Gambar Aquarium

Cara Merawat Aquarium

Cara Merawat Aquarium – merawat aquarium merupakan suatu kewajiban bagi setiap pecinta ikan hias. Namun masih banyak orang yang masih belum tau bagaimana cara merawat aquarium yang baik dan benar. Hal ini mengakibatkan kebersihan dan kelangsungan hidup biota didalamnya terganggu.

 

Nah, bagi sobat yang ingin mengetahui bagaimana cara merawat aquarium yang baik dan benar, kami akan mengulasnya di bawah ini.

 

Cara-Cara Merawat Aquarium

 

Membersihkan Aquarium Setiap Hari

 

Setiap hari, sobat dapat memeriksa kesehatan ikan. Sobat harus memberi makan secara cukup dan tidak berlebih agar tidak mengotori aquarium. Sobat juga dapat memeriksa temperatur air agar ikan merasa nyaman dan mengatur pencahayaan agar tumbuhan dapat tumbuh.

 

Membersihkan Aquarium Seminggu Sekali

 

Pastikan untuk mengecek filter setiap seminggu sekali dan lihat apakah filter masih bersih atau sudah kotor. Jika sobat memelihara ikan hias air laut, sobat juga harus memperhatikan kandungan garam dan pH dalam aquarium.

 

Membersihkan Aquarium Dua Minggu Sekali

 

Jika sobat hanya memiliki waktu untuk membersihkan aquarium dua minggu sekali, sobat dapat mulai dengan membersihkan algae yang menempel. Algae ini menumpuk dan merusak keindahan aquarium, selain itu suplai oksigen untuk ikan dan biota juga terganggu. Setelah itu, sobat dapat menguras aquarium dan mengganti airnya.

 

Membersihkan Aquarium Sebulan Sekali

 

Baca Juga :  Penyakit Ikan Guppy

Jika sobat hanya dapat membersihkan aquarium sebulan sekali, sobat dapat memulainya denhan membersihkan semua peralatan dan aksesoris aquarium. Cek juga filter aquarium dan ganti kain filter yang sudah kotor dengan kain yang bersih.

 

Periksa juga apakah ada kerikil yang menutupi atau tersangkut di dalam filter. Bersihkan juga algae pada kaca aquarium dengan magnet pembersih.

 

Cara Membersihkan Aquarium Air Tawar Tanpa Dikuras

 

Ganti Sebagian Air Aquarium

 

Menguras air aquarium dan menggantinya dengan yang baru sangat beresiko. Hal ini dapat mengganggu kesehatan ikan, menyebabkan stres, sakit, dan kemudian mati. Maka dari itu, sobat hanya perlu mengganti air sebanyak 15% saja. Jika sobat membersihkan aquarium 2 bulan sekali, sobat hanya perlu mengganti 25-50% nya.

 

Bersihkan Kotoran di Dalam Aquarium

 

Sobat dapat membersihkan kotoran dan debu yang menempel dengan magnet kaca atau magnet aquarium yang banyak terdapat di toko ikan hias. Magnet ini memiliki 2 bagian, sobat dapat membersihkan bagian pembersihnya ke dalam aquarium dan tempelkan bagian lainnya di luar kaca aquarium. Kemudian magnet ini akan menempel dan sobat tinggal menggerakkannya sesuai keinginan.

 

Sobat dapat membaca artikel kami lainnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.