Burung Garuda Sebagai Lambang Negara Indonesia
Burung Garuda Sebagai Lambang Negara Indonesia

Burung Garuda Sebagai Lambang Negara Indonesia

Berikut.id – Burung Garuda Sebagai Lambang Negara Indonesia. Teman, kalian pasti tahu tentang gambar burung yang biasa kita lihat ditengah-tengah foto Presiden dan Wakail Presiden ya?

Ya, burung tersebut adalah burung garuda yang dijadikan lambing nergara Republik Indonesia. Lambang inilah yang dijadikan sarana untuk mengenalkan Pancasila melalui perisai di dadanya. Kalian tahu, perisai tersebut berisi gambar bintang lambang ketuhanan, rantai lambang kemanusiaan, pohon beringin lambang persatuan, banteng lambang kerakyatan, dan padi-kapas lambang keadilan sosial. Kelima gambar tersebut melambangkan Pancasila yang proses kelahirannya melalui waktu yang panjang dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia.

Burung Garuda Sebagai Lambang Negara Indonesia

Burung Garuda Sebagai Lambang Negara Indonesia

Kalian tentu tahu burung Garuda. Burung yang gambarnya dijadikan lambang negara Indonesia, dengan simbol Pancasila di dadanya. Tapi pernahkah kalian melihat burung Garuda yang hidup?

Garuda adalah nama burung yang ada dalam cerita wayang. Burung itu merupakan anak dewa yang menjadi tunggangan raja dalam melawan kejahatan. Di alam nyata, burung Garuda dalam cerita tersebut adalah burung rajawali atau burung elang besar. Jenis burung terbesar yang dapat terbang di angkasa.

Burung rajawali atau elang bukan hanya kuat namun juga gagah. Dengan membentangkan sayapnya, elang dapat melayang tinggi di angkasa serta menjelajahi daerah yang luas. Tidak ada burung yang tampak segagah rajawali saat terbang. Maka rajawali atau elang memang layak dijadikan lambang negara Indonesia.

Salah satu jenis elang terbesar di Indonesia adalah rajawali Papua. Nama latinnya adalah Harpyopsis novaeguineae. Rajawali ini termasuk dalam kelompok elang harpi. Tinggi burung ini mencapai 90 cm, sedangkan bentangan sayapnya mencapai sekitar 1,5 meter. Gagah bukan burung rajawali ini?

Banyak jenis elang di Indonesia. Yang juga terkenal adalah elang jawa yang memiliki nama latin Nisaetus bartelsi. Memiliki bentangan sayap selebar 120 cm, burung ini termasuk jenis elang berukuran sedang. Yang istimewa dari jenis elang jenis ini adalah jambul atau bulu mahkota di kepala yang membuatnya gagah. Bulu mahkota elang inilah yang dijadikan model bulu mahkota gambar Garuda Pancasila.

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas JKI-K8-03 Kekuatan Sinyal Ponsel Halaman 103 104 Kurikulum Merdeka

Sumber gambar: Steppinstars/www.pixabay.com/pixabay (2013)

 

Nah teman, itulah penjelasan singkat mengenai burung garuda yang dijadikan sebagai lambing negara Republik Indonesia.

Semoga bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *