Laptop 8 Jutaan

Rekomendasi Laptop 8 Jutaan Buat Kalian Yang Mau Membeli Laptop

berikut.id – Laptop di kelas harga Rp8 jutaan ini bisa dikategorikan sebagai laptop kelas mainstream. Mengapa? Karena pada umumnya, laptop 8 jutaan sudah menawarkan spesifikasi yang mumpuni untuk berbagai kebutuhan, meski tentu tetap ada batasannya. Namun, laptop 8 jutaan biasanya sudah punya spesifikasi dan kelas yang berbeda jika dibandingkan laptop 5 jutaan, atau bahkan laptop 6 jutaan.

Meski demikian, diantara rentang harga laptop yang luas itu, laptop 8 jutaan bisa dikatakan banyak sekali dicari oleh orang. Bahkan sebagian orang berpendapat harga 8 jutaan sebagai sweet spot.

Laptop di rentang harga ini sering dianggap paling sepadan. Di bawahnya, biasanya performa terlalu pas-pasan. Sementara di atasnya, tidak semua orang punya uang sebanyak itu untuk laptop.

Nah, ini dia daftar laptop 8 jutaan terbaik yang layak untuk kamu pilih saat ini! Catatan: kami tidak membuat daftar ini berdasarkan peringkat, melainkan berdasarkan brand agar lebih mudah dibaca.

LENOVO IDEAPAD SLIM 3 R5

Layar : 15.6-inch FHD (1920×1080) IPS

CPU : AMD Ryzen 5 5500U

RAM : 8GB DDR4

Storage : 512GB SSD

Grafik : AMD Radeon Vega 7

OS : Windows 11

Port : 2x USB-A, 1x USB-C, HDMI, Audio combo, Card reader

Kamera: 720p HD

Dimensi : 327 x 241 x 19,9 mm

Berat : 1,60 kg

Lenovo IdeaPad Slim 3 25ID, Laptop Mainstream Ringan Bertenaga Ryzen 5  4500U - Laptophia

Berbekal CPU dari AMD Ryzen, laptop yang satu ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Khususnya untuk kamu yang tidak membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang terlalu tinggi, namun butuh laptop yang cukup responsif untuk dibuka dan ditutup sewaktu-waktu ketika kamu sedang ingin berkerja. Bezel yang dimiliki laptop yang satu ini bisa dibilang cukup tebal, sehingga tidak terlalu kekinian dari segi desain. Meski demikian kualitas layar yang dimiliki oleh laptop yang satu ini sudah tergolong baik, dan tentunya cukup untuk mengerjakan tugas-tugas harianmu.

Adapun performa yang ditawarkan juga tidak terlalu kencang dan tentunya tidak akan bisa kamu gunakan untuk bermain game kelas AAA. Tapi untuk game-game di 4 hingga 5 tahun ke belakang sih kami rasa laptop ini masih sanggup melibasnya. Pada akhirnya laptop yang satu ini merupakan salah satu pilihan terbaik untuk para pelajar hingga mahasiswa yang tidak membutuhkan laptop dengan spesifikasi terlalu tinggi. Meski dari segi desain biasa saja, tapi bobotnya tergolong ringan untuk kamu bawa di dalam ranselmu kok.

 

LENOVO IDEAPAD SLIM 3 TOUCH i5

Layar : 15,6-inch FHD (1920×1080) IPS

CPU : Intel Core i5 1135G7

RAM : 4 GB DDR4 soldered + 8 GB DDR4

Storage : 512GB SSD

Grafik: Intel Iris Xe

OS: Windows 11

Port: 2x USB-A, 1x USB-C, HDMI, Audio combo, Card reader

Kamera: 720p HD

Dimensi: 327 x 241 x 19,9 mm

Berat: 1,60 kg

Jual PROMO Lenovo Ideapad Slim 3 15 TOUCH i5 10210 12GB 512ssd 15.6HD W10 |  Shopee Indonesia

Bagi kamu yang belum terbiasa menggunakan sebuah laptop dengan prosesor AMD namun tetap ingin menjajal Lenovo Ideapad maka laptop yang satu ini pilihannya. Laptop yang satu ini sudah dibekali dengan CPU Intel Core i5 generasi ke-11 yang cukup cepat. Meski dengan sedikit catatan bahwa laptop yang satu ini memiliki harga lebih dari 9 juta rupiah, namun ada beberapa toko online yang menjualnya di kisaran 8 jutaan rupiah. Tentu kamu harus sedikit berusaha untuk mencari unit-unit tersebut, atau silahkan cek pada link di atas.

Dengan spesifikasi yang ada tentu saja laptop yang satu ini jauh lebih powerful ketimbang saudaranya yang hanya menggunakan AMD Ryzen R3. Apalagi GPU terintegrasi Iris Xe dari Intel sudah lebih teruji sehingga laptop ini bisa menjalankan berbagai aplikasi olah gambar dan video. Meski demikian sekali lagi dari segi tampilan dan build quality laptop yang satu ini tidak terlalu kekinian. Pada akhirnya laptop yang satu ini adalah laptop untuk bekerja dengan desain yang tidak mencolok, namun cukup ringan dan simpel untuk dibawa di dalam ransel.

ASUS VIVOBOOK 14 i5

Layar: 14.0-inch FHD (1920×1080) IPS

CPU: Intel Core i5 1135G7

Baca Juga :  Mengenal Bagian-Bagian PC atau Personal Komputer

RAM: 8 GB DDR4

Storage: 512 SSD

Grafik: Intel Iris Xe

OS: Windows 10

Port: 2x USB-A, 1x USB-C, HDMI, Audio combo

Kamera: 720p HD

Dimensi: 327 x 224 x 17,6 mm

Berat: 1,40 kg

Vivobook 14 X412|Laptops For Home|ASUS Indonesia

Berbeda dengan VivoBook Ultra yang menonjolkan layar dan mengompensasinya dengan Intel Core i3. Laptop yang satu ini lebih menonjolkan performa dimana sudah menggunakan Intel Core i5 dengan GPU Intel Iris Xe terintegrasi. Selain itu laptop ini secara tampilan, desain, dan bobot menurut kami juga lebih kekinian. Bobotnya pun sangat ringan yakni kurang dari 1,5 kg yang membuatnya cocok menjadi laptop yang bisa dibawa kemana-mana di dalam ransel.

Dengan spesifikasi yang ditawarkan, rasa-rasanya laptop yang satu ini memang sengaja dijual untuk memberikan pilihan bagi kamu yang sedang bingung untuk memilih laptop dari Asus. Terlebih lagi dengan spek ini kamu juga sudah bisa memainkan beberapa game ringan.

Nah, pada akhirnya bila sekadar membutuhkan laptop harian yang agak kencang tapi bisa digunakan bermain game ringan maka laptop yang satu ini bisa menjadi pilihan. Bila ingin yang layarnya ciamik untuk menonton Netflix tentu bisa memilih VivoBook Ultra.

LENOVO THINKBOOK G2 i3

Layar : 14-inch FHD (1920×1080) IPS

CPU : Intel Core i3 1115G4

RAM : 4 GB DDR4

Storage : 512GB SSD

Grafik : Intel UHD

OS : Windows 10

Port : 2x USB-A, 1x USB-C, HDMI, Audio combo, Card reader, LAN

Kamera : 720p HD

Dimensi : 323 x 218 x 17,9 mm

Berat : 1,40 kg

Jual LENOVO THINKBOOK 14-G2 ITL-H2ID I3-1115G4 8GB 256GB SSD FHD IPS  WIN10+OHS19 | Shopee Indonesia

Lenovo ThinkBook merupakan salah satu lini laptop bisnis yang dimiliki oleh Lenovo. Laptop yang satu ini memang tidak terlalu populer, khususnya di kalangan pelajar dan mahasiswa yang ingin laptop untuk harian yang bisa digunakan bermain game. Meski demikian laptop yang satu ini tergolong ke dalam salah satu yang paling ringan di harga ini. Desainnya pun sangat elegan, dengan ukuran yang juga tergolong tipis, sehingga membuat Lenovo ThinkBook G2 yang satu ini nyaman untuk kamu bawa kemana-mana untuk diajak bekerja.

Adapun performa yang dimiliki oleh laptop yang satu ini sama seperti kebanyakan laptop di harga 8 jutaan lainnya. Tentu sudah lebih dari cukup untuk menjalankan berbagai aktivitas harian, pun bila membuka banyak tab sekaligus di Google Chrome. Namun tentu tidak bisa digunakan untuk bermain game. Lebih jauh lagi laptop yang satu ini juga belum dilengkapi dengan layar yang oke, dimana layar yang disematkan kepada laptop ini memang sesuai peruntukannya. Mulai dari tingkat kecerahan yang tidak terlalu baik, hingga akurasi warna yang juga tidak terlalu oke membuat laptop ini tidak cocok digunakan oleh para desainer grafik.

ASUS VIVOBOOK ULTRA i3

Layar: 15.6-inch FHD (1920×1080) OLED

CPU: Intel Core i3 1115G4

RAM: 4 GB DDR4

Storage: 512GB SSD

Grafik: Intel UHD

OS: Windows 11

Port: 2x USB-A, 1x USB-C, HDMI, Audio combo

Kamera: 720p HD

Dimensi: 324 x 215 x 17,9 mm

Berat: 1,80 kg

Bukan Asus namanya bila tidak sanggup memberikan kejutan-kejutan, dan salah satunya adalah Vivobook Ultra 15 yang satu ini. Dimana dengan uang 8 jutaan saja kamu sudah bisa menikmati sebuah laptop dengan layar OLED yang tentunya akan sangat memanjakan mata. Meski demikian ada sedikit catatan dimana layar OLED yang dimiliki oleh laptop yang satu ini tidak terlalu ditunjang dengan performa yang dimiliki. Tentu saja hal tersebut sebagai kompensasi yang dibuat oleh Asus sehingga Asus Vivobook Ultra 15 dengan Core i3 ini bisa berharga 8 jutaan rupiah.

Tentu saja dengan spek seperti ini kamu tidak bisa menggunakan laptop ini untuk desain grafik berat, apalagi melakukan rendering. Tapi hal ini wajar, dan menurut kami masih sesuai dengan pasarnya. Dimana laptop ini ditargetkan untuk pengguna harian biasa, ditambah nilai plus layar OLED yang pastinya membuat pengalaman menonton Netflix menjadi lebih mantap.

Terakhir salah satu kekurangan yang cukup kami perhatikan pada laptop yang satu ini adalah bobotnya yang nyaris menyentuh 2 kg. Padahal laptop-laptop di kelas dan ukuran ini biasanya memiliki bobot 1,5 hingga 1,6 kg saja. Barangkali hal tersebut bisa menjadi perhatianmu, khususnya yang memiliki badan cukup kecil.

Baca Juga :  Rekomendasi Cloud Storage Yang Bisa Kalian Pakai

 

ASUS VIVOBOOK 15 i3

Layar : 15.6-inch FHD (1920×1080) IPS

CPU : Intel Core i3 1115G4

RAM : 8 GB DDR4

Storage : 512 SSD

Grafik : Intel UHD

OS : Windows 10 + OHS

Port : 2x USB-A, 1x USB-C, HDMI, Audio combo, Micro SD

Kamera : 720p HD

Dimensi : 360 x 234 x 19,9 mm

Berat : 1,80 kg

Masih dari VivoBook, Asus juga menawarkan salah satu laptop dengan layar besar dengan performa yang cukup. Cukup dalam artian bisa digunakan sebagai laptop harian tapi tidak bisa digunakan untuk bermain game, apalagi game AAA saat ini.

Meski demikian laptop yang satu ini juga sudah menggunakan Intel Core i3 generasi 11 yang cukup kencang namun tetap efisien. Adapun GPU yang digunakan juga sudah cukup bila hanya ingin digunakan untuk aktivitas biasa yang tidak bersinggungan dengan desain grafik. Selain itu ketika membeli laptop yang satu ini kamu sudah akan mendapatkan Microsoft Office Home and Student 2019. Hal yang menurut kami secara jelas menunjukkan kalau laptop yang satu ini diperuntukkan kepada para pelajar, pegawai, hingga mahasiswa untuk bekerja.

Meski demikian dimensi serta bobot dari Asus Vivobook 15 ini memang tidak terlalu bersahabat. Khususnya bagi kamu yang selalu membawa laptop di dalam ransel dan memikulnya di punggung, tentu ukuran dan bobot ini akan terasa cukup berat sehingga hal tersebut menurut kami bisa jadi pertimbangan khusus untuk kamu yang tertarik dengan laptop ini.

ACER ASPIRE 5 R5

Layar : 15.6-inch FHD (1920×1080) IPS

CPU : AMD Ryzen 5 5500U

RAM : 8 GB / 16 GB DDR4

Storage : 512 SSD

Grafik : AMD Radeon

OS : Windows 10 + OHS

Port : 2x USB-A, 1x USB-C, HDMI, Audio combo

Kamera : 720p HD

Dimensi : 363 x 238 x 17,9 mm

Berat : 1,80 kg

Laptop 8 Jutaan

Bila Asus memiliki VivoBook sebagai salah satu lini laptop kelas menengah maka Acer memiliki Aspire yang menjadi andalannya. Salah satu yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Acer Aspire 5 yang memiliki ukuran layar 15,6 inch yang satu ini. Spesifikasi yang dimiliki tentu saja tidak jauh berbeda dengan VivoBook di kelas harga yang sama. Akan tetapi salah satu kelebihan dari Acer Aspire adalah keyboardnya yang cukup nyaman digunakan mengetik, bahkan dalam waktu yang panjang.

Meski demikian sedikit catatan bahwa laptop yang satu ini memiliki keyboard yang terasa ‘murah’ dan mungkin memang berkaitan dengan build quality laptop secara keseluruhan. Dimana laptop ini benar-benar terasa terbuat dari plastik dan tidak memiliki kesan premium.

Meski demikian secara performa Acer sukses mengoptimalisasi dapur pacu yang ada sehingga membuat Aspire 5 masuk ke dalam jajaran laptop dengan performa terbaik. Well pada akhirnya laptop ini cocok untuk kamu yang tidak terlalu peduli tampilan dan mengutamakan performa.

ACER SWIFT 3 i5

Layar: 14.0-inch FHD (1920×1080) IPS

CPU: Intel Core i5 1135G7

RAM: 16 GB LPDDR4X

Storage: 512 SSD

Grafik: Intel Iris Xe

OS: Windows 11

Port: 2x USB-A, 1x USB-C, HDMI, Audio combo

Kamera: 720p HD

Dimensi: 322 x 212 x 15,9 mm

Berat: 1,20 kg

Diantara seluruh laptop yang ada di dalam daftar ini, barangkali Acer Swift 3 ini merupakan salah satu yang paling layak untuk kamu pilih. Ada banyak kelebihan yang membuat kami secara terang-terangan menyebut Acer Swift 3 ke dalam salah satu yang terbaik di harga ini.

Pertama-tama dari segi bobot dan dimensi, dengan bobot 1,2 kg saja laptop ini menjadi yang paling ringan dan tentunya meningkatkan portabilitas. Kualitas layar dengan 98% sRGB juga membuat laptop ini memiliki layar terbaik di harga ini, meski belum menggunakan panel OLED.

Selain itu performa dari laptop ini juga cukup solid, dan bahkan bisa digunakan untuk desain grafik walaupun tentu tidak akan sekencang laptop berharga puluhan juta rupiah. Tapi untuk harga 8 jutaan, value tersebut sudah lebih dari cukup dan layak dijadikan pertimbangan. Adapun kekurangan dari laptop ini adalah layar yang glossy dan mudah sekali kotor terkena jari. Selain itu laptop ini juga tidak memiliki RAM yang bisa diupgrade. Tapi di luar itu, laptop ini sama sekali tidak memiliki kekurangan yang cukup berarti!

Baca Juga :  Rekomendasi Aplikasi VPN Gratis dan Cepat

ACER EXTENSA EX215 i5

Layar : 14.0-inch FHD (1920×1080) IPS

CPU : Intel Core i5 1135G7

RAM : 16 GB DDR4

Storage : 512 SSD

Grafik : Intel Iris Xe

OS : Windows 10

Port : 3x USB-A, 1x USB-C, HDMI, Audio combo

Kamera : 720p HD

Dimensi : 363 x 238 x 19,9 mm

Berat : 1,90 kg

Siapa bilang kalau Acer tidak memiliki laptop bisnis? Padahal Acer punya Extensa, yang merupakan salah satu produk milik Acer di kelas entry level business laptop. Tentunya dari sini bisa terbaca kalau laptop ini adalah laptop super simpel dengan bentuk biasa saja, dan tentu bukan untuk semua orang.

Salah satu kelebihan dari Extensa adalah bobotnya yang relatif ringan bila dibandingkan dengan laptop di kelas yang sama dari brand lainnya. Selain itu performanya pun cukup stabil dan tidak mengkhawatirkan untuk mengerjakan tugas-tugas di kantor. Apalagi Extensa sudah dilengkapi dengan SSD yang membuatnya bisa dibuka dan ditutup dengan cepat. Salah satu fitur penting yang harus ada di dalam setiap laptop bisnis, sehingga bisa meningkatkan keleluasaan dan mobilitas penggunanya.

Lebih jauh lagi daya tahan baterai Extensa sangatlah tinggi yang membuatnya semakin layak dijadikan laptop bisnis. Meski demikian salah satu kekurangan dari Acer Extensa adalah suaranya yang cukup berisik, apalagi bila kamu gunakan untuk melakukan kerja yang cukup berat.

HP 15 R5

Layar : 15.6-inch FHD (1920×1080) IPS

CPU : AMD Ryzen 5 5500

RAM : 8 GB DDR4

Storage : 512 SSD

Grafik : AMD Radeon

OS : Windows 10

Port : 2x USB-A, 1x USB-C, LAN, HDMI, Audio combo

Kamera : 720p HD

Dimensi : 324 x 225 x 19,9 mm

Berat : 1,47 kg

Laptop yang satu ini adalah salah satu pilihan bagi kamu yang ingin mendapatkan laptop murah, portable, dan memiliki performa yang baik. Meski tentu saja laptop yang satu ini tidak memiliki performa yang bisa digunakan untuk bermain game. Build quality dari laptop yang satu ini juga tidak bisa dibilang baik, tapi hal ini wajar dengan harga yang ditawarkan. HP 15 terbuat dari plastik seluruhnya, dan untungnya memiliki keuntungan berupa bobot yang hanya 1,47 kg saja.

Selain itu desain yang dimiliki oleh laptop yang satu ini juga tidak bisa dibilang kekinian, dan cenderung biasa saja. Namun untungnya laptop yang satu ini memiliki ketebalan kurang dari 20 mm yang membuat laptop ini masuk ke dalam jajaran laptop paling tipis yang tersedia di pasaran.

Adapun kekurangan lain yang dimiliki oleh laptop yang satu ini menurut kami secara pribadi adalah keyboard yang terasa kurang pas secara posisi. Tapi untungnya ketika digunakan keyboard yang satu ini menurut kami tergolong cukup nyaman dan akurat. Pada akhirnya laptop yang satu ini adalah laptop yang “biasa saja” namun pas untuk dibeli untuk kamu yang tidak mencari latpop dengan spek yang terlalu tinggi.

DELL VOSTRO 3405

Layar: 14-inch FHD (1920×1080)

CPU: AMD Ryzen 5 3500U

RAM: 16 GB DDR4 2666MHz

Storage: 512 GB M.2 PCIe NVMe SSD

Grafik: AMD Radeon

OS: Windows 10 Home

Port: 3x USB-A, RJ45, HDMI, Combo Audio

Dimensi: 339 x 241 x 19,9 mm

Berat: 1,59 kg

Dell Vostro merupakan salah satu lini laptop yang sebenarnya tidak terlalu sering digunakan. Khususnya oleh orang awam, dan hal ini amatlah wajar. Karena memang sejak awal Dell Vostro dibuat dan dibranding untuk para pebisnis.

Pun dengan Dell Vostro 3405 14-inch yang satu ini. Berbekal CPU AMD yang dipadukan dengan 512 GB SSD dan kartu grafik terintegrasi Radeon, laptop ini nampaknya lebih cocok bila kamu gunakan untuk bekerja biasa ketimbang melakukan aktifitas desain. Untuk bermain game? Ya pastinya tidak bisa, karena memang sejak awal Dell tidak membuat laptop ini untuk bermain game.

Nah itulah tadi 12 laptop di harga 8 jutaan yang layak untuk kamu beli di tahun 2022 ini. Pada akhirnya kamu lah yang bisa menentukan apakah masing-masingnya layak atau tidak untuk digunakan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.