Jawaban Matematika Latihan 4.2 Halaman 226 Kelas 9

berikut.id – Jawaban Matematika Latihan 4.2 Halaman 226 Kelas 9. Teman berikut.id, pada mata pelajaran matematika kelas 9, teman-teman akan mendapatkan materi tentang kekongruenan dan kesebangunan.

Kali ini, berikut.id akan membahas jawaban soal Latihan 4.2. Soal yang akan kita bahas bisa teman-teman temukan pada buku matematika kurikulum 2013 kelas 9 halaman 226.

Jawaban Matematika Latihan 4.2 Halaman 226 Kelas 9

Teman-teman silahkan kerjakan secara mandiri terlebih dahulu, kemudian cocokan jawaban teman-teman dengan pembahasan dari berikut.id ya!

1. Perhatikan gambar di bawah ini. Tunjukkan bahwa ΔPQS dan ΔRQS kongruen

Jawaban :

2. Perhatikan gambar di bawah ini. Panjang AB = DE dan AB//DE. Tunjukkan bahwa ΔABC dan ΔEDC kongruen

Jawaban :

3. Titik C adalah titik pusat lingkaran. Tunjukkan bahwa dua segitiga pada gambar di samping adalah kongruen.

Jawaban :

4. Bangun WXYZ adalah segi empat dengan sisi-sisi yang berhadapan panjangnya sama. XZ adalah salah satu diagonalnya.

a. Tunjukkan bahwa ΔWXZ ≅ ΔZYX.
b. Tunjukkan bahwa WXYZ adalah jajargenjang.

Jawaban :

5. Perhatikan gambar di bawah ini.

Titik O adalah pusat lingkaran dalam dan lingkaran luar. AB adalah garis singgung dan titik P adalah titik singgung pada lingkaran kecil.
Dengan menggunakan kekongruenan segitiga, tunjukkan bahwa titik P adalah titik tengah AB

Jawaban :

 

6. Perhatikan gambar di bawah ini

Pada segitiga ABC, BM tegak lurus dengan AC, CN tegak lurus dengan AB. Panjang BM = CN. Tunjukkan bahwa ΔBCM ≅ ΔCBN

Jawaban :

 

Pembahasan nomor 7 – 12 bisa teman-teman lihat di sini

Penutup

Teman-teman, itulah pembahasan yang bisa berikut.id bagikan. Semoga bisa membantu teman-teman dalam memahami materi tersebut, ya! Jangan lupa bagikan kepada teman-teman lain agar semakin bermanfaat!

Baca Juga :  Jawaban Matematika Uji Kompetensi Halaman 191 Kelas 9 Nomor 11-15

Tetap semangat dan jangan lupa simak pembahasan lain di berikut.id ya!

 

Disclaimer:
1. Jawaban pada berikut.id bisa saja berbeda dengan penjelasan guru di sekolah teman-teman
2. Jadikan pembahasan ini sebagai salah satu referensi teman-teman dalam mengerjakan soal dan bukan sebagai acuan utama
3. Jawaban pada berikut.id tidak mutlak kebenarannya

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *