Informatika Kelas 8

Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas K8-TIK-05 Membuat Laporan Kegiatan dengan Aplikasi Pengolah Kata Halaman 68 69 Kurikulum Merdeka

Berikut.id – Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas K8-TIK-05 Membuat Laporan Kegiatan dengan Aplikasi Pengolah Kata Halaman 68 69 Kurikulum Merdeka. Halo Adik-Adik! Kali ini Berikut.id akan membahas jawaban Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas K8-TIK-05 Membuat Laporan Kegiatan dengan Aplikasi Pengolah Kata Halaman 68 69 Kurikulum Merdeka.

 

Aktivitas K8-TIK-05: Membuat Laporan Kegiatan dengan Aplikasi Pengolah Kata

 

Pada materi yang telah Adik-Adik dapat sebelumnya, aplikasi yang Adik-Adik gunakan diperlakukan sebagai aplikasi mandiri yang terpisah. Dalam pekerjaan sehari-hari, terkadang kita perlu membuat laporan yang tidak hanya berisi teks. Misalnya, saat ingin membuat laporan percobaan IPA, Adik-Adik perlu menulis laporan utama berupa teks, menyajikan data dalam bentuk tabel atau grafik, dan menambahkan gambar/foto ke dalam laporan. Dengan demikian, laporan akan lebih menarik dan bermakna. Proses pembuatan laporan atau presentasi juga akan lebih efektif dan efisien .

 

Terdapat banyak cara untuk memasukkan konten aplikasi perkantoran ke dalam dokumen Word. Cara yang paling umum adalah menggunakan perintah Potong/Salin/Tempel, yang telah Adik-Adik lakukan sebelumnya. Selain itu, Adik-Adik juga dapat melakukan perekaman layar komputer dengan tombol [PrtScr] atau dengan snipping tools.

 

Apa yang Kalian Perlukan?

 

Pada kegiatan ini, Adik-Adik memerlukan komputer dengan sistem operasi Windows dan telah terpasang aplikasi-aplikasi seperti:

  1. Aplikasi pengolah kata
  2. Aplikasi pengolah lembar kerja
  3. Peramban untuk mengakses Google Map
  4. Snipping tools

 

Apa yang Harus Kalian Lakukan?

 

Adik-Adik harus membuat sebuah laporan (maksimal dua lembar) tentang hasil olimpiade berpikir komputasi di sekolah dalam format pengolah kata.

Baca Juga :  Jawaban Modul 2 Asesmen Pembelajaran

 

Deskripsi Kegiatan

 

Adik-Adik wajib untuk membuat laporan yang salah satu babnya berisi tentang statistik dari hasil olimpiade sekolah. Laporan ini pastinya harus Adik-Adik kerjakan dengan menggunakan pengolah kata. Juri menyerahkan hasil olimpiade dalam bentuk file dari pengolah lembar kerja. Juri telah membuat statistik dari hasil olimpiade berupa rata-rata hasil lomba tiap kelas berupa tabel dan grafik.

 

Laporan yang Adik-Adik susun minimal harus berisi hal-hal di bawah ini.

  • Judul: Laporan Hasil Olimpiade Berpikir Komputasi.
  • Nama Sekolah: SMP X (Ganti dengan nama sekolah Adik-Adik).
  • Alamat: Alamat sekolah, disertai dengan gambar peta sekolah dengan tangkapan layar aplikasi peta (Google map).
  • Narasi Laporan Ringkas: merupakan laporan kegiatan secara ringkas yang berisi tujuan lomba, waktu pelaksanaan lomba, mekanisme lomba, peserta lomba, juri, dan pemenang lomba. Gunakan fitur di pengolah lata seperti numbering, tabel (tanpa tepi) untuk memformat laporan, dan lain sebagainya.
  • Statistik Hasil Olimpiade: Gunakan file lembar kerja yang telah dibuat oleh juri, yang data mentahnya telah disediakan oleh guru dengan mengintegrasikannya ke laporan kalian.

 

Format Laporan

 

Adik-Adik harus membuat laporan untuk dicetak pada kertas A4 dan terdapat nomor halaman pada bagian footer.

 

Buatlah laporan dengan kreatif (Adik-Adik bebas untuk memilih jenis huruf), tetapi tetap informatif. Tulislah langkah dan fitur yang Adik-Adik gunakan untuk menghasilkan laporan tersebut pada buku kerja. Guru akan menilai laporan berdasarkan ketajaman isi konten dan keindahan komposisi objeknya.

 

Adik-Adik, itulah kunci Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas K8-TIK-05 Membuat Laporan Kegiatan dengan Aplikasi Pengolah Kata Halaman 68 69 Kurikulum Merdeka. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

 

Disclaimer: kunci jawaban pada artikel ini merupakan panduan untuk orang tua. Siswa dapat bereksplorasi dengan jawaban yang lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak. Berikut.id tidak bertanggung jawab atas kesalahan pada kunci jawaban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *