Memori HP Penuh

Apa saja Penyebab Memori Internal HP Penuh berikut Penjelasan beserta Solusinya

berikut.id – Apa saja Penyebab Memori HP Penuh berikut Penjelasan beserta Solusinya – Memori internal merupakan salah satu komponen penting dalam proses aktivitas dari sebuah handphone atau smartphone. Selain digunakan untuk menyimpan berbagai file misalnya foto, video, dan dokumen, memori internal juga membantu menunjang pekerjaan HP ketika menjalankan suatu aplikasi.

Memori penyimpanan penuh akan menghambat berbagai macam aktivitas, mulai dari menyulitkan pengguna memasang aplikasi, membuat kamera tak bisa bekerja, hingga memperlambat kinerja handphone itu sendiri.

Namun, tidak semua mengetahui penyebab dari penuhnya memori internal HP tersebut. Kebanyakan dari pengguna hanya mengetahui bahwa memori internal menjadi penuh dikarenakan terlalu banyak menyimpan foto, video, atau aplikasi yang terinstal. Padahal, penyebab memori internal cepat penuh tidak hanya itu saja.

Berikut kami akan membagikan beberapa penyebab kenapa memori internal HP menjadi cepat penuh. Selain itu, kami juga akan mencoba membagikan beberapa solusi yang bisa diambil atau digunakan untuk mengatasi masalah-masalah yang terjadi.

1. Aplikasi Bawaan HP yang Terlalu Banyak

memori internal penuh_

Ketika membeli HP baru, sudah pasti terdapat aplikasi bawaan atau bloatware, yaitu aplikasi yang sudah terinstal atau terpasang di dalam HP tersebut secara otomatis.

Aplikasi-aplikasi yang terinstal itu sangat beragam tergantung dari jenis dan pengembang HP tersebut. Meskipun begitu, ternyata beberapa aplikasi tersebut bahkan belum tentu akan digunakan kedepannya.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa meng-uninstall aplikasi yang tidak dibutuhkan jika aplikasi tersebut memang bisa di-uninstall.

Selain itu, Anda juga bisa menonaktifkan aplikasi bawaan yang tidak akan digunakan melalui fitur settings – apps – kelola aplikasi – pilih aplikasi dan klik disable. Namun, cara tersebut belum tentu bisa dilakukan kepada semua tipe handphone.

2. Terlalu Sering Mengambil Foto, Video, atau Rekaman Suara

Tidak dapat dimungkiri bahwa banyak dari pengguna HP senang dalam mengabadikan setiap momen yang dialaminya. Pada akhirnya, galeri HP pengguna tersebut akan banyak dipenuhi oleh foto, video, atau rekaman suara. Sadar atau tidak, ternyata hal ini menjadi salah satu penyebab dari cepat penuhnya memori internal pada HP.

Baca Juga :  Tips Mengatasi Wifi Tidak Muncul di Laptop

Apalagi dalam hal ini, berkas foto maupun video yang diambil dengan menggunakan kamera beresolusi tinggi akan memiliki ukuran sangat besar. Meskipun tidak terlihat pada awal pemakaian, berkas tersebut jika tidak dipindahkan dapat membuat memori penyimpanan penuh.

Lebih-lebih lagi, beberapa aplikasi media sosial seperti WhatsApp juga mengunduh berkas serupa dan menyimpannya ke dalam perangkat. Jika dibiarkan maka handphone tidak akan mampu menampungnya.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, kami menyarankan untuk mengurangi kebiasaan mengabadikan momen yang tidak terlalu penting.

Selain itu, karena hasil foto, video, dan rekaman suara yang diambil akan tersimpan di memori internal. Maka, cara yang bisa dilakukan adalah dengan menambah kapasitas memori HP menggunakan memori eksternal jika tersedia.

Dengan menambah memori eksternal pada HP, Anda bisa memindahkan file foto, video, atau rekaman suara tersebut ke dalam memori eksternal agar penyimpanan internal memiliki ruang yang lebih banyak.

Namun, jika tidak HP tidak memiliki slot untuk memori eksternal, kalian bisa memindahkan foto, video, atau rekaman suara tersebut ke dalam komputer yang Anda miliki.

3.Banyaknya File Cache, Cadangan, Hingga Thumbnail

Tak hanya ukuran aplikasi, besarnya data juga sangat berpengaruh pada pemakaian ruang penyimpanan. Perlu diketahui, aplikasi berjalan memerlukan beberapa jenis data dengan ukuran file yang kadang-kadang cukup gemuk.

Termasuk di antaranya seperti file cache, cadangan, hingga thumbnail. Meskipun sangat berguna, kedua jenis data tersebut bisa membuat memori penyimpanan semakin sesak meskipun aplikasi yang terpasang hanya sedikit.

Sebagai contohnya pada aplikasi WhatsApp. Layanan pesan singkat milik Facebook ini setiap hari melakukan pencadangan baik secara lokal ke memori internal maupun online ke layanan Google Drive.

Baca Juga :  Apa Itu Dark Mode atau Mode Gelap Berikut Penjelasannya

Besarnya file cadangan cukup berbeda-beda pada setiap perangkat. Pada handphone saya misalnya, ukurannya memang hanya 228 MB setiap berkas tetapi bisa menumpuk hingga lima kali sehingga totalnya menjadi lebih dari 1 GB.

Kenapa Memori Penuh Padahal Aplikasi Sedikit 1

Lumayan signifikan jika digabungkan dengan berbagai macam berkas konten yang diunduh dari WhatsApp seperti gambar, video, maupun audio. Jeleknya lagi, berkas ini tidak akan terlihat tanpa menelusuri penyimpanan secara lebih mendalam.

Hampir sama dengan ini, file cache pada layanan e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, maupun Bukalapak memungkinkan memberikan pengalaman yang lebih baik dengan menyimpan data sementara.

Sebenarnya data cache ini memiliki kegunaan atau fungsi agar ketika mengunjungi halaman internet yang sama sebelumnya, aplikasi Browser tersebut akan mampu menampilkan konten foto dan video dengan cepat. Dengan kata lain aplikasi Browser tidak perlu lagi untuk mengunduh konten yang ada di halaman tersebut.

Meskipun data cache ini bisa dibilang berguna, tetapi jika dibiarkan saja maka ukurannya pun akan makin membesar. Maka dari itu, solusi yang bisa dilakukan adalah dengan rutin menghapus data cache pada aplikasi tertentu, terlebih jika ukuran data cache tersebut sudah besar dan memenuhi memori internal HP.

Menghapus Data Cache

Pergi ke menu Settings dan cari menu Apps.

Memori HP Penuh hapus cache

Dalam menu Apps klik Manage Apps/Kelola Aplikasi.

hapus cache 2_

Cari atau pilih aplikasi yang akan dihapus datanya.

hapus cache 3_

Klik Clear data atau Hapus semua data.

Memori HP Penuh

Akan muncul pilihan untuk menghapus semua data atau hanya data cache saja.

Nah, itulah beberapa penyebab yang mungkin terjadi dari memori internal HP yang cepat penuh dan solusi yang bisa dilakukan agar memori internal tidak cepat penuh.

Jika Anda punya pengetahuan lain dari penyebab dan solusi mengenai masalah memori internal HP yang cepat penuh ini, silakan bagikan kepada kami melalui kolom komentar di bawah.

Baca Juga :  Mengenal Perbedaan 4G dan 5G

Kami juga sangat terbuka untuk menerima setiap saran dan kritik yang membangun dari agar artikel yang kami buat menjadi semakin lebih baik.

Bersihkan File Thumbnail

  1. Buka pengaturan File Manager lalu aktifkan opsi Show Hidden File
  2. Masuk ke bagian memori internal
  3. Lalu buka folder DCIM
  4. Tekan lama pada folder bernama .thumbnails
  5. Akhiri dengan menekan tombol Delete (Hapus)

Dengan langkah yang hampir sama, kamu pun bisa membersihkan folder-folder untuk aplikasi yang sudah dihapus. Seperti pada kasus saya, untuk menghapus data dari aplikasi CamScanner yang sudah saya uninstall karena terduga memiliki celah berbahaya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *