanan ke kiri secara terus-menerus. Nantinya, guru yang akan memberikan program ini dan Adik-Adik dapat mencoba menjalankannya dan melihat kode programnya.

 

Tugas Adik-Adik adalah untuk membuat laporan dalam bentuk dokumentasi yang berisi:

  1. Identitas diri, seperi nama dan nomor peserta didik.
  2. Penjelasan ringkas tentang program Scratch yang dibuat.
  3. Daftar sprites yang diprogram dalam bentuk sebuah tabel, dengan kolom “Sprites”, dan keterangan saat dijalankan. Isi kolom sprites adalah gambar sprites yang Adik-Adik gunakan.
  4. Model komputasi berupa algoritma, yang akan menggambarkan gerakan bebek setiap kali program berjalan. Buat algoritma dengan editor pada menu “Shape”. Gunakan satu kotak untuk satu perintah dan panah untuk menunjuk langkah berikutnya.
  5. Tangkapan layar Scratch saat kondisi awal dan akhir.
  6. Penjelasan penutup, yang berisi pesan-pesan Adik-Adik selaku penulis program.
Baca Juga :  Jawaban Modul 5 Topik 7 Dimensi Mandiri

Karena gambarnya sederhana dan tidak ada banyak perhitungan di tabelnya, Adik-Adik dapat menggunakan aplikasi pengolah kata untuk menulis dokumentasi ini.

 

Deskripsi Hasil Tugas

 

File hasil tugas berupa dua file dengan konten yang sama, namun formatnya berbeda, dengan nama Kelompok-XX.docx dan Kelompok-XX.pdf dengan XX adalah nomor kelompok masing-masing dan kumpulkan sesuai arahan guru. Selain memeriksa tampilannya, guru juga akan memeriksa kerapian dari file yang Adik-Adik kumpulkan.

 

Jawaban Aktivitas K8-TIK-04: Membuat Laporan Dokumentasi Program dengan Aplikasi Pengolah Kata

 

1. Identitas Adik-Adik: nama dan nomor peserta didik.

 

2. Penjelasan ringkas tentang program Scratch yang dibuat.

Contoh penjelasan ringkas: Program adalah game yang dibuat dengan Scratch dimana pengguna dapat memainkan tombol spasi yang akan menggerakkan bebek untuk menghindari landak yang terus berjalan. Jika pengguna melompat untuk menghindari landak, pengguna akan mendapat skor tambahan sebanyak 1. Jika bebek menyentuh landak, maka program akan berhenti.

 

3. Daftar Sprites yang diprogram dalam bentuk sebuah tabel, dengan kolom “Sprites”, kode, dan keterangan perilaku saat berjalan. Isi kolom sprites adalah gambar sprites yang Adik-Adik pilih.

Gambar Jawaban Aktivitas K8-TIK-04 (1)

Gambar Jawaban Aktivitas K8-TIK-04 (2)

 

4. Model komputasi berupa algoritma, yang akan menggambarkan gerakan bebek setiap kali program berjalan. Buat algoritma dengan editor pada menu “Shape”. Gunakan kotak dan panah.

Gambar Jawaban Aktivitas K8-TIK-04 (3)

 

5. Tangkapan layar Scratch saat kondisi awal dan akhir

Contoh kondisi awal:

Gambar Jawaban Aktivitas K8-TIK-04 (4)

Contoh kondisi akhir:

Gambar Jawaban Aktivitas K8-TIK-04 (5)

 

6. Penjelasan penutup, yang berisi pesan-pesan Adik-Adik selaku penulis program.

Contoh pesan penulis program:

Program yang kami kembangkan adalah program sederhana, dan dapat berkembang lagi ke tahap yang lebih kompleks, seperri denhan menambah level.

 

Baca Juga :  Jawaban Ayo Latihan No 2 dan 3 IPA Halaman 59 Kelas 7

Adik-Adik, itulah kunci Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas K8-TIK-04 Membuat Laporan Dokumentasi Program dengan Aplikasi Pengolah Kata Halaman 66 67 Kurikulum Merdeka. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

 

Disclaimer: kunci jawaban pada artikel ini merupakan panduan untuk orang tua. Siswa dapat bereksplorasi dengan jawaban yang lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak. Berikut.id tidak bertanggung jawab atas kesalahan pada kunci jawaban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *