Cara Cek Kuota Smartfren 2022

Ada banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk cek sisa kuota Smartfren di tahun 2022. Semenjak masuknya era 4G ke Indonesia, Smartfren juga ikut andil dalam meramaikan pasar layanan data. Kualitas layanan serta koneksi internet yang baik membuat Smartfren diterima dengan mudah oleh banyak kalangan masyarakat Indonesia.

Namun banyak dari pengguna Smartfren tersebut yang terkadang lupa mengecek sisa kuota internet mereka, sehingga tanpa sadar telah kehabisan kota tersebut. Hal ini tentunya sangat disayangkan karena pengguna menjadi tidak bisa berselancar dengan bebas menggunakan data internet.

Bagi kamu yang juga sering menemukan permasalahan seperti itu dan tidak mengetahui bagaimana cara mengecek sisa kuota Smartfren. Silakan simak pembahasan ini agar kamu tahu bagaimana cara mengecek sisa kuota Smartfren di Tahun 2022.

Keuntungan Menggunakan Kartu Smartfren Di Tahun 2022

Pada saat sekarang ini, Smartfren telah mengeluarkan dua jenis kartu perdana yaitu Smartfren 4G GSM dan Smartfren 4G GSM +. Kedua jenis kartu perdana tersebut dapat kamu gunakan di smartphone yang sudah mendukung layanan. Selama daerah tempat tinggal pengguna mendukung jaringan 4G, maka smartphone yang kamu gunakan bisa menangkap frekuensi 4G jaringan tersebut.

Bukan itu saja demi meningkatkan kualitas layanan serta kepuasan pengguna, Smartfren juga memberikan berbagai macam bonus seperti kuota internet khusus pengguna kartu perdana 4G GSM+. Tak tanggung-tanggung bonus kuota yang Smartfren berikan tersebut sama dengan kuota normal pada paket data dari provider lain.

Apabila kuota bonus tersebut telah habis kamu gunakan, ada cara lain untuk mendapatkan kuota bonus tambahan sebesar 10 GB yaitu dengan melakukan pengisian ulang. Bahkan kuota tersebut juga masih dapat tambahan sebesar 2 GB setiap bulannya yang berlaku selama 24 jam penuh dengan masa aktif selama 30 hari. Untuk mendapatkan semua bonus tersebut pengguna hanya perlu mendownload aplikasi MySmartfren di play store.

Jaringan Smartfren sendiri sudah tersebar luas pada 200 kota di Indonesia. Pada saat sekarang ini Smartfren tidak lagi menggunakan jaringan CDMA karena sudah beralih sepenuhnya ke jaringan 4G LTE secara eksklusif. Bahkan untuk pulau besar seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi sudah dapat menikmati kualitas jaringan 4G LTE Smartfren ini dengan sangat nyaman.

Baca Juga :  Pengaruh Fast Charging Pada HP biasa dan Yang Suport Fast Charging

Cara Cek Kuota Internet Smartfren Terbaru Tahun 2022

Sebagai salah satu pengguna provider Smartfren tentunya kamu tidak ingin merasakan yang namanya kehabisan kuota internet secara tiba-tiba. Kehabisan kuota secara tiba-tiba tentunya membuat banyak orang kesal karena tidak bisa kembali membeli paket data melalui layanan internet. Hal tersebut tentu akan memaksa kamu untuk keluar rumah dalam membeli kuota internet Smartfren.

Namun ada cara yang bisa kamu gunakan untuk mencegah terjadinya kehabisan kuota internet secara tiba-tiba tersebut. Caranya ialah dengan mengecek kuota internet Smartfren tersebut secara berkala menggunakan Smartphone.

Pada dasarnya ada banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk mengecek kuota internet Smartfren di tahun 2022. Namun apabila kamu belum mengetahuinya, silakan simak pembahasan berikut agar kamu paham bagaimana caranya.

Cara Cek Sisa Kuota Internet Smartfren Menggunakan SMS

Cara pertama yang bisa kamu gunakan untuk mengecek sisa kuota internet Smartfren di tahun 2022 ialah menggunakan SMS. Ini merupakan cara yang sangat mudah dan tentunya tidak membutuhkan pulsa ketika melakukannya. Ketika menggunakan cara ini untuk mengecek sisa kuota internet, kamu akan melihat berbagai informasi lainnya seperti promo terkini.

