Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas AP-K8-04 Eksplorasi Music Halaman 194 195 196 197 198 199 Kurikulum Merdeka

Berikut.id – Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas AP-K8-04 Eksplorasi Music Halaman 194 195 196 197 198 199 Kurikulum Merdeka. Halo Adik-Adik! Kali ini Berikut.id akan membahas Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas AP-K8-04 Eksplorasi Music Halaman 194 195 196 197 198 199 Kurikulum Merdeka.

 

Aktivitas AP-K8-04: Eksplorasi Music

 

Melalui aktivitas ini, Adik-Adik mampu menyelesaikan eksplorasi block music, memahami proses fungsi/prosedur pasa Blockly, dan sebagai tambahan Asik-Adik juga dapat mengerti pembacaan noy balok.

 

Skenario Aktivitas

 

Eksplorasi music ini juga memiliki 10 lwvel, dengan tingkat kesulitan yang semakin meningkat. Mulai dari level 1 yang paling mudah, hanya membutuhkan 4 buah blok not blok sampai level 9 di mana Adik-Adik dpat memakai beberapa fungsi/prosedur, beragam jenis not balok, dan jenis output suara yang juga beragam. Di level 10, Adik-Adik akan diminta untuk membuat lagu dengan menyusun not balok sendiri.

 

Tampilan permainan Music dalam situs terdapat pada uraian berikut:

Gambar Aktivitas AP-K8-04 (1)

 

Bagian-bagian dari tampilan berikut mirip dengan tampilan pada permainan Maze. Hanya terdapat perubahan pada blok yang tersedia dan sebuah slide bar pada bagian kiri seperti pada gambar di bawah ini.

Gambar Aktivitas AP-K8-04 (2)

 

Slide bar tersebut berfungsi untuk mempercepat dan memperlambat jalannya program. Cobalah untuk menyelesaikan level 1 san bereksplorasi dengan slide bar tersebut. Untuk menyelesaikan permainan Music, Adik-Adik harus menentukan nada yang akan Adik-Adik mainkan saat Run Program ditekan. Nada-nada yang Adik-Adik mainkan sesuai dengan blok [play . . note . . ] yang tersedia.

Gambar Aktivitas AP-K8-04 (3)

 

Pada permainan ini, output daru program tidak hanya berupa menampilkan gambar, tetapi juga menghasilkan suara. Jika Adik-Adik memasukkan note C4 pada blok [play . . note . . . ], maka program akan mengembalikan suara nada sesuai kunci C4.

Baca Juga :  Jawaban Post Test Modul 5 Merdeka Belajar

 

Lembar kerja Peserta Didik

 

Level 1

 

Adik-Adik dapat memasangkan blok [play . . note . . ] dengan blok [when . . clicked . . ] seperti pasa contoh berikut.

Gambar Aktivitas AP-K8-04 (4)

Cobalah untuk Run Program contoh di atas dan perhatikan apa yang terjadi. Dari contoh di atas, buatlah solusi untuk permainan Music level 1. Tuliskan solusi Adik-Adik pada jurnal dengan format seperti tabel berikut.

Gambar Aktivitas AP-K8-04 (5)

 

Level 2

 

Pada level 2, Adik-Adik akan diberikan permasalahan di mana terdapat 2 ruas berirama yang akan diaminkan. Adik-Adik dapat menyelesaikan permasalahan ini dengan memasangkan blok-blok seperti pada level 1 sebanyak 2 kali. Namun, jika Adik-Adik menyelesaikan permasalahan du lebel 2 dengan cara ini, Adik-Adik akan mendapatkan dialogue box berikut.

Gambar Aktivitas AP-K8-04 (6)

Pada level 2, Adik-Adik diberi 1 jenis blok tambahan, yakni blok untuk membuat Functions. Blok ini ditunjukkan pada gambar berikut.

Gambar Aktivitas AP-K8-04 (7)

Block Functions berguna untuk membuat sebuah bagian dari program yang terpisah dari program utama. Bagian program yang Adik-Adik tulis dalam functions (akan kami sebut fungsi) baru dapat berjalan jika blok fungsi terpasang ke blok [when . . clicked]. Cobalah untuk membuat fungsi berikut.

Gambar Aktivitas AP-K8-04 (8)

Bagian yang ditandai denhan nomor 1 adalah nama dari fungsi uang akan Adik-Adik buat. perhatikan, setelah membuat nama fungsi bernama [Birama 1], Adik-Adik akan menemukan blok dengan nama Birma 1 pasa bagian Functions seperti berikut.

Gambar Aktivitas AP-K8-04 (9)

Untuk menggunakan fungsi ini, seret blok [Birma 1] ke dalam blok [when . . clicked] seperi berikut.

Gambar Aktivitas AP-K8-04 (10)

Tentu saja, Adik-Adik belum mendapatkan solusi yang tepat untuk level 2 jika Adik-Adik baru mempraktikkan contoh di atas. Cobalah untuk memasangkan semua blok di jawaban level q ke dalam fungsi [Birma 1].

Setelah Adik-Adik memasangkan semua blok di jawaban level 1 ke dalam fungsi [Birma 1], Adik-Adik dapat memasangkan blok [Birma 1]  sebanyak w kali ke dalam blok [when . . clicked] seperti berikut.

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas TIK-K7-03 Pencarian Informasi Halaman 50 51 52 53 Kurikulum Merdeka

Gambar Aktivitas AP-K8-04 (11)

Tuliskan blok yang Adik-Adik gunakan untuk menyelesaikan level 2 pada jurnal dengan format berikut.

Gambar Aktivitas AP-K8-04 (5)

Pertanyaan(tulis jawaban pada jurnal)

  1. Mengapa blok [Birma 1] harus berjalan sebanyak 2 kali ?
  2. Dari contoh yang ada, apa kegunaan dari membuat fungsi? Apa keuntungan membuat fungsi dibandingkan dengan menyelesaikan level 2 dengan cara menuliskan seluruh blok pasa level 1 sebanyak 2 kali?

 

Level 3

 

Pada level 3, Adik-Adik alan ditantang untuk menemukan 2 bagian yang masing-masingnya berulang sebanyak 2 kali, yaitu:

Gambar Aktivitas AP-K8-04 (12)

Untuk setiap potongan nada yang berulang, Adik-Adik dapat membuat sebuah fungsi sehingga pada blok [when . . clicked], Adik-Adik dapat memasangkan fungsi yang sudah dibuat sesuai dengan urutan kemunculan mada tersebut. Tuliskan solusi Adik-Adik untuk level 3 pasa jurnal dengan format sebagai berikut.

Gambar Aktivitas AP-K8-04 (5)

 

Level 4

 

Setelah menyelesaikan level 3, mari kita lanjutkan ke level 4. Pada level 4, berapa fungsi yang akan Adik-Adik buat? Tuliskan isi dari fungsi-fungsi yang Adik-Adik buat pada jurnal!

Setelah membuat fungsi-fungsi tersebut, pasangkan fungsi-fungsi tersebut pada blok [when . . clicked] dan Run program. Jika terdapat kesalahan, coba terus sampai Adik-Adik menemukan solusi yang tepat. Tuliskan solusi untuk level 4 pada jurnal seperti format sebagai berikut.

Gambar Aktivitas AP-K8-04 (5)

 

Level 5

 

Selesaikan level 5 dan tuliskan jawaban pada jurnal dengan format sebagai berikut.

Gambar Aktivitas AP-K8-04 (5)

Jika Adik-Adik berhasil menyelesaikan hingga level 5, Adik-Adik sudah belajar sebuah konsep yang bernama fungsi. Adik-Adik akan belajar lebih dalam mengenai fungsi di kelas IX.

 

Jawaban Aktivitas AP-K8-04: Eksplorasi Music

 

Level 1

Gambar Jawaban Aktivitas AP-K8-04 (1)

 

Level 2

Gambar Jawaban Aktivitas AP-K8-04 (2)

Jawaban pertanyaan:

  1. Blok Birma 1 berjalan sebanyak 2 kali karena pada fungsi utama, Birma 1 dipanggil 2 kali.
  2. Dengan membuat fungsi, ketika program ingin menjalankan kode yang ada di fungsi tersebut, tidak perlu lagi mengetikkan semua kode, tetapi cukup memanggil nama fungsinya.
Baca Juga :  Jawaban Ayo Diskusi IPA Halaman 56 Kelas 7

 

Level 3

Gambar Jawaban Aktivitas AP-K8-04 (3)

 

Level 4

Fungsi-fungsi yang Adik-Adik perlukan untuk menyelesaikan lebel 4:

Gambar Jawaban Aktivitas AP-K8-04 (4)

Solusi untuk level 4:

Gambar Jawaban Aktivitas AP-K8-04 (5)

 

Level 5

Gambar Jawaban Aktivitas AP-K8-04 (6)

 

Adik-Adik, itulah kunci Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas AP-K8-04 Eksplorasi Music Halaman 194 195 196 197 198 199 Kurikulum Merdeka. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

 

Disclaimer: kunci jawaban pada artikel ini merupakan panduan untuk orang tua. Siswa dapat bereksplorasi dengan jawaban yang lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak. Berikut.id tidak bertanggung jawab atas kesalahan pada kunci jawaban.

Tinggalkan komentar