Cara Mengatasi HP / Smartphone Kalian Sering Hang

berikut.id – Cara Mengatasi HP / Smartphone Kalian Sering Hang. Pengguna Android seringkali tiba-tiba mengalami ponselnya error atau “Hang”. Masalah tersebut bisa muncul karena software atau hardware Android mengalami kesalahan dalam pengoperasiannya.

Permasalahan yang kerap terjadi adalah perangkat mengalami panas berlebih. Solusi paling mudah yang bisa dilakukan adalah, matikan perangkat secara langsung. Bagaimana jika ponsel Android Anda benar-benar “bengong” alias tidak ada respon sama sekali saat layar atau tombol fisik disentuh.

 

Penyebab HP atau Smarthphone Hang atau LAG

1. Terlalu banyak aplikasi yang terinstall

Meski hp atau smartphone kamu memiliki memori internal dan eksternal yang besar bukan berarti kamu dapat dengan bebas meng-install banyak aplikasi, karena semakin banyak aplikasi yang kamu install maka semakin lemot hp atau smartphone kamu. Hal itu tidak hanya memberatkan RAM tetapi juga memberatkan memori hp atau smartphone kamu sendiri. Jika aplikasi yang telah kamu install tersebut suka berjalan di background layar tentunya akan terkuras habis RAM hp atau smartphone kamu.

2. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan

Jika banyak aplikasi yang berjalan RAM hp atau smartphone kamu penuh tentunya hp atau smartphone kamu akan sering LAG atau Hang karena RAM tidak dapat memberikan ruang untuk sistem android hp atau smartphone itu sendiri.

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas JKI-K7-04 Proteksi File pada Pengolah Kata Halaman 132 133 Kurikulum Merdeka

3. Kapasitas Memori RAM penuh

Penyebab penuhnya memori RAM adalah banyaknya aplikasi yang dibuka atau aplikasi yang berjalan di belakang layar hp atau smartphone kamu walaupun aplikasi tersebut tidak digunakan.

4. Penumpukan cache yang berlebihan

File sampah atau Cache akan diproduksi terus saat kamu membuka dan menjalankan aplikasi tertentu. Cache atau file sampah tersebut jangan dibiarkan menumpuk pada memori internal dan harus dibersihkan karena jika tidak dibersihkan file sampah yang menumpuk tersebut akan membuat hp atau smartphone anda hang, lag, dan lemot tiba-tiba.

5. Sistem terserang virus

Sistem android ataupun aplikasi yang terserang virus akan membuat peforma hp atau smarthone menjadi buruk yaitu menjadi lag atau hang.

6. Root yang kurang sempurna

Root yang gagal ditengah jalan atau kurang sempurna akan menyebabkan sistem android serig mengalami error seperti lag ataupun hang, terkadang juga dapat mati total. Solusinya kamu harus menginstall OS android yang baru atau jika masih bisa hidup lakukan factory riset.

7.Penggunaan wallpaper animasi dan tema

Dibalik tema yang lucu, keren dan unik ternyata tema sangat membutuhkan memori RAM yang cukup besar dan apabila penggunaan tema tersebut tidak diimbangi dengan penggunaan aplikasi lain maka android kamu akan serasa sangat berat.

Cara Mengatasi HP atau Smarthphone Hang atau Ngelag

Smartphone Kalian Sering Hang

1. Hapus aplikasi & game yang tidak digunakan

Hapus aplikasi & game yang jarang atau tidak kamu gunakan agar memori internal dan eksternal android kamu memiliki banyak ruang kosong. Car menghapus aplikasi & game tersebut cukup udah yaitu kamu tinggal masuk pada menu Pengaturan>Aplikasi>Semua,lalu cari dan pilih aplikasi atau game yang akan kamu hapus, untuk menghapus aplikasi atau game kamu tinggal tab copot pemasangan.

Baca Juga :  10 Emulator Android Terbaik dan Ringan

2. Bersihkan penumpukan cache android

Hapus semua cache pada android anda dengan aplikasi cleaner seperti Clean Master atau yang lain.

3. Scan dengan anti virus

Lakukan scanning pada android kamu dengan antivirus, karena mungkin sistem dan aplikasi android anda lemot atau berat karena ada virus yang melekat.

4. Gunakan wallpaper biasa saja

Hapus tema atau launcher android yang telah kamu install, dan gunakan wallpaper biasa saja jangan animasi. Jika kapasitar RAM android kamu 1 GB tidak masalah namun jika dibawahnya lebih baik tidak memasang tema.

5. Meng- Update OS Android

Apabila sistem android kamu error atau banyak kerusakan sebaiknya lakukan update.

6. Lakukan Factory Riset

Jika semua jalan telah ditempuh namun tidak bisa maka jalan terakhir adalah dengan melakukan facrory riset atau mengembalikan hp atau smartphone pada kondisi awal pabrik. Disarankan sebelum melakukan ini, backup semua data pada SD cart atau komputer agar data dapat dikembalikan. Cara melakukan factory riset, kamu tinggal masuk menu pengaturan >buat cadangan&setel ulang>kembali kesetelan pabrik dan tap setel ulang telepon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.