Berikut cek sisa kuota internet Smartfren menggunakan layanan SMS terbaru di tahun 2022 :

  1. Silakan buka menu pesan atau SMS di ponsel yang kamu gunakan.
  2. Pada menu SMS silakan buat pesan baru dengan menuliskan pesan “Cek” dan kirim ke nomor 995.
  3. Selanjutnya tekan kirim pesan dan tunggu balasan dari pihak Smartfren.
  4. Jika sudah nantinya kamu akan menerima SMS yang berisikan sisa kuota serta masa aktif kuota tersebut.

Kekurangan dari cara pertama ini ialah kamu tidak bisa menggunakan layanan lainnya seperti memesan kuota internet baru.

Cara Mengetahui Sisa Kuota Internet Smartfren Dengan Layanan USSD

Metode kedua yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui sisa kuota internet Smartfren yang kamu gunakan ialah dengan menu dial atau USSD. Cara ini juga mudah untuk dilakukan serta tidak membutuhkan pulsa dalam melakukannya. Berikut tata cara mengetahui sisa kuota internet Smartfren menggunakan layanan UUSD :

  1. Buka terlebih dahulu aplikasi telepon atau menu dial up di ponsel yang kamu gunakan.
  2. Pada menu dial up tersebut silakan ketik *995# dan lakukan panggilan atau Oke.
  3. Jika sudah tunggulah beberapa saat dan kamu akan menerima SMS balasan dari pihak  Smartfren.
  4. Dalam SMS tersebut akan termuat informasi mengenai sisa kuota yang kamu miliki serta masa berlakunya.

Kelemahan cara kedua ini sama dengan cara pertama yaitu kamu tidak bisa melihat layanan lainnya yang Smartfren sediakan. Kamu hanya bisa mengetahui sisa kuota yang serta masa berlaku kuota saja dan tidak bisa melakukan pembelian.

Baca Juga :  Reset HP Samsung Semua Jenis

Cara Cek Sisa Kuota Internet Smartfren Menggunakan Website Online Smartfren

Untuk memaksimalkan layanan kepada pengguna, pihak Smartfren juga menyediakan website online untuk berbagai hal. Salah satunya ialah untuk mengetahui sisa kuota internet Smartfren serta membeli berbagai layanan lainnya termasuk paket internet. Pada website online ini, kamu juga bisa menikmati berbagai layanan serta promo-promo yang khusus tertentu. Berikut tata cara mengetahui sisa kuota internet Smartfren menggunakan layanan website online :

  1. Silakan buka web browser yang ada di perangkat smartphone yang kamu gunakan. Kamu bebas menggunakan web browser apapun baik itu Chrome, Safari, Firefox, dan lain sebagainya.
  2. Jika sudah silahkan lakukan pendaftaran dan registrasi diri untuk membuat ID Smartfren dengan menggunakan nomor Smartfren yang kamu gunakan.
  3. Setelah proses pendaftaran berhasil, silakan lakukan login dengan menggunakan ID Smartfren yang sudah kamu buat tersebut.
  4. Dengan demikian kamu akan masuk ke menu awal website Smartfren yang berbagai informasi mulai dari sisa kuota yang kamu miliki beserta dengan masa berlakunya. Pada website online tersebut kamu juga bisa mengecek layanan lainnya dari Smartfren beserta promo khusus.

Cara cek kuota internet melalui website online Smartfren ini tentu memiliki kelebihan daripada dua cara yang di atas. Kelebihan pertama ialah kamu dapat mengetahui berbagai layanan khusus serta promo-promo tertentu hanya menggunakan website online.

Enaknya menggunakan website online ini kamu tidak hanya bisa mengaksesnya melalui perangkat smartphone saja. Akan tetapi kamu juga bisa mengaksesnya melalui perangkat desktop dengan melakukan login menggunakan ID Smartfren. Hal ini tentu sangat memudahkan kamu apabila kehabisan kuota internet dan ingin membeli paket internet baru dengan cara meminjam smartphone atau laptop teman.

Cara Cek Sisa Kuota Internet Smartfren Menggunakan Aplikasi Mysmartfren terbaru 2022

Selain membuat website online untuk mempermudah para pengguna, pihak Smartfren juga membuat aplikasi bagi pengguna perangkat Android dan iOS. Tujuan dari pembuatan aplikasi ini ialah untuk lebih mempermudah pengguna perangkat smartphone dalam mengetahui sisa kuota dan promo promo tertentu.

Walaupun pihak Smartfren ada mengeluarkan smartphone khusus yang sudah terinstal aplikasi MySmartfren, bukan berarti penggunaan smartphone lain tidak bisa menggunakan aplikasi ini. Pada dasarnya aplikasi My Smartfren sudah tersediakan secara publik untuk seluruh smartphone dan dapat kamu download secara gratis di playstore maupun Store.

Berikut tata cara mengecek sisa kuota internet Smartfren menggunakan aplikasi MySmartfren :

  1. Pertama-tama silahkan kamu unduh terlebih dahulu aplikasi MySmartfren. Kamu dapat mengunduhnya secara resmi di play store dan app store.
  2. Jika aplikasi sudah berhasil terunduh dan terinstall di smartphone yang kamu gunakan, selanjutnya silakan buka aplikasi tersebut.
  3. Setelah itu silakan kamu lakukan login menggunakan ID Smartfren. Jika kamu tidak memiliki ID Smartfren, kamu bisa melakukan pendaftaran melalui aplikasi menggunakan nomor Smartfren yang kamu miliki.
  4. Selanjutnya silakan kamu lakukan login dan kamu akan melihat tampilan interface dari aplikasi MySmartfren tersebut. Pada tampilan interface ini kamu bisa melihat sisa kuota internet yang kamu miliki beserta masa berlaku kuota internet tersebut.
Baca Juga :  Kata Baru Bacaan “Tak Muat Lagi” dan "Suka dan Tidak Suka”

Keuntungan menggunakan aplikasi MySmartfren ini ialah selain dapat melihat informasi kuota internet, kamu juga bisa mengakses berbagai informasi lainnya. Pada aplikasi ini juga tersedia penawaran promo-promo terbaru dari Smartfren. Kamu juga dapat melakukan pembelian promo tersebut melalui aplikasi Mysmartfren.

Bahkan jika kehabisan kuota, kamu juga dapat melakukan pembelian kuota internet melalui aplikasi MySmartfren. Hal yang perlu kamu lakukan cukup dengan isi pulsa ke nomor Smartfren yang kamu gunakan atau melakukan pembayaran dengan cara lain. Ada banyak metode pembayaran yang bisa kamu gunakan melalui aplikasi mysmartfren mulai dari transfer bank maupun melalui E-wallet.

Mengetahui Kuota Internet Smartfren Melalui Customer Service

Cara terakhir yang bisa kamu manfaatkan untuk mengetahui sisa kuota internet Smartfren ialah dengan menghubungi customer service. Cara ini mungkin merupakan metode yang paling jarang dilakukan oleh pengguna untuk mengetahui sisa kuota internet Smartfren mereka. Namun cara ini cukup efektif kamu lakukan untuk mengetahui sisa kuota dengan layanan suara. Berikut tata cara mengetahui sisa kuota internet Smartfren melalui customer service :

  1. Pertama-tama silahkan buka menu kontak untuk melakukan panggilan di Smartphone yang kamu gunakan.
  2. Jika sudah silakan masukkan nomor 955 dan lakukan panggilan.
  3. Tunggulah hingga panggilan tersebut terhubung ke pihak customer service Smartfren.
  4. Setelah terhubung silakan sampaikan maksud dan tujuanmu kepada customer service yaitu untuk mengetahui sisa kuota internet. Dengan demikian pihak customer service akan menginformasikan sisa kuota internet yang kamu miliki.

Kelemahan dari cara terakhir ini ialah kamu membutuhkan pulsa untuk dapat mengetahui sisa kuota internet. Selain itu biasanya metode ini juga akan mengalami gangguan apabila kamu berada di wilayah dengan kualitas jaringan yang rendah.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu manfaatkan untuk mengetahui sisa kuota internet kartu Smartfren yang kamu gunakan. Semua metode yang sudah dijalankan di atas pada dasarnya dapat membantu kamu dalam mengetahui sisa kuota internet dari berbagai metode paket baik itu yang reguler maupun unlimited. Akan tetapi untuk metode SMS, dial up dan customer service tidak terdapat informasi yang jelas tentang paket internet unlimited. Namun untuk metode yang menggunakan website dan aplikasi MySmartfren lebih tertera jelas tentang kuota internet yang kamu miliki.

Rekomendasi :

Cara Cek Kuota Axis 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.