Panduan Jitu RPP Merdeka Kelas 1 Semester 1: Kiat Tak Terlupakan


Panduan Jitu RPP Merdeka Kelas 1 Semester 1: Kiat Tak Terlupakan

RPP kurikulum merdeka sd kelas 1 semester 1 adalah rencana pelaksanaan pembelajaran yang disusun berdasarkan kurikulum merdeka untuk siswa kelas 1 sekolah dasar pada semester 1. RPP ini berisi tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan lembar kerja siswa yang akan digunakan dalam proses pembelajaran.

RPP kurikulum merdeka sd kelas 1 semester 1 sangat penting untuk memastikan bahwa proses pembelajaran berjalan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. RPP ini juga menjadi acuan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas.

Dalam menyusun RPP kurikulum merdeka sd kelas 1 semester 1, guru harus memperhatikan beberapa prinsip, antara lain:

  • Berpusat pada siswa
  • Berorientasi pada hasil
  • Fleksibel dan responsif
  • Berbasis riset

Dengan memperhatikan prinsip-prinsip tersebut, guru dapat menyusun RPP kurikulum merdeka sd kelas 1 semester 1 yang efektif dan efisien.

rpp kurikulum merdeka sd kelas 1 semester 1

RPP kurikulum merdeka sd kelas 1 semester 1 memiliki beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan, antara lain:

  • Tujuan pembelajaran
  • Materi pembelajaran
  • Metode pembelajaran
  • Media pembelajaran
  • Lembar kerja siswa
  • Penilaian
  • Waktu
  • Sumber belajar
  • Catatan guru

Setiap aspek dalam RPP kurikulum merdeka sd kelas 1 semester 1 memiliki peran penting dalam memastikan proses pembelajaran berjalan dengan efektif dan efisien. Tujuan pembelajaran harus dirumuskan dengan jelas dan spesifik, serta sesuai dengan kompetensi dasar yang ingin dicapai. Materi pembelajaran harus dipilih dan disusun secara sistematis, serta disesuaikan dengan tingkat perkembangan siswa. Metode pembelajaran harus bervariasi dan disesuaikan dengan karakteristik materi pembelajaran serta siswa.

Media pembelajaran dapat berupa benda nyata, gambar, atau video yang dapat membantu siswa memahami materi pembelajaran dengan lebih mudah. Lembar kerja siswa berfungsi sebagai sarana untuk melatih keterampilan siswa dan mengevaluasi pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Penilaian dilakukan secara berkelanjutan untuk memantau perkembangan belajar siswa dan memberikan umpan balik yang tepat waktu.

Waktu yang dialokasikan untuk setiap kegiatan pembelajaran harus dikelola dengan baik agar proses pembelajaran berjalan sesuai rencana. Sumber belajar yang digunakan harus relevan dengan materi pembelajaran dan mudah diakses oleh siswa. Catatan guru berfungsi sebagai dokumentasi proses pembelajaran yang telah dilaksanakan dan dapat digunakan sebagai bahan refleksi untuk perbaikan pada pembelajaran berikutnya.

Tujuan Pembelajaran


Tujuan Pembelajaran, Modul

Tujuan pembelajaran merupakan komponen penting dalam RPP kurikulum merdeka sd kelas 1 semester 1. Tujuan pembelajaran berfungsi sebagai acuan dalam menentukan materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan teknik penilaian yang akan digunakan dalam proses pembelajaran.

Tujuan pembelajaran yang dirumuskan dengan jelas dan spesifik akan memudahkan guru dalam menyusun rencana pembelajaran yang efektif dan efisien. Tujuan pembelajaran juga menjadi acuan bagi siswa dalam memahami apa yang diharapkan dari mereka dalam proses pembelajaran.

Dalam RPP kurikulum merdeka sd kelas 1 semester 1, tujuan pembelajaran harus dirumuskan dengan memperhatikan prinsip-prinsip berikut:

  • Berorientasi pada hasil
  • Berpusat pada siswa
  • Relevan dengan materi pembelajaran
  • Dapat diukur

Dengan memperhatikan prinsip-prinsip tersebut, guru dapat menyusun tujuan pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan siswa.

Materi pembelajaran


Materi Pembelajaran, Modul

Materi pembelajaran merupakan komponen penting dalam RPP kurikulum merdeka sd kelas 1 semester 1. Materi pembelajaran berfungsi sebagai bahan ajar yang akan disampaikan kepada siswa dalam proses pembelajaran.

  • Relevansi dengan tujuan pembelajaran

    Materi pembelajaran harus relevan dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Materi pembelajaran yang disampaikan harus sesuai dengan tingkat perkembangan siswa dan kebutuhan belajar siswa.

  • Struktur dan organisasi

    Materi pembelajaran harus disusun secara sistematis dan terstruktur. Materi pembelajaran harus dibagi menjadi beberapa bagian atau sub-bagian yang lebih kecil agar mudah dipahami oleh siswa.

  • Kedalaman dan keluasan

    Materi pembelajaran harus memiliki kedalaman dan keluasan yang sesuai dengan tingkat kelas dan kemampuan siswa. Materi pembelajaran tidak boleh terlalu sulit atau terlalu mudah bagi siswa.

  • Sumber belajar

    Materi pembelajaran dapat bersumber dari berbagai sumber, seperti buku teks, buku penunjang, internet, atau lingkungan sekitar. Sumber belajar yang digunakan harus sesuai dengan karakteristik materi pembelajaran dan siswa.

Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, guru dapat menyusun materi pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan siswa.

Metode pembelajaran


Metode Pembelajaran, Modul

Metode pembelajaran merupakan komponen penting dalam RPP kurikulum merdeka sd kelas 1 semester 1. Metode pembelajaran berfungsi sebagai cara atau teknik yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa.

Pemilihan metode pembelajaran yang tepat sangat penting untuk memastikan bahwa materi pembelajaran dapat dipahami dengan baik oleh siswa. Metode pembelajaran yang digunakan harus disesuaikan dengan karakteristik materi pembelajaran, tingkat perkembangan siswa, serta gaya belajar siswa.

Baca Juga :  Rahasia RPP Matematika Kelas 8 Kurikulum Merdeka Terungkap!

Dalam RPP kurikulum merdeka sd kelas 1 semester 1, guru dapat menggunakan berbagai metode pembelajaran, antara lain:

  • Ceramah
  • Diskusi
  • Tanya jawab
  • Demonstrasi
  • Simulasi
  • Permainan

Guru dapat memilih dan mengkombinasikan berbagai metode pembelajaran tersebut sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa.

Media pembelajaran


Media Pembelajaran, Modul

Media pembelajaran merupakan komponen penting dalam RPP kurikulum merdeka sd kelas 1 semester 1. Media pembelajaran berfungsi sebagai alat bantu yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa.

  • Jenis-jenis media pembelajaran

    Terdapat berbagai jenis media pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru, antara lain: media cetak (buku, gambar, peta), media audio (radio, kaset), media visual (film, video), dan media audio-visual (komputer, multimedia). Pemilihan jenis media pembelajaran harus disesuaikan dengan karakteristik materi pembelajaran dan siswa.

  • Fungsi media pembelajaran

    Media pembelajaran memiliki beberapa fungsi, antara lain: memperjelas penyampaian materi pembelajaran, memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan bermakna, serta meningkatkan motivasi belajar siswa.

  • Prinsip-prinsip penggunaan media pembelajaran

    Dalam menggunakan media pembelajaran, guru perlu memperhatikan beberapa prinsip, antara lain: kesesuaian dengan tujuan pembelajaran, kesesuaian dengan karakteristik siswa, dan kemudahan memperoleh media pembelajaran.

  • Contoh penggunaan media pembelajaran

    Contoh penggunaan media pembelajaran dalam RPP kurikulum merdeka sd kelas 1 semester 1, antara lain: menggunakan gambar untuk menjelaskan materi tentang hewan, menggunakan video untuk menjelaskan materi tentang tumbuhan, dan menggunakan permainan untuk menjelaskan materi tentang matematika.

Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, guru dapat memilih dan menggunakan media pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan siswa.

Lembar kerja siswa


Lembar Kerja Siswa, Modul

Lembar kerja siswa merupakan komponen penting dalam RPP kurikulum merdeka sd kelas 1 semester 1. Lembar kerja siswa berfungsi sebagai sarana untuk melatih keterampilan siswa dan mengevaluasi pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran.

  • Sebagai sarana latihan keterampilan

    Lembar kerja siswa dapat digunakan sebagai sarana untuk melatih berbagai keterampilan siswa, seperti keterampilan membaca, menulis, berhitung, dan keterampilan berpikir kritis. Guru dapat memberikan lembar kerja siswa yang berisi soal-soal latihan yang sesuai dengan materi pembelajaran yang telah disampaikan.

  • Sebagai sarana evaluasi pemahaman

    Lembar kerja siswa juga dapat digunakan sebagai sarana untuk mengevaluasi pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Guru dapat memberikan lembar kerja siswa yang berisi soal-soal evaluasi yang mengukur pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang telah disampaikan.

  • Sebagai bahan refleksi pembelajaran

    Lembar kerja siswa juga dapat digunakan sebagai bahan refleksi pembelajaran bagi guru. Guru dapat menganalisis hasil pengerjaan lembar kerja siswa untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi siswa dan untuk memperbaiki proses pembelajaran.

Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, guru dapat memilih dan menggunakan lembar kerja siswa yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan siswa.

Penilaian


Penilaian, Modul

Penilaian merupakan komponen penting dalam RPP kurikulum merdeka sd kelas 1 semester 1. Penilaian berfungsi untuk mengukur dan mengevaluasi hasil belajar siswa.

  • Jenis-jenis penilaian

    Terdapat berbagai jenis penilaian yang dapat digunakan oleh guru, antara lain: penilaian harian, penilaian tengah semester, dan penilaian akhir semester. Masing-masing jenis penilaian memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda.

  • Teknik penilaian

    Selain jenis penilaian, guru juga perlu memilih teknik penilaian yang tepat. Terdapat berbagai teknik penilaian yang dapat digunakan, antara lain: tes tertulis, tes lisan, pengamatan, dan portofolio. Pemilihan teknik penilaian harus disesuaikan dengan tujuan penilaian dan karakteristik materi pembelajaran.

  • Prinsip-prinsip penilaian

    Dalam melakukan penilaian, guru perlu memperhatikan beberapa prinsip, antara lain: objektif, adil, komprehensif, dan berkesinambungan. Penilaian yang objektif berarti tidak dipengaruhi oleh faktor subjektif guru. Penilaian yang adil berarti memberikan kesempatan yang sama kepada semua siswa untuk menunjukkan kemampuannya. Penilaian yang komprehensif berarti mencakup semua aspek kemampuan siswa. Penilaian yang berkesinambungan berarti dilakukan secara teratur dan berkelanjutan.

  • Contoh penggunaan penilaian

    Contoh penggunaan penilaian dalam RPP kurikulum merdeka sd kelas 1 semester 1, antara lain: melakukan penilaian harian untuk mengevaluasi pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang telah disampaikan, melakukan penilaian tengah semester untuk mengukur kemajuan belajar siswa, dan melakukan penilaian akhir semester untuk menilai hasil belajar siswa secara keseluruhan.

Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, guru dapat melakukan penilaian yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan siswa.

Waktu


Waktu, Modul

Waktu merupakan salah satu komponen penting dalam RPP kurikulum merdeka sd kelas 1 semester 1. Alokasi waktu yang tepat akan memastikan proses pembelajaran berjalan sesuai rencana dan tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif.

Dalam RPP kurikulum merdeka sd kelas 1 semester 1, guru perlu mengalokasikan waktu untuk berbagai kegiatan pembelajaran, seperti:

Baca Juga :  Rahasia menyusun RPP Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka yang Powerful

  • Kegiatan pendahuluan
  • Kegiatan inti
  • Kegiatan penutup
  • Kegiatan penilaian

Alokasi waktu untuk setiap kegiatan harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik siswa. Kegiatan pendahuluan biasanya dialokasikan waktu yang lebih singkat, sekitar 10-15 menit. Kegiatan inti dialokasikan waktu yang lebih banyak, sekitar 60-90 menit. Kegiatan penutup dialokasikan waktu yang lebih singkat lagi, sekitar 10-15 menit. Kegiatan penilaian dapat dilakukan selama kegiatan inti atau pada akhir kegiatan pembelajaran.Selain mengalokasikan waktu untuk kegiatan pembelajaran, guru juga perlu mempertimbangkan waktu untuk transisi antar kegiatan. Transisi yang efektif akan membantu siswa berpindah dari satu kegiatan ke kegiatan lainnya dengan lancar dan tidak membuang waktu.Pengelolaan waktu yang baik dalam RPP kurikulum merdeka sd kelas 1 semester 1 akan memastikan proses pembelajaran berjalan secara efisien dan efektif. Siswa dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik dan mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Sumber belajar


Sumber Belajar, Modul

Sumber belajar merupakan salah satu komponen penting dalam RPP kurikulum merdeka sd kelas 1 semester 1. Sumber belajar berfungsi sebagai bahan atau referensi yang digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran.

Dalam RPP kurikulum merdeka sd kelas 1 semester 1, guru perlu mencantumkan sumber belajar yang akan digunakan dalam setiap kegiatan pembelajaran. Sumber belajar yang dipilih harus sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik siswa. Sumber belajar yang dapat digunakan meliputi buku teks, buku penunjang, internet, lingkungan sekitar, dan lain-lain.

Penggunaan sumber belajar yang tepat dan relevan akan membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran dengan lebih baik. Selain itu, penggunaan sumber belajar juga dapat membuat proses pembelajaran lebih menarik dan bermakna.

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan sumber belajar dalam RPP kurikulum merdeka sd kelas 1 semester 1:

  • Menggunakan buku teks untuk menjelaskan materi tentang hewan
  • Menggunakan video untuk menjelaskan materi tentang tumbuhan
  • Menggunakan lingkungan sekitar untuk menjelaskan materi tentang alam

Dengan memperhatikan penggunaan sumber belajar yang tepat dan relevan, guru dapat menyusun RPP kurikulum merdeka sd kelas 1 semester 1 yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan siswa.

Catatan guru


Catatan Guru, Modul

Catatan guru merupakan salah satu komponen penting dalam RPP kurikulum merdeka sd kelas 1 semester 1. Komponen ini berfungsi sebagai tempat bagi guru untuk mencatat berbagai hal yang berkaitan dengan proses pembelajaran.

  • Refleksi pembelajaran

    Catatan guru dapat digunakan untuk merefleksikan proses pembelajaran yang telah dilaksanakan. Guru dapat mencatat hal-hal yang berjalan dengan baik, maupun hal-hal yang perlu diperbaiki pada pembelajaran berikutnya.

  • Dokumentasi kegiatan pembelajaran

    Catatan guru juga dapat digunakan untuk mendokumentasikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Hal ini dapat membantu guru dalam menyusun laporan pembelajaran, atau sebagai bahan evaluasi diri.

  • Sumber pengembangan pembelajaran

    Catatan guru dapat menjadi sumber pengembangan pembelajaran. Guru dapat menganalisis catatan yang telah dibuat untuk mengidentifikasi kesulitan belajar siswa, atau untuk mencari solusi terhadap masalah pembelajaran.

  • Komunikasi dengan orang tua

    Catatan guru dapat digunakan sebagai sarana komunikasi dengan orang tua siswa. Guru dapat mencatat perkembangan belajar siswa, atau hal-hal penting lainnya yang perlu disampaikan kepada orang tua.

Dengan memanfaatkan catatan guru secara optimal, guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif bagi siswa.

Pertanyaan Umum tentang RPP Kurikulum Merdeka SD Kelas 1 Semester 1

RPP Kurikulum Merdeka SD Kelas 1 Semester 1 merupakan salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran. Untuk memastikan pemahaman dan implementasi yang efektif, berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan:

Pertanyaan 1: Apa tujuan utama dari RPP Kurikulum Merdeka SD Kelas 1 Semester 1?

Jawaban: RPP Kurikulum Merdeka SD Kelas 1 Semester 1 bertujuan untuk memberikan panduan bagi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan Kurikulum Merdeka. RPP ini memuat berbagai komponen penting, seperti tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, penilaian, sumber belajar, dan catatan guru.

Pertanyaan 2: Siapa saja yang terlibat dalam penyusunan RPP Kurikulum Merdeka SD Kelas 1 Semester 1?

Jawaban: Penyusunan RPP Kurikulum Merdeka SD Kelas 1 Semester 1 melibatkan kolaborasi antara guru, kepala sekolah, dan pengawas pendidikan. Guru sebagai ujung tombak dalam proses pembelajaran memiliki peran utama dalam menyusun RPP yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara menyusun RPP Kurikulum Merdeka SD Kelas 1 Semester 1 yang efektif?

Jawaban: Untuk menyusun RPP Kurikulum Merdeka SD Kelas 1 Semester 1 yang efektif, guru perlu memperhatikan beberapa prinsip, seperti berpusat pada siswa, berorientasi pada hasil, fleksibel dan responsif, serta berbasis riset. Selain itu, guru juga perlu menyesuaikan RPP dengan konteks dan kebutuhan siswa di kelasnya.

Baca Juga :  Modul Ajar Revolusioner untuk Kelas 5 SD Semester 1: Rahasia Menginspirasi Siswa

Pertanyaan 4: Apa saja perbedaan utama antara RPP Kurikulum Merdeka SD Kelas 1 Semester 1 dengan RPP sebelumnya?

Jawaban: RPP Kurikulum Merdeka SD Kelas 1 Semester 1 memiliki beberapa perbedaan utama dengan RPP sebelumnya, antara lain lebih fleksibel dan adaptif, memberikan keleluasaan bagi guru dalam mengembangkan metode dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, serta berfokus pada pengembangan kompetensi dan karakter siswa.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara mengevaluasi efektivitas RPP Kurikulum Merdeka SD Kelas 1 Semester 1?

Jawaban: Efektivitas RPP Kurikulum Merdeka SD Kelas 1 Semester 1 dapat dievaluasi melalui berbagai cara, seperti observasi proses pembelajaran, analisis hasil penilaian siswa, dan refleksi guru terhadap pelaksanaan pembelajaran. Hasil evaluasi tersebut dapat digunakan untuk perbaikan dan pengembangan RPP pada semester berikutnya.

Pertanyaan 6: Di mana guru dapat mengakses contoh atau referensi RPP Kurikulum Merdeka SD Kelas 1 Semester 1?

Jawaban: Guru dapat mengakses contoh atau referensi RPP Kurikulum Merdeka SD Kelas 1 Semester 1 melalui berbagai sumber, seperti situs web resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, portal Rumah Belajar, atau komunitas guru di media sosial.

Dengan memahami dan mengimplementasikan RPP Kurikulum Merdeka SD Kelas 1 Semester 1 secara efektif, guru dapat menciptakan proses pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan bagi siswa.

Tips Menyusun RPP Kurikulum Merdeka SD Kelas 1 Semester 1

RPP Kurikulum Merdeka SD Kelas 1 Semester 1 memegang peranan penting dalam memastikan proses pembelajaran berjalan efektif dan bermakna. Berikut beberapa tips yang dapat membantu guru dalam menyusun RPP yang berkualitas:

Tip 1: Pahami Prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka menekankan pada prinsip berpusat pada peserta didik, berorientasi pada hasil, fleksibel dan responsif, serta berbasis riset. Memahami prinsip-prinsip ini menjadi kunci dalam menyusun RPP yang sesuai dengan semangat Kurikulum Merdeka.

Tip 2: Tentukan Tujuan Pembelajaran yang Spesifik dan Terukur

Tujuan pembelajaran yang jelas dan terukur akan memudahkan guru dalam merancang kegiatan pembelajaran yang tepat. Pastikan tujuan pembelajaran mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang ingin dicapai siswa.

Tip 3: Pilih Metode dan Media Pembelajaran yang Variatif

Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan bagi guru dalam memilih metode dan media pembelajaran. Manfaatkan variasi metode, seperti ceramah, diskusi, tanya jawab, dan permainan, untuk menjaga motivasi dan keterlibatan siswa.

Tip 4: Perhatikan Alokasi Waktu yang Tepat

Alokasi waktu yang tepat untuk setiap kegiatan pembelajaran sangat penting. Pastikan setiap kegiatan memiliki durasi yang cukup untuk siswa memahami materi dan mengembangkan keterampilannya.

Tip 5: Susun Penilaian yang Berkelanjutan dan Autentik

Penilaian dalam Kurikulum Merdeka bersifat berkelanjutan dan autentik. Gunakan berbagai teknik penilaian, seperti observasi, portofolio, dan proyek, untuk mengukur kemajuan belajar siswa secara komprehensif.

Dengan menerapkan tips-tips ini, guru dapat menyusun RPP Kurikulum Merdeka SD Kelas 1 Semester 1 yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan siswa. RPP yang berkualitas akan menjadi pedoman yang jelas bagi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan.

Kesimpulan

RPP Kurikulum Merdeka SD Kelas 1 Semester 1 merupakan komponen penting dalam proses pembelajaran yang efektif dan berpusat pada siswa. Penyusunan RPP yang berkualitas harus memperhatikan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka, yaitu berpusat pada peserta didik, berorientasi pada hasil, fleksibel dan responsif, serta berbasis riset. Dengan memahami kebutuhan siswa dan menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk pengembangan kompetensi dan karakter siswa secara optimal.

Implementasi RPP Kurikulum Merdeka SD Kelas 1 Semester 1 secara konsisten akan berkontribusi pada pencapaian tujuan pendidikan nasional, yaitu mencetak generasi yang cerdas, terampil, dan berkarakter mulia. Kolaborasi antara guru, kepala sekolah, dan pengawas pendidikan sangat diperlukan untuk memastikan efektivitas implementasi RPP dan peningkatan kualitas pembelajaran secara berkelanjutan.

Images References


Images References, Modul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *