Ponsel Pertama dengan Snapdragon 8 Gen 2 Vivo X90 Pro Plus

Vivo mengumumkan tiga seri ponsel Flagship mereka, di mana salah satunya ialah dengan perilisan Vivo X90 Pro Plus yang mana telah dilengkapi dengan prosesor terbaru dari Qualcomm. Kabar ini tentu mengejutkan karena ada merek ponsle lainnya yang juga mengumumkan akan menggunakan prosesor ini.

Beberapa hari yang lalu, OnePlus mengumumkan bahwa mereka kemungkinan besar akan menjadi merek ponsel pertama yang akan merilis dukungan prosesor Snapdragon 8 Gen 2 di seri ponsel mereka. Namun ternyata, Vivo X90 Pro Plus datang dengan menggunakan prosesor serupa lebih awal.

Tetapi, memang tidak begitu mengagetkan karena Qualcomm sendiri telah memberikan pengumuman bahwa ada beberapa merek ponsel yang dikonfirmasikan akan menggunakan prosesor terbaru mereka, salah satunya adalah Motorola, OnePlus dan Vivo itu sendiri.

Beralih ke spesifikasi apa yang diberikan oleh Vivo, ketiga seri ponsel mereka ini telah dibekali dengan kemampuan layar yang cukup menarik, di mana ukuran layarnya mencapai 6.78 inci dengan dukungan 120Hz OLED panel juga dengan dukungan OS Android 13.

Sementara untuk keempat kamera itu terdiri dari kamera utama 50,3 MP (f/1.8, SonyIMX989, OIS), kamera telefoto 64 MP (f/3.5, 3,5x optical zoom, OIS), kamera telefoto 50 MP (f/1.6, 2x optical zoom, OIS), dan kamera ultrawide 48 MP (f/2.2, berbidang pandang 114 derajat). Seluruh kamera ini dipadukan dengan lensa Zeiss T Coating yang diklaim dapat mengurangi efek silau (glare) dan atau efek munculnya suatu obyek bidang yang ditimbulkan dari pantulan cahaya (ghosting) ketika pengguna membidik obyek dengan kamera.

Baca Juga :  Tips Menggunakan Komputer Yang Benar dan Sehat Saat Bekerja

Spesifikasi Lengkap Vivo X90 Pro Bocor, Rilis 22 November 2022 Berapa  Harganya? - Ayo Tekno

Vivo mengeklaim kamera utama ponsel ini bisa menangkap cahaya 77 persen lebih baik dari Vivo X80 Pro berkat ukuran sensor kamera yang lebih besar. Lalu, kamera telefoto Vivo X90 Pro Plus juga bisa digunakan untuk mode pemotretan jarak jauh dengan efek pembesaran (zoom) digital mencapai 100x. Vivo X90 Pro Plus juga dibekali dengan kamera selfie 32 MP (f/2.5) yang dimuat dalam lubang kamera (punch hole) di bagian tengah atas layar.

Untuk RAM, Vivo X90 Pro Plus ini dibekali dengan kemampuan memori hingga 12 GB RAM, kemungkinan besar Vivo memang tidak akan memberikan variasi RAM yang lebih besar dari ini. Berbeda dengan OnePlus yang memberikan hingga maksimal 18 GB untuk RAM.

Untuk harga, Di China, Vivo X90 Pro Plus hadir dalam varian warna hitam dan merah. Ponsel ini dijual dengan harga 6.500 yuan (sekitar Rp 14,2 juta) untuk varian 12 GB/256 GB dan 7.000 yuan (sekitar Rp 15,3 juta) untuk varian 12 GB/512 GB.

Sementara itu, mengenai Snapdragon 8 Gen 2 ini sudah ada beberapa merek yang terdaftar akan menggunakan prosesor ini sebagai prosesor terbaru dari Qualcomm, diantaranya ialah Samsung.

Samsung sendiri telah memberikan konfirmasi bahwa mereka akan menggunakan Snapdragon 8 Gen 2 ini untuk perangkat ponsel pintar mereka, Samsung Galaxy S23 Series.