Informatika Kelas 8

Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas AD-K8-05 Meringkas Data dengan Pivot Tables Halaman 156 157 Kurikulum Merdeka

Berikut.id – Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas AD-K8-05 Meringkas Data dengan Pivot Tables Halaman 156 157 Kurikulum Merdeka. Halo Adik-Adik! Kali ini Berikut.id akan membahas Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas AD-K8-05 Meringkas Data dengan Pivot Tables Halaman 156 157 Kurikulum Merdeka.

 

Aktivitas AD-K8-05: Meringkas Data dengan Pivot Tables

 

Pada aktivitas ini, Adik-Adik akan meringkas data jumlah kedatangan penumpang pesawat di beberapa bandara pada tahun 2017 san 2018 dari bulan Januari sampai Maret. Peringkasan ini bertujuan untuk memudahkan salam membaca data.

 

Buatlah lembar kerja yang berisi data jumlah kedatangan penumpang pesawat seperti contoh berikut.

Gambar Aktivitas AD-K8-05

 

Asesmen

 

1. Buatlah pivot table satu dimensi dengan nama bandara sebagai rows untuk menunjukkan ringkasan data penumpang yang masuk melalui bandara.

  • Gunakan fungsi jumlah, rata-rata, dan nilai minimun atau maksimum.
  • Gunakan tahun atau bulan sebagai filters.

2. Buatlah pivot table dua dimensi dengan nama bandara sebagai rows dan nama bulan sebagai columns untuk menunjukkan ringkasan data penumpang yang masuk melalui bandara.

  • Gunakan fungsi jumlah, rata-rata, dan nilai minimum atau maksimum.
  • Gunakan tahun sebagai filters.

3. Dari ringkasan data pada butir (2), buatlah chart Column untuk membandingkan jumlah penumpang yang masuk melalui bandara untuk tahun 2017 dan 2018 pada bulan Januari sampai Maret.

4. Menurut Adik-Adik, apa gunanya melakukan peringkasan data ini? Mengapa harus diringkas? Bagaimana jika tidak diringkas?

5. Pada contoh ini, memang data yang diringkas hanya sedikit. Bagaimana jika datanya ada ribuan? Apa strategi Adik-Adik untuk meyakinkan bahwa hasilnya benar?

Baca Juga :  Kunci Jawaban Modul 2 Merancang Pembelajaran SD/ Paket A

 

Jawaban Aktivitas AD-K8-05: Meringkas Data dengan Pivot Tables

 

  1. Jawaban:

Gambar Jawaban Aktivitas AD-K8-05 (1)

 

2. Jawaban:

Gambar Jawaban Aktivitas AD-K8-05 (2)

 

3. Jawaban

Gambar Jawaban Aktivitas AD-K8-05 (3)

 

4. Peringkasan data berguna untuk mempermudah analisis data. Akan lebih mudah untuk membandingkan antara data yang satu dengan yang lainnya apabila datanya ringkas. Setelah meringkas data, Adik-Adik dapat melihat jumlah kedatangan penumpang di Ngurah Rai lebih banyak dari jumlah kedatangan penumpang di Soekarno-Hatta.

Jika tidak meringkas datanya, maka Adik-Adik akan kesulitan saat menganalisis data, terlebih lagi jika volume datanya besar.

 

5. Untuk mengolah data yang bervolume besar (ribuan), Adik-Adik harus memastikan bahwa data tersebut valid. Sebagai contoh, Adik-Adik harus mengetik data nama bulan atau nama bandara dengan benar, sehingga saat meringkasnya nilai jumlahnya adalah hasil yang benar. Jadi Adik-Adik harus memastikan setiap bagian datanya valid atau benar.

 

Adik-Adik, itulah kunci Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas AD-K8-05 Meringkas Data dengan Pivot Tables Halaman 156 157 Kurikulum Merdeka. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

 

Disclaimer: kunci jawaban pada artikel ini merupakan panduan untuk orang tua. Siswa dapat bereksplorasi dengan jawaban yang lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak. Berikut.id tidak bertanggung jawab atas kesalahan pada kunci jawaban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *