istilah dalam buku bergambar
istilah dalam buku bergambar

Istilah dalam Buku Bergambar

Berikut.id – Istilah dalam Buku Bergambar. Teman, apakah kalian suka membaca buku? Buku apa saja yang kalian baca?

 

istilah dalam buku bergambar
 

Buku yang dapat kalian baca antara lain: buku komik, novel, buku pengetahuan, ataupun buku biografi, dan lain-lain. Mungkin banyak dari kalian menyukai buku karena isinya, synopsis yang kalian baca, atau bahkan karena gambar yang menarik perhatian kalian.

Salah satu hal yang menarik perhatian pembaca buku adalah gambarnya. Apakah kalian tahu apa yang dimaksud dengan buku bergambar?
Buku bergambar adalah buku yang terdiri atas elemen teks dan gambar yang saling mendukung. Bagaimana buku bergambar dibuat? Untuk membuat buku bergambar yang baik, penulis, ilustrator, editor, dan penata letak atau desainer bekerja sama untuk menghasilkan teks cerita dan gambar atau ilustrasi yang padu dan memikat.

Elemen teks dan gambar pada buku membantu pembaca memahami materi bacaan, menangkap emosi, nada, serta suasana pada bacaan. Misalnya, melalui penggambaran gestur, ekspresi wajah, komposisi warna, kalian dapat menafsirkan emosi tokoh yang disampaikan oleh penulis. Kalian juga dapat menafsirkan suasana dan emosi yang dibangun sepanjang cerita melalui pemilihan warna, fokus, dan gerak benda dalam gambar pada buku.

Pernahkah kalian memperhatikan gambar pada buku yang kalian baca? Gambar tersebut akan membuat kita memahami lebih jauh cerita apa yang disajikan dalam buku. Keberadaan gambar juga akan membuat pembaca lebih tertarik pada buku tersebut.

Sebelum menganalisis gambar pada buku Itam dan U, kenalilah beberapa istilah berikut ini.

Istilah dalam Buku Bergambar

1. Nada (atau tone)

Nada (atau tone) dihasilkan dari pencampuran beberapa warna sehingga dapat dihasilkan warna dengan nuansa yang cerah atau gelap. Nada pada gambar biasanya mewakili emosi (senang atau ceria, optimistis, muram atau sedih) yang ingin disampaikan penulis.

Baca Juga :  Jawaban No 3 Uji Kemampuan IPA Halaman 11

 

2. Fokus pada gambar

Fokus pada gambar ditunjukkan oleh objek yang ukurannya paling besar atau yang paling jelas pada gambar. Fokus dipilih oleh ilustrator untuk mengarahkan perhatian pembaca kepada objek tertentu pada gambar.

 

Nah teman, itulah dua istilah yang perlu kalian ketahui tentang buku bergambar. Nada/tone akan membuat kita memahami emosi yang ingin disampaikan penulis, sedangkan focus pada gambar akan membuat kita lebih focus pada objek tertentu.
Semoga bermanfaat ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.